Ganggang mekar Ini adalah fenomena yang terjadi ketika jumlah alga di dalam air melebihi jumlah maksimum. Dalam kondisi seperti ini, jumlah ...
Daftar Isi [Tampil]

    Ganggang mekar Ini adalah fenomena yang terjadi ketika jumlah alga di dalam air melebihi jumlah maksimum. Dalam kondisi seperti ini, jumlah alga yang tidak dapat dikendalikan lagi akan semakin meningkat, racun yang berbahaya.

    Dimana racun yang dihasilkan dapat membahayakan pertumbuhan ikan atau biota air lainnya. Salah satu penyebab fenomena ini adalah penumpukan unsur hara (fosfor dan nitrogen), sehingga alga mendapat banyak unsur hara.


    Menjelaskan Pengertian Alga Blooming

    Kutipan dari buku Pembelajaran Cerdas Biologi untuk Kelas X SMA/MA, Oman (2007:300),ganggang mekar fenomena tersebut sedang terjadi Pertumbuhan alga yang cepat (eutrofikasi) disebabkan oleh peningkatan pesat kadar nutrisi di perairan tertentu.

    Kemunculan fenomena ini ditandai dengan warna air yang menjadi kehijauan, bau yang tidak sedap, dan air yang semakin hari semakin keruh. Selain itu eceng gondok juga banyak tumbuh tersebar di rawa atau danau.

    Hal ini menyebabkan kualitas air pada ekosistem perairan menurun secara signifikan. Selain itu juga menyebabkan konsentrasi oksigen terlarut turun hingga nol. Sehingga berbagai makhluk air seperti ikan dan spesies lainnya tidak dapat tumbuh dengan baik dan akhirnya mati.


    Penyebab Alga Mekar

    telah terjadi ganggang mekar mungkin disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor kondisi lingkungan sekitar hingga dampak beberapa pencemaran limbah terhadap ekosistem perairan. Di bawah ini diuraikan berbagai faktor yang terjadi.ganggang mekar.

    1. Pencemaran Air

    Polusi udara yang disebabkan oleh berbagai bahan kimia seperti logam berat, pestisida, minyak dan bahan kimia industri dapat menjadi pemicunya. ganggang mekar.

    Beberapa jenis alga dapat menjadi resisten terhadap polutan. Hal ini kemudian memungkinkan alga tumbuh dengan cepat dalam kondisi yang tidak sehat.

    2. Sampah Organik

    Pembuangan sampah organik seperti kotoran manusia dan hewan ke perairan dapat menjadi sumber makanan bagi alga. Ini dapat terakumulasi dalam air limbah dan memberikan nutrisi berlebih pada alga.

    Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan alga yang tidak terkendali.

    3. Perubahan Iklim

    Perubahan iklim global dapat mempengaruhi suhu air, curah hujan, dan pola angin. Perubahan iklim ini dapat menyebabkan kondisi yang lebih menguntungkan bagi proses pertumbuhan alga.

    Metabolisme alga akan semakin cepat bila suhu air meningkat. Sementara itu, curah hujan yang tidak teratur dapat menyebabkan air yang kaya nutrisi tergenang.

    4. Peningkatan Nutrisi

    Peningkatan unsur hara dalam air berupa nitrogen dan fosfor. Unsur hara tersebut berasal dari berbagai jenis limbah, seperti limbah pertanian, domestik, dan industri, serta dari pupuk yang digunakan di kebun atau ladang.

    Jadi, ketika nutrisi masuk ke dalam air dalam jumlah berlebihan, alga memiliki lebih banyak bahan bakar untuk tumbuh lebih cepat.

    Ganggang mekar Suatu keadaan dimana populasi alga di suatu perairan tertentu berkembang pesat dan melebihi batas maksimum. Keadaan ini disebabkan oleh berbagai faktor. Hal ini terutama disebabkan oleh kelebihan nutrisi di dalam air yang mempercepat pertumbuhan alga.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done