Tahukah anda apa yang dimaksud dengan sumber bunyi? Bagaimana bunyi dapat didengar oleh telinga? Lalu dari mana suara itu berasal? Menurut K...
Daftar Isi [Tampil]

    Tahukah anda apa yang dimaksud dengan sumber bunyi? Bagaimana bunyi dapat didengar oleh telinga?

    Lalu dari mana suara itu berasal? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bunyi adalah apa yang didengar atau dirasakan oleh telinga manusia.

    Bunyi juga diartikan sebagai efek pada pusat saraf akibat getaran gendang telinga yang bereaksi terhadap perubahan tekanan udara.

    Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh getaran benda yang didengar oleh telinga akibat getaran pada gendang telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan udara.



    Bunyi Berasal Dari Benda Yang

    Menurut buku bertajuk IPA Energi Near Me Paket A Setara SD/MI Tingkat II terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, segala sesuatu yang bergetar dan dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

    Jika tidak ada media yang menyalurkan bunyi, maka bunyi tidak dapat terdengar. Media perambatan bunyi dapat melalui benda padat, cair, atau gas.

    Lalu dari mana suara itu berasal? Bunyi berasal dari getaran suatu benda yang merambat melalui media padat, gas, atau cair.

    Apa sifat perambatan bunyi? Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas.

    Misalnya saja dokter menggunakan stetoskop untuk mendengar detak jantung pasien saat memeriksanya.

    Saat ikan berenang dan terciprat ke dalam air, atau saat dua batu bertabrakan di dalam air, telinga manusia dapat mendengar benturannya.

    Saat hujan deras turun disertai petir, suara guntur terdengar di telinga. Ini adalah contoh perambatan bunyi.

    Ciri lain dari bunyi adalah bunyi dapat diserap. Itu sebabnya orang menciptakan alat peredam suara seperti karpet yang terbuat dari busa, wol, atau bahan fleksibel.

    Jadi peredam suara adalah alat yang digunakan di ruang musik atau bioskop, dan terbuat dari bahan apa? Anda bisa menggunakan busa, wol, atau bahan fleksibel lainnya.

    Ciri lain dari suara adalah dapat dipantulkan. Hal ini terjadi ketika suara mengenai benda padat seperti dinding, penyangga, atau logam.

    Saat Anda berada di dalam gua atau rumah kosong tanpa apa pun di dalamnya, tidak mengherankan jika suara dan kebisingan mendekati Anda.

    Hal ini karena suara beresonansi dan bergema. Sifat bunyi ini digunakan untuk mengukur kedalaman laut atau panjang gua.

    Demikian sekilas tentang arti sumber bunyi dan sifat bunyi.

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done