Kapan menggambar Biasanya hal pertama yang dilakukan adalah menggambar garis. Garis terdiri dari serangkaian titik yang saling bertautan. In...
Daftar Isi [Tampil]

    Kapan menggambar Biasanya hal pertama yang dilakukan adalah menggambar garis. Garis terdiri dari serangkaian titik yang saling bertautan. Ini adalah elemen seni rupa yang sangat penting. Seorang seniman menghasilkan banyak kemungkinan cara bekerja dengan garis.

    Mengutip dari buku Informasi dasar Seni penampilan fisik Menurut Sofyan Salam dkk (2020), garis merupakan hasil guratan atau batas nyata suatu benda, ruang, susunan massa, dan warna. Garis dalam seni rupa terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing mempunyai karakter tersendiri.

    Tahukah Anda kesan apa yang ditimbulkan oleh garis bersudut? Temukan jawabannya di bawah ini:



    Berbagai Garis dan Efek Tercipta

    Garis digunakan untuk menyampaikan gagasan dalam seni rupa. Jika Anda ingin menguasai teknik menggambar, pelajari dulu kesan apa yang dihasilkan berbagai jenis garis. Berikut penjelasan dari berbagai jenisnya:

    1. Garis Horisontal

    Garis horizontal adalah garis lurus mendatar. Kesan yang dihasilkan adalah tenang, damai, pasif dan kaku. Garis ini sering diibaratkan seperti permukaan air atau cakrawala datar.

    Baca Juga: Arah Garis Gaya Magnet Bumi Adalah

    2. Garis Vertikal

    Garis vertikal adalah garis lurus yang mengarah ke atas. Monumen, orang berdiri, batang pohon, gedung tinggi, dll. Hal ini terkait dengan benda tegak seperti

    Kesan yang tercipta adalah statis, kokoh, kuat, tidak bergerak dan seimbang. Garis vertikal sering digunakan untuk melambangkan stabilitas, kemegahan, dan soliditas.

    3. Garis Diagonal

    Garis ini miring ke kanan atau ke kiri. Garis diagonal menimbulkan kesan bergerak, dinamis, tidak seimbang dan lincah. Oleh karena itu, garis ini sering dikaitkan dengan tiang yang akan jatuh atau orang yang sedang berlari.

    4. Garis Melengkung Tunggal

    Spline tunggal terdiri dari spline kubah, spline busur, dan spline mengambang. Garis ini membangkitkan gaya yang cair, ringan dan dinamis. Oleh karena itu, garis lengkung diasosiasikan dengan awan, balon, dan gelembung sabun.

    5. Garis Lengkung Ganda atau Majemuk

    Garis ini mempunyai bentuk melengkung terus menerus menyerupai huruf S. Garis lengkung ganda mempunyai kesan anggun sehingga sering digunakan untuk menggambar gelombang atau sesuatu yang memberikan kesan lincah dan dinamis.

    6. Garis Zig Zag

    Zig-zag adalah garis lurus putus-putus yang membentuk sudut lancip. Garis ini tercipta dari gerakan naik turun yang cepat.

    Oleh karena itu, garis zig-zag dikaitkan dengan petir, retakan, atau situasi yang memberikan kesan tajam, tidak stabil, dinamis, atau berbahaya. Dengan demikian, garis bersudut mampu menimbulkan kesan tajam.

    Garis Menurut Kehadiran

    mengutip dari buku Belajar Seni Rupa di Sekolah Dasar Dalam penelitian Yunisrul (2020), garis dibedakan menjadi garis nyata dan garis palsu sesuai dengan bentuknya. Apa bedanya?

    Garis Sejati

    Garis sebenarnya dapat dengan mudah diamati. Contoh garis nyata adalah garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus, dan lain-lain. bisa diberikan. Untuk melakukan ini, seseorang perlu menggambar sesuatu pada permukaan yang rata.

    Garis Pemikiran

    Garis ini palsu atau tidak terlihat jelas, namun keberadaannya dapat dirasakan. Misalnya garis-garis yang dihasilkan oleh perbedaan warna, batas objek, cakrawala, dll. Garis seperti ini kreatif.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done