Perencanaan produk Dalam kerajinan tangan, ada dua unsur yang perlu diperhatikan: unsur estetika dan ergonomis. Lalu apa saja unsur estetis ...
Daftar Isi [Tampil]

    Perencanaan produk Dalam kerajinan tangan, ada dua unsur yang perlu diperhatikan: unsur estetika dan ergonomis. Lalu apa saja unsur estetis dan ergonomis dari karya kerajinan?

    Secara umum perencanaan produk kerajinan lebih menitikberatkan pada nilai estetika, keunikan, keterampilan dan efisiensi. Sementara pemenuhannya lebih diperhatikan dalam menjalankan fungsinya fungsi menggunakan sifat yang lebih fisik (fisiologis).

    Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai unsur estetika dan unsur ergonomis dalam perencanaan produk.


    Mengenal unsur estetis dan ergonomis pada karya kriya

    Dikutip dari Kerajinan Tangan dan Kewirausahaan SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1 oleh R.R. Pengertian unsur estetis dan ergonomis menurut Indah Setyowati dkk.

    1. Unsur Estetika

    Unsur estetika disebut juga keindahan. Keindahan merupakan nilai-nilai estetis yang menyertai suatu karya seni.

    Keindahan dapat diartikan sebagai pengalaman estetis yang diperoleh ketika seseorang tertarik pada suatu benda seni, atau dapat dipahami sebagai suatu benda yang mengandung unsur keindahan.

    Nilai-nilai keindahan (estetika) atau keunikan suatu karya seni mempunyai asas kesatuan (persatuan), harmoni (harmoni), keseimbangan (keseimbangan) dan kontras (kontras), sehingga menimbulkan perasaan emosi, kenyamanan, kesenangan, kebahagiaan, keagungan, atau kegembiraan.

    Penerapan elemen estetika pada produk kerajinan tangan Fungsi dekoratifnya sangat penting karena produk kerajinan ini mengutamakan keindahan.

    2. Elemen ergonomis

    Elemen Ergonomi suatu karya kerajinan selalu berkaitan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Unsur ergonomis pada karya kriya terdiri dari tiga unsur:

    A. Keamanan (Keamanan)

    Keamanan penggunaan produk, yaitu jaminan mengenai keselamatan orang yang menggunakan produk kerajinan tersebut.

    B. Kenyamanan (Nyaman)

    Produk kerajinan ini memberikan kemudahan saat digunakan. Barang yang nyaman digunakan bisa juga disebut barang hands-on.

    Produk kerajinan terapan merupakan produk kerajinan yang mempunyai nilai kepraktisan tinggi.

    C. Fleksibilitas (Fleksibilitas)

    Fleksibilitas dalam penggunaan produk. Produk kerajinan adalah produk terapan atau bekas yang mempunyai bentuk sesuai dengan kegunaan atau daerah penerapannya.

    Produk yang diterapkan harus memberikan kemudahan penggunaan dan fleksibilitas sehingga pengguna tidak mengalami kesulitan dalam penggunaan.


    Manfaat Produk Kerajinan Menurut Fungsinya

    Penerapan unsur estetika dan ergonomis dalam perencanaan produk mempunyai fungsi yang sangat penting; yaitu produk kerajinan yang mengutamakan keindahan dan produk kerajinan yang mengutamakan kegunaan.

    Manfaat produk kerajinan dibedakan menjadi dua menurut fungsinya; manfaat barang kerajinan sebagai benda sekali pakai dan manfaat barang kerajinan sebagai benda hiasan. Penjelasannya ada di bawah ini.

    1. Manfaat Produk Kerajinan Sebagai Benda Bekas

    Produk kerajinan yang diciptakan sebagai benda sekali pakai mengutamakan fungsinya, sedangkan unsur keindahannya hanya sekedar unsur pendukung.

    2. Manfaat Produk Kerajinan Sebagai Benda Hias

    Produk kerajinan tangan yang dijadikan sebagai benda hias mempunyai fungsi pajangan atau hiasan. Dalam produk-produk tersebut, aspek keindahan (estetika) lebih diutamakan daripada kegunaan atau fungsi.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done