Pernahkah Anda mengetahui mengapa perubahan fisik yang dramatis terjadi pada masa remaja? Seperti yang Anda ketahui, masa pubertas ditandai ...
Daftar Isi [Tampil]

    Pernahkah Anda mengetahui mengapa perubahan fisik yang dramatis terjadi pada masa remaja?

    Seperti yang Anda ketahui, masa pubertas ditandai dengan banyaknya perubahan fisik yang mencolok pada tubuh remaja putra dan putri.

    Artikel ini akan menjelaskan mengapa perubahan fisik yang dramatis terjadi selama masa pubertas.



    Perubahan Fisik Pada Masa Remaja

    Pada masa remaja, banyak terjadi perubahan fisik penting pada tubuh yang disebabkan oleh perubahan hormonal. Beberapa perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas antara lain:

    Pertumbuhan Tubuh

    Pada masa remaja, remaja akan mengalami pertumbuhan tubuh yang pesat, terutama pada tulang panjang seperti kaki dan tangan. Pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga anak anjing mencapai ukuran dewasa.

    Perubahan Suara

    Pada masa remaja, laring remaja akan mengalami perubahan yang menyebabkan suara remaja berubah dari suara anak-anak menjadi suara orang dewasa.

    Perubahan Rambut

    Pada masa pubertas, remaja akan mengalami perubahan pada rambutnya, seperti tumbuhnya rambut di area kemaluan, ketiak (leher), dan janggut.

    Perubahan Pada Payudara

    Remaja dari kedua jenis kelamin akan mengalami perubahan pada payudara mereka, namun perubahan ini paling terlihat pada anak perempuan.

    Perubahan Pada Kulit

    Pada masa pubertas, remaja akan mengalami perubahan pada kulitnya, seperti timbulnya jerawat dan perubahan warna kulit.

    Perubahan Pada Sistem Reproduksi

    Pada masa pubertas, remaja akan mengalami perubahan pada sistem reproduksinya, seperti perkembangan gonad (ovarium atau testis) dan sistem reproduksi lainnya.

    Pertumbuhan Pada Pria

    Remaja laki-laki akan mengalami pertumbuhan otot dan perkembangan ciri-ciri seksual sekunder seperti pembesaran buah zakar dan penis, tumbuhnya rambut di daerah kemaluan, dan lain-lain.

    Perubahan yang terjadi pada setiap orang mungkin berbeda-beda dan bergantung pada faktor individu.


    Mengapa Perubahan Fisik yang Mencolok Terjadi Pada Masa Remaja?

    Perubahan fisik mencolok yang dialami pada masa remaja disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh. Sedangkan kelenjar pituitari di otak akan mengeluarkan hormon pertumbuhan (GH) dan hormon gonadotropin (GnRH, FSH, dan LH) yang memicu perkembangan reproduksi dan perubahan fisik yang dramatis.

    Pada anak laki-laki, testis akan mulai mengeluarkan hormon testosteron yang merangsang pertumbuhan otot, pertumbuhan rambut di area kemaluan, dan lain-lain, serta perubahan nada suara ke arah yang lebih rendah.

    Pada anak perempuan, indung telur akan mulai mengeluarkan estrogen yang memicu pertumbuhan payudara, pertumbuhan rambut di area kemaluan, dan lain-lain, serta perubahan bentuk tubuh menjadi lebih feminin.

    Pertumbuhan tubuh yang pesat pada masa remaja juga didukung oleh hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh kelenjar pituitari, yang memungkinkan tulang dan otot tumbuh lebih cepat dan kuat. Selain itu, hormon estrogen pada wanita memicu perubahan komposisi lemak tubuh sehingga menyebabkan distribusi lemak tubuh berbeda dengan pria.

    Secara umum perubahan hormonal yang terjadi pada masa remaja merupakan bagian dari proses perkembangan normal dari anak hingga remaja, sehingga memungkinkan remaja mempersiapkan diri untuk reproduksi dan perkembangan fisik yang lebih matang.

    Demikianlah penjelasan singkat mengapa perubahan fisik yang dramatis terjadi selama masa pubertas. Semoga menambah pengetahuan anda!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done