Unsur-Unsur Pembuatan Proposal – Dokumen proposal dapat digunakan untuk mempresentasikan program, kegiatan atau rencana bisnis kepada pihak...
Daftar Isi [Tampil]

    Unsur-Unsur Pembuatan Proposal – Dokumen proposal dapat digunakan untuk mempresentasikan program, kegiatan atau rencana bisnis kepada pihak lain. Agar penawaran yang ditawarkan mempunyai tujuan dan fungsi yang diharapkan, maka penawar tentunya harus mengetahui struktur atau unsur-unsur yang harus dicantumkan dalam penawaran.

    Kandidat yang mengajukan penawaran tentunya harus memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu jenis atau bentuk penawaran harus diketahui agar tidak terjadi kesalahan. Apakah izin untuk meminta dana atau merupakan rencana bisnis/usaha?

    Kali ini kami akan membahas berbagai topik terkait penawaran, terutama fungsi dan elemennya. Namun pertama-tama, Anda perlu mengetahui arti dari penawaran tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam membuat dan memahami penawaran. Baca ulasan dibawah ini dengan seksama untuk lebih jelasnya.



    Deskripsi Penawaran

    1. Gambaran Umum

    Proposal adalah dokumen yang digunakan untuk mengusulkan suatu proyek penelitian. Pengertian usulan menurut penjelasan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan. Sementara itue-Modul Bahasa Indonesia Kelas XISecara umum proposal diartikan sebagai rencana kerja yang disusun secara sistematis dan rinci untuk suatu kegiatan resmi.

    2. Deskripsi Khusus

    Selain pengertian umum, penawaran juga mempunyai pengertian khusus. Misalnya saja proposal kajian ilmiah yang dibuat dalam dunia pendidikan. Pengertian proposal dalam dunia ilmu pengetahuan atau pendidikan adalah suatu rancangan penelitian (proposal penelitian) yang ingin dilaksanakan peneliti berkaitan dengan bahan penelitian.

    Penelitian atau proposal ilmiah ini biasanya dilakukan oleh peneliti atau mahasiswa yang akan melakukan penelitian. Bentuk proposal ilmiah umumnya bergantung pada penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dan lain-lain. Ini memiliki format dengan standar tertentu mulai dari awal.

    3. Rieefky

    Proposal merupakan bentuk rencana aksi yang disusun dalam format formal dan terstandar.

    4. Hasnun Enver

    Proposal adalah rencana yang disiapkan untuk suatu kegiatan tertentu.

    5. Jay

    Kutipan merupakan alat standar manajemen agar manajemen dapat bekerja secara efisien.

    6. Hingga 

    Proposal tersebut merupakan usulan terstruktur mengenai agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan bahkan penyelesaian masalah.

    7. Keraf

    Penawaran adalah suatu saran atau permintaan yang diajukan kepada seseorang atau suatu lembaga untuk melakukan atau menjalankan suatu usaha.

    Berdasarkan berbagai pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proposal adalah suatu rencana kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan rinci oleh seorang atau sekelompok peneliti sesuai standar dan diajukan kepada pihak yang dikehendaki untuk mendapat persetujuan atau bantuan. penelitian mereka.

    Ruang lingkup pengusulan proposal penelitian adalah dalam bidang ilmu pengetahuan atau akademik. Tujuan penulisan proposal penelitian seringkali adalah permintaan dana penelitian dari sponsor. Bagian pertama proposal penelitian memuat latar belakang, masalah, tujuan, dan kegunaan penelitian. Bagian pendukung proposal penelitian meliputi tinjauan pustaka, kerangka kerja, dan hipotesis.

    Cara penulisan proposal penelitian mungkin berbeda pada suatu lembaga penelitian atau lembaga pendidikan. Pemilihan format penulisan proposal penelitian ditentukan oleh kesepakatan bersama yang berlaku di lingkungan lembaga penelitian atau lembaga pendidikan. Desain penelitian dalam proposal penelitian harus menyediakan prosedur yang praktis dan tepat.

    Kelayakan suatu proposal penelitian ditentukan oleh ide yang disajikan sebagai solusi terhadap suatu permasalahan dalam penelitian. Evaluasi proposal penelitian ditinjau dari segi biaya dan potensi dampak penelitian yang diusulkan. Peninjauan kelayakan suatu proposal penelitian juga memperhatikan kemungkinan dilaksanakannya rencana yang diusulkan.


    Persyaratan Persiapan Penawaran

    Ngomong-ngomong, jika Anda menyiapkan proposal, proposal itu harus memenuhi persyaratan berikut:
    • Itu harus memiliki struktur dan logika yang sangat jelas dan mudah dipahami.
    • Hasil dari kegiatan ini harus terstruktur.
    • Rumusan jenis kegiatan yang akan dilakukan hendaknya ditulis secara rinci dan benar-benar dilaksanakan.
    • Jika ada anggaran, maka dana yang diperlukan untuk kegiatan ini harus realistis.
    Fungsi Penawaran

    Fungsi tawarannya adalah sebagai berikut:
    • Menyelenggarakan penelitian mengenai permasalahan politik, ekonomi, sosial, budaya dan lainnya.
    • Memulai bisnis kecil, menengah atau besar.
    • Ajukan tender.
    • Mengajukan pinjaman atau pinjaman di bank.
    • Seminar, kompetisi, diskusi, pelatihan dll. mengatur sebuah acara.
    • Untuk mengajukan kerjasama bisnis.
    • Pelatihan, kompetisi, seminar dll. Menyelenggarakan acara tertentu seperti
    • Untuk pedoman dalam melakukan penelitian ilmiah.
    • Untuk melamar memulai bisnis.
    • Untuk lelang proyek atau barang.
    Tujuan Penawaran

    Ketika seseorang memberikan penawaran, pasti ada tujuannya tersendiri. Beberapa tujuan penyusunan proposal adalah:
    • Mendapatkan persetujuan dari pihak terkait untuk melakukan kegiatan tertentu.
    • Dalam hal permohonan pembiayaan, penawaran dibuat untuk menerima bantuan keuangan dari sponsor.
    • Mendapatkan dukungan dari pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
    • Apabila penawaran yang dilakukan berkaitan dengan suatu proyek pemerintah, maka penawaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menyelenggarakan lelang atau tender terhadap proyek-proyek tersebut.
    • Menerima tawaran kerjasama apabila tawaran tersebut berupa tawaran pekerjaan.
    Manfaat Penawaran

    1. Sebagai pedoman dalam melakukan penelitian

    Bagi peneliti, proposal penelitian berfungsi sebagai pedoman dalam melakukan penelitian. Penyusunan proposal penelitian dapat menjadi acuan bisnis yang mengontrol kinerja penelitian secara optimal, fokus, serta menghemat tenaga, waktu dan dana yang digunakan selama penelitian. Selain itu, kualitas dan keandalan hasil penelitian dapat dijelaskan dengan mengacu pada proposal penelitian.

    2. Sebagai Penentu Kelayakan Penelitian

    Kelayakan penelitian biasanya dinilai oleh auditor yang ahli, konsultan, atau narasumber pada bidang penelitian tertentu. Proposal penelitian merupakan tolak ukur kelayakan suatu penelitian. Jika proposal penelitian sesuai maka penelitian dapat dilaksanakan.

    Sebaliknya, jika usulan penelitian tidak layak atau tidak memungkinkan, maka desain penelitian dapat direvisi terlebih dahulu, topik dan permasalahan diubah, atau ditolak sama sekali. Proposal penelitian juga merupakan evaluasi kelayakan perolehan dana penelitian oleh sponsor. Besar kecilnya pendanaan yang diberikan sponsor sangat ditentukan oleh tingkat kualitas proposal penelitian.

    Berbagai Penawaran

    1. Secara Umum

    A. Tawaran pekerjaan

    Tawaran pekerjaan adalah suatu tawaran yang menyangkut dunia usaha, baik yang berbentuk perseorangan maupun kelompok. Contoh saran ini antara lain saran untuk menjalin kerjasama antar perusahaan, saran untuk mendirikan perusahaan, dan lain sebagainya. dapat ditampilkan.

    B. Usulan proyek

    Proposal proyek berkaitan dengan dunia usaha, melibatkan rencana bisnis atau komersial. Contoh proposal tersebut antara lain proposal proyek pembangunan dan proposal proyek gedung perkantoran.

    C. Usulan penelitian

    Proposal penelitian adalah usulan yang menyangkut dunia akademis dan juga lembaga ilmu pengetahuan, Proposal ini berfungsi untuk menyajikan gagasan, saran atau ide bagi lembaga atau organisasi tertentu yang akan melakukan penelitian terhadap suatu permasalahan.

    D. Usulan Kegiatan

    Penawaran ini mencakup rencana kegiatan individu dan kelompok. Fungsi proposal ini adalah untuk menyampaikan rencana tindakan kepada pihak-pihak tertentu dengan harapan mereka akan memberikan dukungan terhadap rencana tersebut dalam bentuk pendanaan, izin, atau persetujuan.

    2. Berdasarkan Formulir

    A. Gambar Penawaran

    Proposal formal adalah proposal yang terdiri dari tiga bagian utama: pendahuluan, isi dan kesimpulan. Pendahuluan proposal ini terdiri atas sampul, halaman judul, kata pengantar, gambaran umum, daftar isi dan halaman konfirmasi. Bagian isi meliputi latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan, ruang lingkup, landasan teori, metodologi, fasilitas, pembentukan panitia, manfaat, jenis kegiatan, waktu dan tempat, jadwal kegiatan dan anggaran kegiatan. Bagian penutup terdiri dari daftar pustaka dan lampiran.

    B. Penawaran Informal

    Proposal ini tidak mempunyai struktur utuh seperti proposal formal. Ini hanya berisi masalah, saran, solusi dan permintaan.

    C. Penawaran Semi Formal

    Proposal ini mirip dengan proposal informal karena isinya tidak selengkap proposal formal.

    Elemen Penawaran

    1. Judul Penelitian

    Judul penelitian dibuat singkat, jelas dan sesuai dengan permasalahan penelitian. Pemilihan judul tidak boleh menimbulkan ambiguitas. Judul yang menggunakan terlalu banyak kata sebaiknya dipecah menjadi dua. Yang satu adalah judul utama, yang lainnya adalah subjudul. Pembagian judul memudahkan pembaca memahami topik penelitian. Penggunaan kata-kata klise sebaiknya dihindari dalam pemilihan topik penelitian.

    2. Tujuan Penelitian

    Tujuan penelitian adalah suatu pernyataan yang secara spesifik dan jelas menjelaskan maksud atau tujuan dilakukannya penelitian. Bagian yang diuraikan dalam tujuan penelitian meliputi tujuan utama dan tujuan tambahan. Tujuan penelitian merupakan aspek terpenting dalam penelitian yang menunjukkan keinginan mendasar peneliti untuk melakukan penelitian. Semua kegiatan penelitian didasarkan pada tujuan penelitian. Informasi yang disampaikan untuk tujuan penelitian berupa mencari jawaban atas permasalahan penelitian yang ditemui atau diminati peneliti.

    3. Manfaat Penelitian

    Manfaat penelitian jelas berguna dalam pengambilan keputusan praktis. Secara khusus, penelitian harus bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, subjek yang diteliti, dan peneliti. Sedangkan penelitian secara umum harus bermanfaat bagi pembangunan negara.

    4. Metode Penelitian

    Metode penelitian diperlukan untuk memverifikasi hasil penelitian. Selain itu, keberadaan metode penelitian menjadi tolak ukur keabsahan data sehingga peneliti lain dapat melanjutkan penelitian berdasarkan temuan penelitiannya.

    5. Penelitian Perpustakaan

    Tinjauan pustaka mencakup hasil penelitian orang lain dan teori-teori yang mendukung penerapan penelitian tersebut. Dalam penelitian, kebaruan suatu solusi dapat ditentukan dengan meninjau literatur. Tinjauan pustaka mencakup uraian masalah penelitian. Tinjauan pustaka dilakukan dengan cara membuat acuan secara kritis dan sistematis terhadap dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul penelitian yang akan dilakukan.

    Dokumen-dokumen tersebut memuat informasi terkait penelitian, gagasan, data, dan metode memperoleh informasi. Tujuan utama dari tinjauan literatur adalah untuk memberikan gambaran penelitian dari sudut pandang ilmiah. Penelitian tersebut dikaitkan dengan pengetahuan yang ada. Informasi yang diperoleh dari tinjauan pustaka bersifat teoritis. desain penelitian dan metode pengumpulan dan analisis data.

    Tujuan khusus melakukan tinjauan literatur adalah:
    • Menentukan persetujuan peneliti terdahulu terhadap penelitian baru yang akan dilakukan.
    • Mengetahui perbedaan hasil penelitian lama dan hasil penelitian baru.
    • Mendefinisikan masalah penelitian dari segi variabel dan faktor yang mempengaruhinya.
    • Pelajari tentang rekomendasi untuk hasil penelitian di masa depan. Proposal penelitian dapat dijadikan pedoman untuk desain penelitian baru.
    • Mengidentifikasi bidang penelitian yang berguna dalam memperoleh pemahaman dan pengetahuan penting tentang masalah penelitian.
    • Mengetahui bagaimana peneliti lain menghubungkan teori dengan desain penelitian.
    • Mengetahui cara peneliti lain mengukur variabel penelitian, menyusun instrumen penelitian dan skala pengukuran item, serta menyederhanakan pengukuran.
    Hipotesis 6

    Hipotesis adalah prediksi sementara mengenai suatu peristiwa yang telah terjadi atau akan terjadi. Penggunaan hipotesis terjadi pada dua jenis kategori penelitian. Yang pertama adalah penelitian komparatif, yang bertujuan untuk membandingkan dua objek atau subjek atau lebih. Tujuan penelitian komparatif adalah untuk menemukan perbedaan antara dua objek atau subjek atau lebih. Kedua, penelitian korelasional yang bertujuan untuk menguji adanya hubungan antara peristiwa dengan peristiwa lain atau antara suatu gejala dengan gejala lainnya.

    Tawarkan Aturan Bahasa

    Aturan bahasa untuk kutipan adalah:
    • Menggunakan istilah ilmiah yang berhubungan dengan kegiatan yang akan dilakukan atau berhubungan dengan bidang keilmuan.
    • Gunakan kata kerja tindakan untuk menyatakan langkah aktivitas atau metode penelitian
    • Menggunakan kata deskriptif seperti, jadi, jadi, dll.
    • Selain itu penggunaan kata-kata yang mengandung makna detail seperti pertama dan kedua.
    • Penggunaan kata-kata yang berorientasi masa depan seperti kemauan, diharapkan.
    • Gunakan kata-kata yang bermakna atau literal. Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman antara pihak pemberi penawaran dan pihak penerima penawaran.
    Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membuat Penawaran

    Berikut beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan penawaran:
    • Dalam penyusunan proposal hendaknya menunjuk seorang atau lebih orang yang ahli dalam penyusunan proposal, sebaiknya yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan.
    • Penyusun proposal menyiapkan bahan dan informasi yang diperlukan, yaitu berupa bahan yang disetujui seluruh panitia.
    • Penyusunan rancangan proposal secara sistematis, menarik dan realistis.
    • Proposal dibahas dalam forum negosiasi untuk pembahasan, revisi dan persetujuan.
    • Proposal yang lebih baik telah dibuat untuk penggunaan yang tepat.
    • Proposal direplikasi dan didistribusikan kepada pihak sasaran internal dan eksternal.
    Contoh Penawaran Bisnis

    Di bawah ini adalah contoh tawaran pekerjaan sederhana yang dapat dijadikan referensi bagi karyawan baru.

    Judul Penawaran:

    Oven Keren

    Paket Produk:

    Roti merupakan produk pangan yang dibuat dengan cara memfermentasi bahan dasar tepung terigu dan air dengan ragi atau bahan ragi lainnya. Itu dibuat dengan cara dipanggang. Roti cocok untuk makanan berat atau snack.

    Keunggulan Produk:
    • Roti merupakan makanan yang enak dan mengandung banyak nutrisi.
    • Harga roti cukup terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat.
    • Berbagai jenis roti tersedia.
    Bahan Pembuatan Roti:
    • 34kg tepung terigu.
    • Isi roti 6 kg : selai coklat, selai strawberry dan selai kacang.
    • 17 kg gula pasir.
    • 17 kg mentega.
    • 70 butir telur.
    • 1000 gram maya.
    • 200 gram garam.
    Proses konstruksi:
    • Siapkan semua bahan untuk membuat roti.
    • Timbang semua bahan sesuai takaran.
    • Campur tepung terigu dengan garam, telur, mentega dan ragi menggunakan mixer, tambahkan air secukupnya lalu aduk hingga rata.
    • Setelah adonan siap dan kalis, diamkan kurang lebih 10 menit.
    • Bagi adonan sesuai ukuran yang diinginkan.
    • Roti yang mengembang, terbentuk dan terisi isian. Tempatkan dalam panci besar.
    • Kemudian panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat selama kurang lebih 15 menit.
    • Biarkan roti di lemari es selama kurang lebih 1 jam.
    • Kemas roti setelah dingin.
    Analisis SWOT:
    • Memaksa: Roti ini memiliki rasa dan tampilan yang unik.
    • Kelemahan: Produk roti mudah ditiru dan tidak tahan lama.
    • Peluang: Budaya konsumtif masyarakat menjadi peluang utama untuk meraih keuntungan besar dari penjualan roti dengan berbagai rasa.
    • Mengancam: Banyak produsen roti yang sudah memiliki nama besar di bidang ini, dan harga bahan yang bervariasi dapat mengurangi keuntungan.
    Perencanaan Biaya Produksi Harian:
    • 34 kg tepung terigu : Rp. 260.000.
    • Isi roti 6 kg : Rp. 50.000.
    • 17 kg gula pasir : Rp. 190.000.
    Demikianlah saran-saran yang dapat kami sampaikan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terima kasih atas perhatian Anda.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done