Pada manusia, asupan udara pernafasan terjadi ketika rongga dada mengembang. Manusia Saat Anda bernapas, Anda menggunakan paru-paru, yang me...
Daftar Isi [Tampil]

    Pada manusia, asupan udara pernafasan terjadi ketika rongga dada mengembang. Manusia Saat Anda bernapas, Anda menggunakan paru-paru, yang mengubah tekanan udara di dalamnya.

    Perubahan tekanan ini menyebabkan udara masuk dan keluar dari tubuh manusia. Saat Anda bernapas, udara masuk dan keluar tanpa Anda sadari.

    Sistem pernapasan pada manusia merupakan salah satu sistem yang paling vital. Seseorang dapat bernapas dengan baik karena berfungsinya organ-organ dalam tubuhnya, termasuk sistem pernapasan.

    Salah satu hal terpenting yang digunakan manusia untuk bernapas dan bertahan hidup adalah oksigen. Sistem pernapasan ini menyediakan oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh.

    Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang mekanisme sistem pernafasan manusia mulai dari pengertian, bagian dan prosesnya. Deskripsi lengkapnya ada di bawah ini.


    Memahami Sistem Pernafasan

    Kutipan dari bukuAsuhan Keperawatan Sistem Pernapasan Berbasis SDKI, SIKIoleh Aulia Asman, S.Kep, M.Biomed, AIFO, dkk (2021:1), Sistem pernafasan (Respiratory system) merupakan suatu sistem organ yang digunakan untuk proses pertukaran gas, dimana sistem pernafasan merupakan salah satu sistem yang pertukaran gas. Ini memainkan peran penting dalam tubuh untuk mendukung kelangsungan hidup.

    Sistem pernapasan terdiri dari berbagai struktur. Semua struktur ini berpartisipasi dalam proses respirasi eksternal, yaitu pertukaran oksigen antara atmosfer dan tanah dan pertukaran karbon dioksida antara darah dan atmosfer.

    Selain itu juga terdapat respirasi internal yaitu proses pertukaran gas antara darah yang bersirkulasi dengan sel-sel jaringan, dan sistem pernapasan internal ini terjadi di seluruh sistem tubuh.


    Organ Pernafasan Manusia

    1. Hidung

    Terdiri dari tulang dan tulang rawan hialin, kecuali lubang hidung anterior, yang dindingnya terdiri dari jaringan ikat fibrosa dan tulang rawan. Organ pertama yang berfungsi secara internal sistem Pada manusia, pernafasan dilakukan melalui hidung. Organ ini merupakan pintu gerbang yang memungkinkan udara masuk dan keluar dari sistem pernapasan.

    2. Perjalanan

    Jalur pernapasan dan nutrisi bergabung dan berpotongan. Saat makan, makanan dilewatkan ke kerongkongan. Saat bernafas, udara dikirim ke laring. Faring merupakan bagian atas tenggorokan yang terletak di belakang rongga mulut dan hidung serta menghubungkan keduanya dengan trakea (batang tenggorok).

    3. Epiglot

    Epiglotis adalah lipatan tulang rawan yang terletak di bagian belakang lidah. Organ ini terbuka saat bernafas sehingga memungkinkan udara masuk.

    4. pangkal tenggorokan

    Laring merupakan organ berongga dengan panjang 42 mm dan diameter 40 mm. Letaknya di antara faring dan trakea. Organ ini memiliki dua pita suara yang terbuka saat bernapas dan menutup saat mengeluarkan suara.

    5. Trakea

    Organ pernapasan trakea juga dikenal sebagai tenggorokan. Organ ini memiliki peran penting dalam mengangkut udara ke paru-paru.

    6. Paru-Paru

    Fungsi paru-paru sebagai sistem pernafasan adalah menyimpan udara yang kaya akan oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh dengan cara menyalurkan udara tersebut melalui pembuluh darah.

    7. Bronkus

    Fungsi bronkus adalah menyediakan jalur masuk atau keluarnya udara dari paru-paru. Bronkus juga mempunyai cabang lain yang disebut bronkiolus.

    8. Diafragma

    Bagian lain yang akan membantu proses pernapasan adalah otot diafragma. Diafragma merupakan otot pernafasan yang dapat berkontraksi dan berelaksasi sehingga memungkinkan udara masuk dan keluar dari paru-paru.

    Proses Pernapasan Pada Manusia

    Ketika seseorang menghirup udara, ia melewatinya hidung Hal ini ditandai dengan kontraksi otot diafragma. Rongga hidung menyaring berbagai zat asing, memastikan tidak ada benda asing selain udara yang masuk.

    Setelah itu, udara masuk ke tenggorokan. Udara dari tenggorokan atau trakea masuk ke paru-paru melalui bronkus dan bronkiolus dan mencapai alveoli, tempat terjadi pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida di pembuluh darah.

    Oksigen kemudian menuju ke jantung untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Setelah pertukaran oksigen dan karbon dioksida selesai, otot diafragma akan berelaksasi dan rongga dada akan kembali normal. Udara yang mengandung karbon dioksida akan terdorong masuk ke dalam bronkiolus, bronkus, trakea, dan keluar dari hidung.

    Berikut penjelasan mekanisme sistem pernafasan manusia yang perlu Anda ketahui. Jadi sistem pernapasan ini sangat penting dalam menentukan apakah seseorang masih hidup atau tidak. Saya harap ini bermanfaat.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done