Mulanya Sumpah Pemuda terselenggara karena diadakannya Kongres Pemuda Kedua Persatuan Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi kepemudaan...
Daftar Isi [Tampil]

    Mulanya Sumpah Pemuda terselenggara karena diadakannya Kongres Pemuda Kedua Persatuan Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi kepemudaan yang anggotanya adalah pelajar dari seluruh Indonesia.

    Atas prakarsa PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung berbeda dan dibagi dalam tiga pertemuan sehingga menghasilkan Janji Pemuda.

    Janji Pemuda merupakan titik balik penting dalam sejarah gerakan kemerdekaan Indonesia. Komitmen ini dinilai sebagai penjernihan semangat meneguhkan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

    Yang dimaksud dengan “Janji Pemuda” adalah sebuah keputusan Kongres Pemuda Kedua Itu berlangsung dua hari pada 27-28 Oktober 1928.Batavia (sekarang nama Jakarta). Keputusan ini mengedepankan cita-cita “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bangsa Indonesia”.bahasa Indonesia“. Keputusan ini juga diharapkan menjadi prinsip bagi setiap “perkumpulan nasional Indonesia” dan “dimuat di berbagai surat kabar dan dibacakan dalam rapat-rapat asosiasi”.

    Ungkapan “Janji Pemuda” tidak dimasukkan dalam keputusan kongres, tetapi diberikan kemudian.

    Sumpah pemuda berbunyi seperti ini:

    Pertama:
    Kami putra dan putri Indonesia satu darah, mengaku berbagi tanah Indonesia.

    Kedua:
    Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.

    Ketiga:
    Kami Putra dan Putri Indonesia membela bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


    Makna Janji Pemuda Bagi Generasi Milenial

    Makna Sumpah Pemuda yang pertama adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia. Perjuangan pemuda membuahkan hasil kemerdekaan bangsa. Saat itu para pemuda dan pemudi mengorbankan waktu, tenaga, harta, pikiran dan jiwa untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Tanpa pengorbanan para pemuda saat itu, Indonesia tidak akan mampu bersatu melawan penjajah. Saat itu, pemuda dan pemudi Indonesia berhasil mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI.

    Arti Kata Pemuda yang kedua adalah cinta tanah air. Kemerdekaan Indonesia diraih berkat perjuangan ratusan tahun yang mengorbankan jiwa dan harta benda. Janji Pemuda memberikan kontribusi yang besar terhadap gerakan kemerdekaan sebagai cerminan besarnya patriotisme generasi muda. Termasuk mencintai keberagaman budaya, kepercayaan, bahasa dan suku.

    Baca Juga: Tahapan Awal Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia Adalah

    Kita Dorong Semangat Berjuang Generasi Muda

    Kita lihat bagaimana semangat generasi muda untuk menciptakan persatuan dan kesatuan dikobarkan dalam rumusan Janji Pemuda. Semangat juang yang terkandung dalam Janji Pemuda dapat menjadi contoh nyata bagi generasi muda masa kini untuk mengambil langkah menuju kemerdekaan. Pemberian makna yang mendalam pada Janji Pemuda akan menumbuhkan semangat yang berupaya mencapai kesuksesan tertentu. Makna yang dapat dipetik dari Janji Pemuda adalah semangat yang terus berkobar meski banyak rintangan, sebagaimana yang dilakukan generasi muda sebelumnya. Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa. Masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi universal di dalam negeri. Inilah makna Sabda Remaja yang perlu dipahami.

    Sebab bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang tercantum dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Kebanggaan terhadap bahasa Indonesia perlu ditekankan, apalagi di saat masyarakat Indonesia mulai tergeser oleh perubahan bahasa asing. Bangga Tumbuh Sebagai Bangsa Indonesia

    Sejak Sumpah Pemuda digaungkan, rasa bangga terlihat jelas di kalangan generasi muda yang merumuskannya. Makna Janji Pemuda terlihat jelas pada setiap kalimatnya yang memuat semangat juang dan kebanggaan menjadi bangsa Indonesia. Tentunya generasi muda saat ini juga harus lebih mencintai tanah airnya. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan beragam budaya. Kekayaan inilah yang harus dimanfaatkan oleh generasi muda saat ini untuk menjaga dan membanggakan bangsa Indonesia.

    Makna sejarah sumpah pemuda tidak akan terlupakan hingga saat ini. Namun budaya dan kondisi berubah dengan cepat tergantung perkembangan zaman dan teknologi. Kebiasaan-kebiasaan baru muncul di era millenium. Tentunya jika Anda ingin selalu hadir saat memperingati hari-hari besar, Anda perlu mengikuti periode dan waktu yang tepat dengan cara yang tepat. Lalu timbul pertanyaan: 

    Bagaimana kita memaknai sumpah pemuda di masa milenial ini?

    Kita ingin mampu memaknai cita-cita luhur sosok penggagas lahirnya semangat pemuda dalam persatuan dan solidaritas, secara turun temurun. Saat ini, makna Hari Sumpah Pemuda di kalangan milenial tidak hanya sekedar dimaknai sebagai tradisi dan perayaan tahunan saja, namun juga harus mampu mencerminkan semangat perjuangan pemuda saat itu sambil memegang tombak untuk mencapai kemerdekaan. Salah satu perjuangan generasi muda saat ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan, karena di era globalisasi ini, jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan tidak adanya toleransi maka rasa persatuan tersebut dapat mengikis nilai-nilai persaudaraan. Terima perbedaan. Padahal perbedaan adalah bagian dari pluralisme bangsa Indonesia dan menjadi alasan persatuan Indonesia dalam Bhinneka Tunggal Ika.

    Untuk mengapresiasi perjuangan generasi muda di masa lalu, generasi milenial masa kini harus melahirkan ide, kreativitas, dan inovasi untuk menopang kemandirian. Tidak perlu membatasi ide-ide generasi Y, jika ide-ide tersebut memberikan kekuatan untuk membangun negara. Semua generasi muda perlu berpartisipasi. Mulai dari tindakan terjun langsung ke lapangan untuk mewujudkan keinginan, dari mimpi yang dilihat baik sebelum maupun sesudah tidur. Kalau bicara kreativitas, kita bisa mencermati hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang bertujuan untuk menghasilkan karya-karya baru guna mengasah kemampuan generasi Y. Sedangkan dalam hal inovasi, generasi milenial perlu terus melakukannya riset atau penemuan masa kini tidak mudah puas dengan pencapaiannya dan selalu berusaha melakukan aktivitas yang entah menjadi kebiasaan atau keluar dari zona nyamannya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done