Panduancode.com - Bagaimana urutan sistem pernafasan manusia yang benar? Sistem pernapasan manusia adalah sistem organ yang digunakan untuk...
Daftar Isi [Tampil]



    Panduancode.com - Bagaimana urutan sistem pernafasan manusia yang benar? Sistem pernapasan manusia adalah sistem organ yang digunakan untuk menghirup oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

    Dengan demikian, proses pernapasan manusia melibatkan 2 aktivitas pada organ pernapasan: inspirasi (menghirup udara untuk menyerap oksigen) dan ekspirasi (menghembuskan udara untuk mengeluarkan karbon dioksida).


    Manusia membutuhkan oksigen agar organ tubuhnya dapat berfungsi dengan baik. Dalam sehari, rata-rata orang menghirup 11.000 hingga 12.000 liter udara, dimana sekitar 20 persen (2.200 liter) adalah oksigen.


    Tubuh manusia membutuhkan oksigen untuk mengubah glukosa menjadi energi. Oksigen juga sangat penting bagi manusia untuk menunjang proses metabolisme tubuh. Kekurangan oksigen dapat memicu kerusakan otak, hipoksia, dan kematian. Oleh karena itu, masyarakat harus melakukannya proses pernapasan Selalu.

    Urutan Sistem Pernapasan Manusia Yang Benar

    saluran pernapasan atau Sistem pernapasan (Sistem pernapasan) merupakan bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat keluarnya dan pertukaran gas selama proses pernafasan. Saluran ini dimulai di hidung atau mulut dan berakhir di paru-paru.

    Terdapat 7 atau 8 organ yang terlibat dalam proses pernafasan manusia, termasuk hidung atau mulut, yang bekerja secara berurutan ketika terjadi aktivitas pernafasan.

    Urutan organ sistem pernapasan yang benar atau urutan sistem pernapasan manusia adalah: Hidung (rongga hidung) - Faring (faring) - Laring (laring) - Trakea (trakea) - Bronkus - Bronkiolus - Alveoli - Paru-paru (pulmo).

    Dalam penjelasan versi singkatnya, terdapat 7 organ pernapasan manusia yang terlibat dalam proses pernapasan. Menurut versi ini, urutan sistem pernapasan pada manusia yang benar adalah Hidung - Faring - Laring - Trakea - Bronkus - Bronkiolus (Bronkiolus) - Paru-paru.

    Alveoli tidak disebutkan pada versi di atas karena organ pernapasan manusia ini sebenarnya adalah bagian dari paru-paru. Oleh karena itu, alveoli mungkin termasuk atau tidak termasuk dalam daftar organ pernapasan manusia.

    Baca Juga: Pada Manusia Pemasukan Udara Pernapasan Terjadi Apabila

    Organ Pernapasan Manusia dan Fungsinya

    Uraian urutan sistem pernafasan manusia di atas juga menunjukkan jenis-jenis organ yang terlibat dalam aktivitas pernafasan. Ada 8 atau 7 organ pernafasan pada manusia.

    Semua jenis alat pernafasan manusia dapat dibagi menjadi tiga kelompok: (1) hidung; (2) saluran pernapasan (faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, alveoli) dan (3) paru-paru.

    Berikut ini penjelasan mengenai organ pernafasan manusia dan fungsinya :

    1. Hidung

    Hidung adalah organ pertama yang dilalui udara. Di dalam rongga hidung Terdapat rambut dan selaput lendir yang berfungsi sebagai penyaring, pemanas, dan pengatur kelembapan udara.

    2. Perjalanan

    Merupakan penghubung antara faring (tenggorokan) kerongkongan dan tenggorokan. Faring mempunyai katup yang disebut epiglotis (tenggorokan), yang fungsinya mengatur jalan masuk ke esofagus dan trakea.

    Fungsi faring dalam sistem pernapasan manusia adalah mengarahkan udara dari hidung melalui laring dan trakea ke paru-paru, tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

    3. Larink

    Laring adalah laring. Laring terdiri dari sepotong tulang rawan yang membentuk jakun dan memiliki rongga yang disebut glottis yang mengarah ke tenggorokan (trakea). Ini berisi pita suara dan berbagai otot yang mengatur ketegangan pita suara dan menghasilkan suara.

    Sama seperti faring, fungsi laring Terdapat saluran udara pada sistem pernapasan manusia. Udara akan mengalir dari laring melalui trakea menuju paru-paru.

    4. Trakea (batang tenggorokan)

    Trakea merupakan suatu tabung yang dindingnya terdiri dari 3 lapisan. Lapisan luar trakea terdiri dari jaringan ikat, lapisan tengah terdiri dari otot polos dan cincin tulang rawan, dan lapisan dalam terdiri dari jaringan ikat.sel epitel Trakea terletak di bagian depan kerongkongan di leher.

    Fungsi trakea Saluran pada sistem pernapasan manusia ada dua, yaitu saluran yang memungkinkan udara masuk dan keluar dari laring ke paru-paru, dan saluran yang memungkinkan udara masuk dan keluar dari laring ke paru-paru atau dari laring ke paru-paru, dan saluran dimana partikel kotoran disaring untuk mencegahnya dibawa ke paru-paru.

    5. Bronkus

    Bronkus merupakan cabang trakea yang menuju ke paru-paru kanan dan kiri. Struktur bronkus sama dengan trakea, hanya saja dindingnya lebih halus. Posisi bronkus kiri lebih lurus dibandingkan bronkus kanan. Hal ini membuat bronkus kanan lebih rentan terhadap penyakit.

    Fungsi bronkus pada sistem pernapasan manusia adalah sebagai jalur masuk dan keluarnya udara dari tenggorokan (trakea) menuju paru-paru (atau sebaliknya). Oleh karena itu, bentuk bronkus menyerupai 2 saluran yang bercabang dari trakea dan menghubungkan kedua ujungnya (kanan dan kiri) langsung ke paru-paru.

    6. Bronkiolus

    Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Bronkiolus (Bronkiolus) berbentuk seperti banyak tabung tipis dengan dinding yang lebih tipis dari bronkus.

    Bronkiolus terhubung ke bagian yang lebih dalam dari paru-paru kanan dan kiri. Jumlah cabang bronkiolar di sebelah kanan adalah 3 dan di sebelah kiri adalah 2. Cabang bronkiolus membentuk saluran yang lebih tipis seperti vena.

    Fungsi bronkiolus pada sistem pernapasan manusia adalah mengarahkan udara ke alveoli (alveoli) di paru-paru, tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

    7. Alveolus

    Alveoli merupakan saluran udara buntu yang berbentuk gelembung-gelembung udara. Dinding alveoli yang tipis setebal lapisan sel, lembab dan melekat pada kapiler darah. Letak alveoli berada di ujung bronkiolus.

    Alveoli yang merupakan bagian dari paru-paru merupakan kantung udara yang berbentuk seperti gelembung-gelembung kecil yang berkumpul. Pada gambaran sistem pernafasan manusia, bentuk alveolus menyerupai ranting anggur.

    Paru-paru orang dewasa mengandung sekitar 300-480 juta alveoli. Para ilmuwan memperkirakan luas permukaan alveoli total sekitar 80-160 m2 atau setara dengan 100 kali luas permukaan kulit manusia.

    Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi di alveoli. Untuk alasan ini, fungsi alveolus Sistem pernapasan bertugas menyerap oksigen dari udara yang masuk ke paru-paru dan mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh.

    8. Paru-paru

    Manusia mempunyai 2 paru-paru dan terletak pada rongga dada kiri dan kanan. Terdapat 3 lobus (gelambir) di paru kanan dan 2 lobus (gelambir) di paru kiri.

    Paru-paru bagian luarnya dilapisi selaput pleura 2 lapis dan berisi cairan untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat bernapas.

    Terdapat sekitar 300-480 juta alveoli di paru-paru. Untuk alasan ini fungsi paru-paru Di sinilah pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi dalam sistem pernapasan.

    Paru-paru juga berfungsi mencegah masuknya virus, kuman, atau bakteri ke dalam tubuh melalui udara. Pasalnya paru-paru mengandung lendir yang dapat memerangkap virus, kuman atau bakteri dan dapat dikeluarkan dari tubuh melalui bersin.

    Selain itu, aktivitas paru-paru melepaskan karbon dioksida dari tubuh (melalui alveoli) untuk menyeimbangkan tingkat pH darah. Ketika kadar karbon dioksida dalam tubuh terlalu tinggi, aktivitas paru-paru meningkat sehingga memicu percepatan pernapasan.

    Proses Pernafasan Manusia

    Kumpulan organ di atas juga menggambarkan alur pernafasan manusia pada saat proses pernafasan, yaitu pada saat tubuh menghirup udara untuk memperoleh oksigen.

    Saat terjadi pernafasan, yaitu saat tubuh mengeluarkan karbon dioksida melalui hidung, urutan sebelumnya dibalik.

    Pada saat proses pernapasan manusia terjadi pada fase inspirasi, udara masuk melalui lubang hidung – faring – laring – trakea – bronkus (percabangan trakea) – bronkiolus/bronkiolus (percabangan bronkus) dan kemudian berakhir di alveolus di paru-paru. Pertukaran udara yang sebenarnya hanya terjadi di alveoli.

    Kemudian, saat terjadi pernafasan, paru-paru mengeluarkan karbon dioksida melalui alveoli, yang kemudian mengalir ke bronkiolus, bronkus, trakea, laring, faring, dan kemudian ke rongga hidung atau mulut.

    Saluran pernafasan manusia dirinci dengan tahapan proses sebagai berikut:
    • Saat orang mulai bernapas, udara masuk ke rongga hidung atau mulut.
    • Di dalam rongga hidung, udara disaring oleh bulu-bulu halus
    • Di rongga hidung, udara juga mengalami penyesuaian kelembapan dan suhu.
    • Udara dari rongga hidung atau mulut kemudian melewati faring dan laring menuju trakea (batang tenggorok).
    • Kotoran apa pun yang masih ada di udara di trakea akan disaring kembali
    • Dari trakea, udara masuk ke dalam saluran yang disebut bronkus, yang memiliki 2 cabang menuju paru-paru kanan dan kiri.
    • Udara dari bronkus kemudian masuk ke paru-paru melalui percabangan bronkiolus.
    • Udara mengalir dari bronkiolus ke kantung udara kecil yang disebut alveoli.
    • Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi di alveoli
    • Oksigen dari paru-paru akan diserap oleh darah
    Paru-paru kemudian mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh melalui alveoli ke saluran pernapasan dan masuk ke hidung atau mulut.

    Proses Pertukaran Oksigen dan Karbon Dioksida

    Dalam proses pernafasan manusia, proses pertukaran oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) terbentuk di alveoli. Oksigen dari alveoli memasuki kapiler melalui difusi.

    Dengan darah, oksigen didistribusikan ke seluruh jaringan tubuh hingga sel-sel tubuh yang hidup. Darah melepaskan oksigen dalam sel-sel ini.

    Oksigen yang dilepaskan oleh darah ke sel-sel tubuh digunakan dalam proses oksidasi (pembakaran) bahan makanan. Proses respirasi yang menghasilkan energi terjadi di sel-sel tubuh tersebut.

    Setelah oksigen dikeluarkan oleh darah untuk membakar makanan dan menghasilkan energi, sel kemudian melepaskan sisa pembakarannya dalam bentuk karbon dioksida dan uap air.

    Karbon dioksida dan uap air selanjutnya akan diangkut ke paru-paru untuk dihembuskan sebagai udara pernapasan.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done