Jawa Tengah Merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa dengan luas wilayah 32.800,69 kilometer persegi. Dalam peta Jawa Tengah, provinsi in...
Daftar Isi [Tampil]

    Jawa Tengah Merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa dengan luas wilayah 32.800,69 kilometer persegi. Dalam peta Jawa Tengah, provinsi ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Yogyakarta di selatan, Jawa Barat di barat, dan Jawa Timur di timur. Secara geologis dan geografis letak Jawa Tengah sangat strategis. Secara geografis, Jawa Tengah terletak antara 5°40' dan 8°30' Lintang Selatan dan 108°30' dan 111°30' Bujur Timur.


    Peta, Kebudayaan dan Demografi Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah

    Pada peta Jawa Tengah dilansir di situs jatengprov.go.idIbu kota provinsi, Semarang, terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota. Kabupaten tersebut antara lain Wonosobo, Temanggung, Wonogiri, Tegal, Sragen, Sukoharjo, Purworejo, Rembang, Semarang, Pekalongan, Purbalingga, Pemalang, Pati, Kebumen, Kendal, Magelang, Klaten, Kudus, Karanganyar, Grobogan, Jepara, Demak, Cilacap, Batang. ,Blora, Brebes, Boyolali, Banyumas dan Banjarnegara.

    Sedangkan yang berada di wilayah perkotaan Provinsi Jawa Tengah antara lain Salatiga, Pekalongan, Semarang, Magelang, Surakarta, dan Tegal. Wilayah terluas di Jawa Tengah adalah Cilacap dan kawasan industri yang padat bisa Anda temukan di berbagai wilayah seperti Kabupaten Batang, Kota Semarang, Kabupaten Kendal dan juga Kabupaten Demak.

    Baca Juga: Teknologi Google Maps Indo Bikin Traveling Jadi Mudah

    Berdasarkan data sensus yang dilakukan pada tahun 2020, jumlah penduduk Jawa Tengah mencapai 36.516.035 jiwa, dengan laju pertumbuhan 1,17% dan kepadatan penduduk 1.113,27 jiwa per kilometer persegi. Jawa Tengah yang didominasi suku Jawa juga memiliki infrastruktur penting seperti Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandara Internasional Ahmad Yani.

    Kabupaten dan kota di Jawa Tengah tentunya mempunyai keindahan dan daya tarik tersendiri. Selain bahasa Indonesia, komunikasi juga dilakukan dengan menggunakan bahasa Jawa. Pada hari-hari khusus biasanya diadakan pertunjukan kesenian seperti wayang kulit, ebeg, ketoprak dan begalan di setiap daerah.

    Tarian tradisional seperti tari gambyong, tari serimpi, tari gambir anom, tari beksan wireng juga ditampilkan. Semuanya akan diiringi alat musik tradisional gamelan. Pada hari-hari tertentu, masyarakat kerap merayakannya dengan mengenakan pakaian adat Jawa Tengah seperti kebaya, beskap, surjan, kanigaran dan jasa.

    Sementara potensi wilayah Jawa Tengah juga sangat kaya. Mulai dari sumber daya alam yang melimpah seperti sumber daya energi, pertanian, perikanan, dan perkebunan. Provinsi ini juga didukung oleh beragam daya tarik wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Misalnya saja Candi Borobdür, Lawang Sewu, Dataran Tinggi Dieng, dan Karimunjawa.

    Inilah peta jawa tengah beserta penjelasannya. Setiap daerah mempunyai daya tarik dan potensi tersendiri. Hal ini perlu dikembangkan agar lebih maju dan sejahtera.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done