Memahami Ide Utama – Tahukah Anda bahwa suatu bacaan mempunyai gagasan pokok? Hal ini juga diajarkan ketika saya masih di sekolah dasar. Na...
Daftar Isi [Tampil]

    Memahami Ide Utama – Tahukah Anda bahwa suatu bacaan mempunyai gagasan pokok? Hal ini juga diajarkan ketika saya masih di sekolah dasar. Namun agar anda lebih mudah mengingat dan memahami penjelasan gagasan pokoknya. Artikel ini dapat membantu Anda mengingat informasi tentang gagasan utama.


    Memahami Ide Utama

    Ketika kita semua belajar bahasa Indonesia, sering kali kita menjumpai materi mencari ide pokok dalam sebuah artikel atau paragraf. Jika kita melihat kembali gagasan pokok dalam sebuah paragraf, kita melihat bahwa hal tersebut benar adanya dan dapat menjadi landasan atau topik utama yang nantinya akan dijelaskan dalam beberapa paragraf pendukung dalam sebuah artikel.

    Bila dilihat dari maknanya sendiri, gagasan pokok sebenarnya merupakan intisari suatu bacaan atau suatu topik yang nantinya akan dibahas lebih mendalam dengan penjelasan-penjelasan yang mendukung. Sebuah paragraf biasanya terdiri dari dua unsur utama.

    Unsur pertama adalah topik yang akan dibicarakan atau bisa juga gagasan pokok. Kemudian unsur kedua adalah kalimat pendukung. Kalimat-kalimat pendukung inilah yang kemudian dapat berfungsi sebagai penjelasan atau penguat gagasan utama.

    Fungsi Ide Utama

    Jika Anda sudah memahami maksud gagasan pokok dari poin sebelumnya. Anda kemudian dapat memahami fungsi gagasan utama pada saat ini. Sederhananya, fungsi ide pokok adalah agar pembaca lebih cepat menentukan apa yang sebenarnya dimaksud oleh penulis artikel atau paragraf tersebut.

    Namun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika gagasan utama lebih kuat dan mudah dipahami, berarti diperlukan beberapa kalimat pendukung.

    Jenis Ide Pokok Berdasarkan Paragraf

    Setelah mempelajari fungsi gagasan utama pada penjelasan sebelumnya, maka Anda tahu bahwa gagasan utama juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai paragrafnya. Paragraf tersebut antara lain paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf penjelas, dan paragraf campuran.

    Tentu saja keempat paragraf tersebut masing-masing memiliki ciri khasnya masing-masing. Sehingga Anda dapat memahami keempat paragraf tersebut dengan lebih baik. Yuk, simak pernyataan lengkapnya di bawah ini.

    1. Paragraf Deduktif

    Jenis paragraf yang pertama adalah deduktif, pada paragraf ini gagasan pokoknya akan diletakkan di bagian depan. Dapat dikatakan bahwa paragraf-paragraf tersebut mempunyai urutan dari umum ke khusus.

    Struktur paragraf deduktif adalah dimulai dengan gagasan utama dan didukung oleh beberapa kalimat pendukung. Karena mempunyai struktur yang mudah dan sangat detail. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika paragraf lebih sering digunakan.

    2. Paragraf Induktif

    Berbeda dengan paragraf deduktif yang ide pokok atau kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf induktif jenis ini menggunakan gagasan pokok yang terdapat di akhir paragraf.

    Struktur paragraf jenis ini umumnya dari umum ke khusus. Mari kita mulai dengan penjelasan umum yang akan menyentuh gagasan utama di akhir paragraf.

    Tak hanya itu, paragraf induktif ternyata terbagi menjadi tiga jenis, yaitu generalisasi, analogi, dan terakhir kausalitas.

    3. Paragraf Deskriptif

    Paragraf penjelasan ini sedikit berbeda dengan dua jenis paragraf sebelumnya. Dimana ide pokok paragraf ekspositori disebarkan. Artinya, setiap kalimat deskriptif atau pendukung mempunyai gagasan pokok yang tersirat.

    4. Campuran Paragraf

    Akhirnya, ada paragraf yang membingungkan. Sesuai dengan namanya, dalam paragraf campuran gagasan pokok ditempatkan pada awal dan akhir paragraf. Kalau dilihat polanya, dari yang spesifik ke yang umum lalu menguat kembali ke yang spesifik.

    Tentu saja semua jenis paragraf yang dijelaskan di atas dapat ditemukan di setiap artikel. Tentu saja memahami penjelasan gagasan utama sesuai jenis paragraf dapat memudahkan Anda memahami apa yang ingin disampaikan penulis.

    Ciri-Ciri Dasar Pemikiran

    Gagasan pokok dalam sebuah paragraf juga mempunyai ciri-ciri yang bermacam-macam. Ciri-ciri gagasan utama ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menentukan apakah sebuah kalimat merupakan gagasan utama atau sekadar kalimat penjelas.

    Dikutip dari majalah berjudul “Kemampuan Mengidentifikasi Ide Pokok Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara” oleh Marchella Praserda Katika tahun pembuatan 2018.

    Ternyata berbagai ciri ada dalam satu gagasan pokok atau main idea. Jadi apa saja fitur-fitur ini? Di bawah ini penjelasan lengkapnya.

    1. Ide pokoknya tidak terlalu rumit

    Gagasan utama tidak boleh rumit dan bertele-tele. Artinya setiap isi pokok gagasan tidak boleh dipersempit atau diperluas terlalu jauh. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca menemukan ide pokok atau lebih mudah memahami apa yang sebenarnya ingin disampaikan penulis dalam sebuah paragraf.

    2. Gagasan pokok harus tersampaikan dengan jelas

    Selain tidak terlalu ribet dalam menciptakan gagasan pokoknya, juga perlu disampaikan dengan jelas. Bahkan penempatan gagasan utama harus terlihat jelas; Suatu gagasan pokok akan tersirat, baik di awal paragraf, di akhir, di akhir, dan di akhir, atau di seluruh kalimat.

    3. Bersifat umum

    Gagasan pokok harus mempunyai ciri-ciri umum. Artinya gagasan pokoknya dapat dijelaskan kembali pada beberapa kalimat berikutnya. Kalimat penjelasan ini bisa juga disebut kalimat pendukung.

    4. Terdapat kalimat pendukung

    Terakhir, sebuah gagasan utama harus memiliki beberapa kalimat pendukung. Artinya, satu gagasan utama mungkin tidak dapat dipertahankan. Gagasan utama hendaknya lebih kuat dan mempunyai beberapa kalimat pendukung agar lebih mudah dipahami pembaca.


    Bagaimana Mengidentifikasi Ide Utama?

    Beberapa fitur yang telah dijelaskan sebelumnya dapat digunakan sebagai metode alternatif dalam mencari gagasan pokok. Namun tidak semuanya bisa dilakukan dengan mudah, terkadang setelah membaca kembali Anda masih bingung apa yang ingin Anda sampaikan atau apa gagasan pokok sebuah paragraf.

    Tentunya memerlukan petunjuk atau metode yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi gagasan pokok dalam sebuah paragraf. Penjelasan cara mencari ide pokok dapat Anda baca pada paragraf di bawah ini.

    1. Baca seluruh isi paragraf

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menemukan ide pokok adalah dengan membaca keseluruhan isi paragraf. Namun demikian, membaca keseluruhan isi paragraf hendaknya dilakukan dengan penuh konsentrasi dan ketelitian.

    Pahami setiap isi paragraf, lalu bedakan mana ide pokok dan mana kalimat deskriptif. Dengan cara ini Anda dapat mengidentifikasi gagasan utama dengan lebih mudah.

    2. Baca Setiap Kalimat

    Anda kemudian dapat mencari gagasan utama dengan membaca setiap kalimat dalam paragraf. Pahami setiap kalimat dalam paragraf tersebut. Karena ada kemungkinan suatu gagasan pokok bisa berada di awal, di akhir, atau campuran.

    Tentu saja membaca setiap kalimat dalam sebuah paragraf sepertinya sangat efektif. Cari tahu mana gagasan utama atau kalimat pendukung.

    3. Pisahkan kalimat utama dari kalimat deskriptif

    Ketiga, Anda bisa mencoba memisahkan kalimat utama dari kalimat deskriptif. Tentunya Anda juga harus memahami apa yang dimaksud dengan kalimat utama dan kalimat deskriptif.

    Sebagian besar kalimat utama akan diikuti oleh kalimat deskriptif. Namun jika Anda masih kesulitan membedakan kedua kalimat tersebut. Dengan kata lain, Anda dapat mengamati kalimat utama dan kalimat deskriptif dengan melihat ciri-cirinya.

    Ciri-ciri kalimat deskriptif biasanya mempunyai bukti. Contohnya adalah kalimat yang menjelaskan suatu rencana. Ketika Anda bisa memahami antara dua kalimat. Tentu saja menentukan ide pokok bukan hal yang sulit lagi.

    4. Sorot Informasi Penting

    Tentunya setiap paragraf selalu memuat informasi-informasi yang dianggap sangat penting. Maka salah satu cara untuk mempermudah menemukan ide pokok adalah dengan menandai beberapa informasi yang menurut Anda sangat penting dan menarik.

    Namun diperlukan kehati-hatian dan ketelitian dalam mencari informasi yang dianggap penting. Jika Anda menemukan informasi penting dalam beberapa kalimat dalam satu paragraf.

    Jadi tahap selanjutnya adalah mencoba menyeleksi informasi penting ini. Cari apa yang menurut Anda benar-benar penting. Dengan begitu, proses pencarian ide pokok akan lebih mudah.

    5. Kenali Kalimat Deskriptif

    Selanjutnya, perhatikan bahwa kalimat deskriptif digunakan untuk mendukung gagasan utama dalam sebuah paragraf. Meski terdengar sangat sederhana, namun sebagian orang masih kesulitan mengidentifikasi kalimat pendukung.

    Salah satu cara mengenali kalimat pendukung adalah dengan memperhatikan ciri-ciri yang dimilikinya. Biasanya kalimat pendukung akan selalu diulang-ulang.

    Artinya ada beberapa kata yang diulang dalam beberapa kalimat. Dapat diduga beberapa kalimat tersebut mungkin merupakan kalimat pendukung yang dimaksudkan untuk memperkuat gagasan utama.

    6. Nyatakan kesimpulan paragraf tersebut

    Langkah keenam mungkin menarik kesimpulan dari sebuah paragraf. Saat Anda membaca keseluruhan isi sebuah paragraf. Lakukan langkah selanjutnya dengan mencoba menarik kesimpulan dari isi paragraf.

    Hal ini juga dapat membantu mempermudah dalam menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf.

    7. Soroti ide-ide penting yang Anda temukan

    Cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan menandai setiap topik yang Anda temukan. Ini dapat mempermudah pekerjaan Anda ketika Anda menemukan paragraf yang membingungkan.

    Dalam paragraf campuran, gagasan utama ditempatkan pada awal dan akhir paragraf. Tentunya Anda juga harus membaca isi paragraf tersebut agar dapat menemukan kalimat yang menurut Anda merupakan gagasan utama.

    Contoh Ide Pokok Dalam Paragraf

    Setelah Anda memahami apa itu gagasan utama, fungsinya, dan cara mudah mengenali gagasan utama dalam sebuah paragraf. Dikutip dari laman resmi Panduancode.com, berikut beberapa contoh soal yang berkaitan dengan gagasan pokok.

    1. Contoh Pertama

    Banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangsel menimbulkan berbagai penyakit pada warga sekitar. Beberapa penyakit akibat banjir lumpur adalah diare, demam berdarah, tifus, dan leptospirosis.

    Argumen:

    Gagasan pokok paragraf di atas adalah banjir yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Jika diperhatikan paragraf di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat pokok atau gagasan pokok berada di awal. Sedangkan kalimat lainnya bertugas menjelaskan dan memperkuat gagasan pokok.

    2. Contoh Kedua

    Ketika seseorang terlalu memikirkan masalahnya, maka akan membuat orang tersebut semakin kesal. Selain itu, akan lebih baik jika kita fokus pada penyelesaian masalah daripada berkutat pada kesedihan. Tidak perlu terlalu memikirkan dan membesar-besarkan masalah, tapi tetap semangat dan carilah bantuan pada orang yang bisa dipercaya. Jika Anda sedang mengalami masalah, begini cara mengatasi kesedihan.

    Argumen:

    Gagasan pokok paragraf di atas adalah bagaimana mengatasi keadilan, kemudian gagasan pokok paragraf tersebut berada di bagian akhir. Pola yang digunakan dalam paragraf adalah dari yang umum ke yang khusus. Hal ini terlihat dari awal hingga beberapa kalimat, kemudian menjadi pernyataan akhir dan diakhiri dengan gagasan pokok.

    3. Contoh Ketiga

    Pohon memberikan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, obat-obatan dan bahan industri. Salah satu peran pohon yang sangat penting bagi manusia dan seluruh makhluk hidup adalah pohon menghasilkan udara bersih di dunia.

    Argumen:

    Gagasan pokok pada paragraf tersebut adalah manfaat pohon bagi kesehatan makhluk hidup, seperti terlihat pada paragraf di atas, gagasan pokoknya terdapat pada awal paragraf. Struktur kalimat tersebut dari khusus ke umum.

    Ke mana pun Anda melihat lagi, kalimat pertama bertanggung jawab untuk menyatakan topik yang akan dibahas. Kemudian kalimat kedua dan terakhir berfungsi untuk menjelaskan kalimat utama.

    4. Contoh Keempat

    Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Yang dimaksud dengan insomnia atau gangguan tidur biasanya disebabkan oleh rasa cemas atau adanya beban pikiran pada seseorang. Bekerja hingga larut malam, kondisi tempat tidur yang tidak nyaman dan kebiasaan lainnya menjadi hal lain yang menjadi penyebab insomnia.

    Argumen:

    Gagasan pokok pada paragraf di atas adalah tentang penyebab insomnia. Kemudian, gagasan utama diletakkan di awal paragraf, dilanjutkan dengan kalimat deskriptif. Pola pada paragraf di atas adalah dari khusus ke umum.

    5. Contoh Kelima

    Kecanduan pornografi dapat merusak otak. Otak pecandu pornografi terus-menerus dirangsang, sehingga menghasilkan produksi dopamin dan endorfin yang berlebihan. Dalam keadaan normal, zat ini mungkin bermanfaat bagi orang yang aktif. Namun, situasinya berbeda bagi pecandu pornografi. Dimana otak akan mengalami rangsangan berlebihan yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan otak mengecil dan akhirnya rusak.

    Argumen:

    Gagasan pokok paragraf di atas adalah bahwa kecanduan pornografi dapat merusak otak manusia. Kemudian gagasan pokok paragraf di atas diletakkan di awal. Kalimat pertama menjelaskan topik yang akan dibicarakan, dilanjutkan dengan berbagai kalimat penjelas untuk memperkuat kalimat pertama.

    Kesimpulan 

    Ide pokok adalah topik yang akan dibahas dalam sebuah paragraf atau artikel. Ide pokok dapat diletakkan di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.

    Penempatan ide pokok bisa berbeda-beda tergantung jenis paragrafnya, misalnya induktif, deduktif, deskriptif, atau campuran. Selain itu, ada berbagai fitur yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf.

    Jika Anda melihat beberapa ciri, Anda tidak akan menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf. Oleh karena itu, Anda mungkin akan lebih mudah menggunakan berbagai cara untuk mencari ide pokok, seperti pada penjelasan di atas.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done