Proses solusi karbohidrat Itu terjadi di mulut dan usus kecil di dalam tubuh. Pada artikel selanjutnya kita akan melihat penjelasan mengenai...
Daftar Isi [Tampil]

    Proses solusi karbohidrat Itu terjadi di mulut dan usus kecil di dalam tubuh. Pada artikel selanjutnya kita akan melihat penjelasan mengenai proses pemecahan karbohidrat dalam pencernaan tubuh.



    Proses Pemecahan Dan Pencernaan Karbohidrat Dalam Tubuh

    Karbohidrat merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. dari buku Lima Langkah Menjadi Lurus dan Kurus Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes (2018:134),Karbohidrat berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah yang akan diubah menjadi energi. Untuk mengubahnya menjadi energi, terjadi proses katabolisme.

    Berdasarkan buku 10 Nilai Target Sistem CBT UN SMA/MA IPA 2016 dari The King Eduka (2015: 874), Katabolisme karbohidrat adalah proses pemecahan gula (glukosa) menjadi energi. Katabolisme pada sel manusia terjadi melalui respirasi seluler berupa respirasi aerob (memerlukan oksigen) atau respirasi anaerobik (tidak memerlukan oksigen).

    Baca Juga: Fungsi Utama Vitamin Adalah Mengatur Proses Metabolisme

    Pemecahan karbohidrat dalam tubuh terjadi di mulut dan usus. dari buku IPA Kelas VIII Semester 1 SMP/MTs, Marlupi, S.Pd dan Lidya Listiyantati, S.Pd (2019: 82), penjelasannya adalah sebagai berikut:

    Itu terjadi di mulut pencernaan Ini dilakukan secara mekanis oleh gigi dan lidah, dan pencernaan kimiawi karbohidrat dilakukan oleh enzim ptyalin. Enzim ini membantu proses pemecahan karbohidrat atau pati menjadi disakarida dan maltosa.

    Usus halus mengandung enzim bernama amilase yang berfungsi mengubah pati (pati) menjadi gula yang lebih sederhana (maltosa). Proses pencernaan kimiawi terjadi di usus kecil. Karbohidrat dicerna menjadi glukosa. Lemak dicerna menjadi asam lemak dan gliserol, dan protein dicerna menjadi asam amino.

    Seluruh proses pencernaan lemak dan protein selesai di duodenum. Kemudian proses penyerapan (absorpsi) akan terjadi pada usus kosong dan sebagian pada usus absorptif. Karbohidrat diserap dalam bentuk glukosa dan lemak diserap dalam bentuk asam lemak dan gliserol protein Ini diserap dalam bentuk asam amino.

    Demikianlah penjelasan mengenai proses pemecahan karbohidrat pada pencernaan tubuh kita. Semoga dapat menambah pemahaman anda mengenai proses pencernaan dalam tubuh. (Bahasa Inggris)
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done