Apa saja faktor pendorong perdagangan antar pulau? Berikut penjelasannya! – Orang Indonesia sering melakukan perdagangan antar pulau. Apa sa...
Daftar Isi [Tampil]

    Apa saja faktor pendorong perdagangan antar pulau? Berikut penjelasannya! – Orang Indonesia sering melakukan perdagangan antar pulau.

    Apa saja faktor pendorongnya? berdagang Di antara pulau-pulau di Indonesia? Simak ulasan Panduancode.com di bawah ini!

    Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar dan juga mempunyai sumber daya alam yang sangat kaya.

    Setiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan masing-masing, baik dari segi perbedaan geografis, kondisi alam, maupun kondisi medan.

    Oleh karena itu, setiap daerah di Indonesia mempunyai kelebihan dan potensi tersendiri.

    Dalam hal ini, perdagangan antar wilayah atau pulau menjadi sangat penting. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi di daerah atau pulau lain.



    Faktor Pendorong Perdagangan Antar Pulau

    Ada tiga faktor yang mendorong perdagangan antar pulau:

    1. Perbedaan kelimpahan sumber daya alam

    Permasalahan perbedaan kekayaan sumber daya alam antara satu pulau dengan pulau lainnya sangat merangsang terjadinya perdagangan antar pulau. Sebab setiap pulau atau daerah mempunyai keadaan geografisnya masing-masing.

    Dengan demikian, timbul perbedaan hasil alam di suatu pulau yang tidak dapat dikembangkan dan diproduksi di pulau lain.

    2. Perbedaan hasil produksi

    Suatu bidang biasanya memiliki sumber daya yang mendasarinya sendiri. Hal ini disebabkan akibat sumber daya alam dengan produk turunannya.

    Misalnya hasil budidaya rumput laut dengan produk turunannya seperti agar-agar dan kerupuk rumput laut hasil kreativitas masyarakat setempat. Dengan cara ini, produk dasar sumber daya alam suatu pulau dapat terdiversifikasi.

    3. Perbedaan harga

    Setiap daerah mempunyai perbedaan hasil alam yang tidak dapat dihasilkan di suatu pulau. Jika suatu daerah dapat menghasilkan produk serupa, seringkali diperlukan kondisi khusus sehingga biaya produksi meningkat.

    Oleh karena itu, perdagangan antar pulau menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik bagi konsumen.

    Manfaat Perdagangan Antar Pulau

    Perdagangan antar pulau dapat memberikan berbagai manfaat, antara lain:

    1. Meningkatkan produktivitas suatu pulau

    Perdagangan antar pulau tentu saja dapat meningkatkan produktivitas penduduk pulau. Karena mereka harus memenuhi permintaan dari luar pulau terhadap suatu produk yang menjadi ciri khas pulau tersebut.

    2. Meningkatkan peluang usaha baru

    Anda dapat meningkatkan permintaan suatu komoditas di pulau tersebut melalui pemasaran yang baik. Ketika permintaan meningkat, produsen barang-barang tersebut membutuhkan lebih banyak pekerja.

    Tujuannya tentu saja untuk memenuhi kebutuhan pasar sehingga menciptakan lapangan kerja baru yang banyak.

    3. Penciptaan dan pengembangan lapangan kerja baru

    Perkembangan dan intensifikasi perdagangan antar pulau secara bertahap tentunya memerlukan dukungan dari jenis usaha lain. Ini termasuk layanan pengiriman atau pencarian, transportasi, gudang penyimpanan, agen produk, layanan pemasaran dan banyak lagi.

    Demikianlah pembahasan Panduancode.com mengenai faktor-faktor yang mendorong perdagangan antar pulau. Jika perdagangannya berhasil maka akan banyak manfaatnya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done