Teknik mencetak merupakan salah satu teknik dalam seni rupa. Tentu saja ini merupakan seni percetakan yang lebih banyak ditemukan pada seni ...
Daftar Isi [Tampil]

    Teknik mencetak merupakan salah satu teknik dalam seni rupa. Tentu saja ini merupakan seni percetakan yang lebih banyak ditemukan pada seni grafis saat ini. Apa saja nama atau istilah lain dari teknik percetakan yang ada di dunia? Penindasan?

    Kutipan dari buku S.IX. Kajian Seni Budaya untuk Ruang Kelas Menurut Harry Sulistianto dkk (140:2006), seni grafis merupakan ekspresi seni dua dimensi yang menggunakan metode pencetakan.

    Dunia percetakan erat kaitannya dengan seni grafis. Dalam hal ini seni grafis mempunyai peranan yang besar dalam dunia percetakan. Bahkan bisa dikatakan kehidupan seni grafis sangat bergantung pada dunia percetakan.



    Nama Lain Teknik Percetakan Dalam Dunia Percetakan

    Teknik mencetak bisa juga disebut dengan teknik mencetak. Berikut pembahasan mengenai teknik mencetak.

    Dikutip dari website resmi jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Binus, pada dasarnya teknik pencetakan dalam seni grafis ini mempunyai arti yang sederhana; yaitu teknik memperbanyak suatu karya seni dalam jumlah tertentu, dalam jumlah banyak, atau dalam jumlah terbatas.

    Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: Panduancode.com

    Seni grafis dapat dibagi menjadi empat proses dasar: pencetakan timbul (relief printing), pencetakan intaglio (intaglio), pencetakan datar (planography) dan sablon sutra (silk screen printing). Berikut penjelasannya:

    Tekanan Tinggi

    Tekanan tinggi menggunakan permukaan cetak atau pelat cetak untuk mendorong tinta ke lapisan atas. Pencetakan biasanya dilakukan dengan cara digosok.

    Mencetak

    Prinsip tekanan ini merupakan kebalikan dari tekanan tinggi. Tinta akan bergerak menuju pelat cetak (tembaga). Pencetakan dilakukan dengan mesin khusus (engraving machine).

    Pencetakan Polos

    Pelat cetak (batu, aluminium dan offset) digunakan dalam pencetakan datar. Dalam hal ini, tidak ada selip pencetakan yang tinggi atau selip permukaan yang rendah dalam teknik pencetakan datar.

    Keluaran Layar

    Proses ini menggunakan teknik penyaringan. Referensi yang tercetak adalah filter atau monil. Teknik sablon saat ini dikenal dengan nama sablon.

    Selain penjelasan mengenai penggolongan teknik percetakan di atas, ada juga teknik percetakan yang semakin hari semakin populer seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi percetakan. Dikenal dengan istilah teknik cetak atau teknik mencetak pencetakan digital.

    Percetakan digital adalah metode pencetakan modern yang menggabungkan teknik digital sebagai sarana pemindahan bahan dan media cetak. Cara pencetakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang bisa disebut juga dengan mesin cetak atau printer.

    Perdebatan mengenai topik ini adalah percetakan, bisa juga disebut dengan teknik percetakan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dalam menambah wawasan.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done