Selain air sungai cuaca Hujan dan air tanah merupakan salah satu sumber memperoleh air bersih. Air tanah terdapat pada lapisan tanah atau ba...
Daftar Isi [Tampil]

    Selain air sungai cuaca Hujan dan air tanah merupakan salah satu sumber memperoleh air bersih. Air tanah terdapat pada lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah.

    Menurut informasi dari situs statistik resmi pemerintah Jakarta, jumlah penggunaan air tanah di DKI Jakarta mencapai 8.155.282 m3 pada tahun 2018. Hal ini menunjukkan penggunaan air tanah sangat tinggi.

    Berdasarkan angka tersebut, Jakarta Selatan menggunakan separuh dari total penggunaan air tanah DKI Jakarta sebesar 4.348.123 m3. Pasalnya, kawasan Jakarta Selatan didominasi oleh gedung perkantoran dan perumahan.

    Air tanah sendiri bisa berasal dari air hujan, air laut, atau magma. Air tanah berasal dari air Hujan Namanya air vados atau air tua. Lalu bagaimana proses perubahan air hujan menjadi air tanah? lihat uraian di bawah ini.


    Proses Pengubahan Air Hujan Menjadi Air Tanah

    Masuknya air hujan ke dalam tanah disebabkan oleh gaya gravitasi dan kapiler tebu. Gaya gravitasi menarik air ke permukaan tanah. Sedangkan gaya kapiler mendistribusikan air ke sekelilingnya secara horizontal dan vertikal.

    Proses berubahnya air hujan menjadi air tanah terjadi karena adanya proses infiltrasi. Secara umum proses infiltrasi air ke permukaan tanah dapat dibagi menjadi beberapa poin penting:
    • Terjadinya hujan atau curah hujan lainnya.
    • Masuknya air hujan melalui pori-pori di permukaan tanah.
    • Air hujan terkumpul di dalam tanah.
    • Proses mengalirnya air ke lokasi lain.
    Ketika jatuh ke permukaan tanah, air hujan akan terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah air yang mengalir di permukaan (limpasan), dan yang kedua adalah air yang masuk ke dalam tanah.

    Baca Juga: Teknologi Filter Air Balikpapan Rekomendasi Terbaik Masa Kini

    Ada dua parameter penting terkait proses infiltrasi; laju infiltrasi dan kapasitas infiltrasi. mengutip dari buku Membeli Prof.Dr.Ir.Irwan Sukri Banuwa, M.Si. oleh, setelah penjelasan keduanya:
    • Kapasitas infiltrasi adalah jumlah air yang masuk ke dalam tanah selama pengisian tanah.
    • Laju infiltrasi adalah jumlah airtanah yang masuk dari permukaan tanah tiap satuan waktu.
    Secara umum gaya gravitasi cukup dominan pada permukaan tanah yang mempunyai pori-pori besar. Sedangkan gaya kapiler mendominasi permukaan tanah yang pori-porinya kecil dan padat.

    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Infiltrasi

    Proses infiltrasi merupakan proses kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun salah satu faktor yang paling menentukan adalah permeabilitas tanah.

    Dikutip dari situs web balittanah.litbang.pertanian.go.id Permeabilitas tanah dapat diartikan sebagai laju pergerakan fluida melalui media berpori dalam keadaan jenuh.

    Secara umum, semakin tinggi permeabilitas tanah maka semakin banyak air yang dapat masuk ke dalam tanah. Jadi semakin tinggi permeabilitas maka semakin tinggi pula laju infiltrasinya.

    Berbagai faktor yang mempengaruhi permeabilitas dan permeabilitas air tanah adalah:
    • Tekstur dan struktur tanah
    • kelembaban tanah
    • Aktivitas makhluk hidup
    • Unsur organik dalam tanah
    • Jenis dan kedalaman serasah
    • Penutup tanah
    Tanah dengan tekstur gembur akan mempunyai kapasitas infiltrasi lebih besar dibandingkan tanah liat. Sedangkan tanah jenuh air (kelembaban tinggi) cenderung memiliki kapasitas infiltrasi lebih rendah dibandingkan tanah kering.

    Sumur harus dibangun untuk mencapai air tanah. Ketinggian air sumur menunjukkan ketinggian air tanah. Ketinggian muka air tanah pada setiap daerah tentunya berbeda-beda tergantung dari banyaknya air yang merembes ke dalam tanah.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done