Organisasi utama renang Di Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PRSI. Organisasi ini mencakup berbagai jenis olahraga, m...
Daftar Isi [Tampil]

    Organisasi utama renang Di Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PRSI. Organisasi ini mencakup berbagai jenis olahraga, mulai dari renang dan mencakup semua kegiatan olahraga air mulai dari polo air, menyelam, renang sinkron, dan renang perairan terbuka.

    Dikutip dari situs resmi PRSI: pbprsi.org Organisasi induk ini didirikan pada tanggal 21 Maret 1951 oleh presiden pertamanya, Prof. Dr. Didirikan sebagai Poerwo. PB PRSI diketuai oleh seorang Presiden yang dipilih oleh pengurus organisasi induk provinsi pada Musyawarah Nasional.


    Pengertian dan Sejarah Singkat PRSI

    Setiap cabang olahraga yang dipertandingkan pasti mempunyainya organisasi termasuk berenang. Saat ini diketahui induk organisasi renang di Indonesia adalah PRSI.

    Persatuan Renang Seluruh Indonesia, disingkat PRSI, didirikan pada tanggal 21 Maret 1951 dan ketua pertamanya adalah Prof. Dr. Poerwo Soedarmo.

    PB PRSI didirikan berdasarkan akta pendirian di hadapan notaris Irmawati Habie SH, Jl. Dewi Sartika No. 1-2 Jakarta Timur, No. Tanggal 01 dan 5 Maret 2012. PB PRSI terdaftar sebagai Wajib Pajak 02.493.227.9 – 077.00.

    Baca Juga: Tahapan Awal Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia Adalah

    PB PRSI dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih oleh pengurus utama organisasi provinsi dalam forum Musyawarah Nasional yang diselenggarakan pada akhir masa jabatan setiap 4 (empat) tahun sekali, dengan susunan organisasi sebagai berikut; Wakil Komisioner I (bidang organisasi).

    Wakil Komisioner II Binpres, terdiri dari komisi teknis. Pj Komisaris III bertanggung jawab di bidang pendanaan dan perdagangan, hubungan media dan publisitas, serta sarana dan prasarana. Deputi Komisioner Kerjasama Luar Negeri IV. Deputi Penanggung Jawab Ilmu Pengetahuan dan Teknologi V. Sekretaris Jenderal membantu sekretariat dalam melaksanakan operasional administrasi sehari-hari.

    PB PRSI menjalankan kegiatan organisasinya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan berpedoman pada standar tata kelola perusahaan yang diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

    Kini organisasi renang utama di Indonesia sudah semakin maju dan berkembang. Tepatnya pada tahun 1952, PRSI resmi bergabung dengan organisasi renang dunia atau FINA (International Federation of National Amateur).

    Selain itu, secara resmi menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC). Pada tahun yang sama juga, Indonesia mengirimkan 2 wakilnya ke venue Olimpiade di Helsinki. Indonesia telah meraih banyak prestasi membanggakan sejak saat itu.

    Perlombaan renang tingkat nasional di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun baik melalui PON maupun kejuaraan daerah.

    Demikianlah uraian tentang sejarah singkat organisasi induk renang. Indonesia. Saya harap ini bermanfaat!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done