Ada beberapa jenis teks Itu dibuat untuk tujuan tertentu. Salah satu jenis teks yang penting untuk dipahami adalah teks persuasif. Apa harap...
Daftar Isi [Tampil]

    Ada beberapa jenis teks Itu dibuat untuk tujuan tertentu. Salah satu jenis teks yang penting untuk dipahami adalah teks persuasif. Apa harapan penulis teks persuasif terhadap pembacanya?

    Singkatnya, teks persuasif berisi ajakan atau persuasi. Seperti teks lainnya, teks persuasif juga mempunyai struktur yang mengaturnya.


    Apa Yang Diharapkan Copy Writer Persuasif dari Pembacanya?

    Kutipan: Temukan Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII, Rahmat (2019:192), memahami Teks persuasif adalah teks yang isinya mengajak orang untuk melakukan atau mengikuti apa yang diungkapkan penulis dalam artikelnya.

    Lalu apa yang penulis teks persuasif harapkan dari pembacanya? Penulis teks persuasif berharap pembacanya akan terkesan atau terbujuk untuk mengikuti apa yang ditulisnya.

    Teks persuasi ditulis menurut struktur tertentu. Penjelasannya ada dibawah ini.
    1. Pengenalan topik : Berisi pengenalan topik yang akan dibahas.
    2. Ringkasan diskusi: Berisi kumpulan pandangan penulis mengenai topik tertentu. Bagian ini diperkuat dengan fakta.
    3. Invitation : Intisari teks persuasif berupa anjuran atau ajakan kepada pembaca untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
    4. Validasi Ulang: Termasuk hasil dan ringkasan. Biasanya bagian ini ditandai dengan ungkapan seperti demikian, oleh karena itu.

    Kaidah Kebahasaan Dalam Teks Persuasi

    Selain harus mematuhi struktur yang telah ditentukan, teks persuasi juga ditulis dengan menggunakan kaidah bahasa tertentu. Aturan kebahasaan dalam teks persuasif adalah sebagai berikut.
    • Menggunakan ekspresi yang menyampaikan persuasi, ajakan, atau dorongan. Beberapa kata yang umum digunakan adalah seharusnya, seharusnya, seharusnya, dll. Contoh: Generasi muda hendaknya mengambil contoh semangat patriotisme para pahlawan bangsa.
    • Gunakan kata-kata teknis yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Misalnya ketika menulis tentang Hari Guru, kata-kata yang digunakan adalah pendidikan, sekolah, pelayanan, dan lain-lain.
    • Meliputi fakta atau hal yang benar-benar terjadi atau ada.
    • Menggunakan konjungsi kausalitas atau sebab-akibat, misalnya karena, mengapa, dan sebagainya.
    • Menggunakan kata kerja mental, misalnya berhubungan, memprediksi, mendiskusikan, menyimpulkan, dll.
    Apa yang dapat Anda harapkan penulis Teks persuasif untuk pembaca? Penulis teks persuasif berharap pembacanya akan terpengaruh atau dibujuk untuk menuruti keinginannya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done