Persoalan utama yang dikaji sosiologi adalah interaksi di antara keduanya. adam dengan orang atau kelompok. Sebagai makhluk sosial, manusia ...
Daftar Isi [Tampil]

    Persoalan utama yang dikaji sosiologi adalah interaksi di antara keduanya. adam dengan orang atau kelompok. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri, ia harus berinteraksi dengan orang lain.

    Interaksi manusia disebut interaksi sosial. Interaksi sosial tidak bisa terjadi begitu saja, ada syarat yang harus dipenuhi. Untuk lebih memahami materi ini, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


    Unsur Mendasar Yang Dikaji Sosiologi Adalah Interaksi Antar Orang Atau Kelompok

    Disusun dari buku Sosiologi Ilmu Sosial untuk Sekolah Menengah dan Menengah VII. Kelas Disusun oleh Tim Mitra Guru (2007), interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, antar kelompok orang, atau antara individu dengan kelompok orang.

    Sederhananya, interaksi sosial Itu bisa dimulai ketika dua orang bertemu. Dua orang akan saling menyapa, mengobrol, bahkan berdebat. Interaksi adalah proses timbal balik; Kelompok tersebut terpengaruh oleh perilaku reaktif pihak lain.

    Seseorang dapat mempengaruhi perilaku orang lain melalui kontak. Kontak ini mungkin bersifat langsung atau tidak langsung. Interaksi sosial hanya dapat terjadi jika dua syarat terpenuhi; yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi.

    Kondisi Interaksi Sosial

    Pokok bahasan utama yang dipelajari sosiologi adalah interaksi antara manusia dengan orang atau kelompok. Agar terjadinya interaksi sosial harus dipenuhi hal-hal sebagai berikut:
    Orang Sosial

    Ada tiga kontak sosial yang dapat terjadi:
    • Antarindividu. Contohnya adalah seorang anak mempelajari kebiasaan keluarganya. Proses ini dapat terjadi melalui sosialisasi, yaitu proses dimana seorang anggota masyarakat baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.
    • Antara individu dan kelompok orang dan sebaliknya. Misalnya ada seseorang yang menganggap tindakannya bertentangan dengan norma yang berlaku atau ada organisasi yang memaksa anggotanya untuk menyesuaikan diri dengan program dan ideologinya.
    • Antara sekelompok orang yang satu dengan kelompok orang yang lain. Contohnya adalah ketika dua perusahaan mengadakan kontrak atau perjanjian tertentu untuk menyelesaikan suatu proyek.
    Komunikasi

    Komunikasi Merupakan proses penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain agar dapat saling memahami.

    Demikian penjelasan tentang interaksi sosial dalam Sosiologi. Saya harap ini bermanfaat.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done