Kutipan dari buku Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup oleh Yonathan Pongtuluran (2015:52), sumber daya alam Merupakan unsur li...
Daftar Isi [Tampil]

    Kutipan dari buku Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup oleh Yonathan Pongtuluran (2015:52), sumber daya alam Merupakan unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya hayati dan nonhayati secara keseluruhan dan membentuk suatu kesatuan ekosistem. Pemanfaatan sumber daya alam dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan sumber daya alam yang dapat dikelola baik berupa barang maupun jasa.

    Pemanfaatan sumber daya alam perlu dilakukan secara terpadu dan tidak dapat dilihat secara sektoral atau sektoral saja. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan manusia di masa depan dengan sebaik-baiknya, sumber daya alam harus dikelola dan digunakan dengan benar.


    Pemanfaatan Sumber Daya Alam

    Sumber daya alam makanan Yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, dijadikan pangan, dikonsumsi dan/atau dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dalam kegiatan adat/keagamaan. Karena Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dan curah hujan yang melimpah, Indonesia memiliki tanah yang kaya akan mineral dan subur. Berikut sumber daya alam yang dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan:

    1. Singkong (Singkong)

    Singkong merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan di tanah basah maupun kering dan dapat hidup hingga 800 meter di atas permukaan laut. Singkong dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat. Pemasok terbesar tanaman ini di Indonesia adalah Jawa Barat.

    Baca Juga: Peristiwa Rantai Makanan Dan Jaring Makanan Terjadi

    2. Mesir

    Jagung merupakan tanaman hasil bumi yang dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Madura dan NTT, namun Pulau Jawa juga memberikan kontribusi yang cukup besar.

    3. Tebu

    Tebu merupakan bahan utama pembuatan gula yang melimpah dan mudah ditanam di Pulau Jawa. Daerah penghasil utama tebu adalah Jawa Timur, Cirebon, dan Lampung.

    4. Kopi

    Kopi merupakan minuman yang sedang tren di Indonesia saat ini. Biji kopi yang ada di Indonesia bisa dikatakan berkualitas. Produsen kopi terkenal di Indonesia adalah Lampung, Jawa Timur dan Bengkulu.

    Demikianlah ulasan mengenai pemanfaatan sumber daya alam sebagai bahan pangan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Saya harap ini bermanfaat! 
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done