Jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah pertanyaan mengenai hubungan kedua hal tersebut. Industri kreatif dapat...
Daftar Isi [Tampil]

    Jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah pertanyaan mengenai hubungan kedua hal tersebut. Industri kreatif dapat dipahami sebagai bagian dari ekonomi kreatif.

    Industri kreatif merupakan salah satu bidang industri yang sedang berkembang di Indonesia. Beberapa contoh industri kreatif di Indonesia adalah industri kerajinan, periklanan, seni, dan lain-lain.


    Jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif!

    dari buku Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Berdasarkan buku Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional 2009-2015 karya Rosita, Martinus Tjendana dan Alex P. Karo-Karo (2022: 40), ekonomi kreatif merupakan era ekonomi baru yang mengintensifkan pengetahuan dan kreativitas berdasarkan gagasan dan gagasan. Informasi diperoleh dari sumber daya sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi.

    Sektor ekonomi kreatif merupakan sektor yang berbasis pada seni, budaya, perdagangan, dan teknologi. Oleh karena itu, ekonomi kreatif seringkali berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi.

    Industri Kreativitas sendiri secara luas diartikan sebagai setiap proses penciptaan, kreativitas, ide dan konsep yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Jawaban dari pertanyaan yang menjelaskan keterkaitan ekonomi kreatif dengan industri kreatif adalah ekonomi kreatif adalah proses terciptanya produk atau jasa, sedangkan industri kreatif adalah proses atau bentuk kegiatan usaha dalam ekonomi kreatif.

    Baca Juga: Bagaimana Upaya Yang Dilakukan Untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif

    mengutip dari buku Strategi Kompetitif Ekonomi Kreatif Indonesia Bagi Mikro dan UKM Industri Kreatif Menuju Globalisasi (Penelitian Menggunakan Metode Pentahelix)Menurut Muhammad Syahbudi (2021:8), ekonomi kreatif erat kaitannya dengan industri kreatif, namun ekonomi mempunyai cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan industri kreatif. Ekonomi kreatif merupakan ekosistem dengan hubungan yang saling bergantung antara nilai-nilai ekonomi kreatif, lingkungan pengembangan, pasar, dan kearsipan.

    Ekonomi kreatif tidak hanya sekedar menciptakan nilai tambah secara ekonomi, namun juga secara sosial, budaya, dan lingkungan. Sumber utama ekonomi kreatif adalah kreativitas, yang dalam KBBI diartikan sebagai kemampuan mencipta atau kecerdikan. Kreativitas menjadi pendorong munculnya inovasi dengan memanfaatkan penemuan-penemuan yang sudah ada.

    Industri kreatif merupakan bagian dari subsistem ekonomi kreatif yang meliputi:
    • Industri Kreatif Inti: Industri kreatif yang menjadikan kreativitas sebagai nilai tambah utama.
    • Industri Kreatif yang Terbelakang: Industri yang menjadi masukan bagi industri kreatif dasar.
    • Tautan Berikutnya Industri Kreatif: Industri yang merupakan keluaran dari industri kreatif inti dan memberikan masukan kepada industri lainnya.
    • Industri kreatif merupakan bagian dari sistem ekonomi kreatif yang turut berperan dalam menggerakkan ekonomi kreatif di Indonesia. Contoh industri kreatif Indonesia kerajinan tangan, periklanan, musik, masakan, fotografi, film, penerbitan, arsitektur, dekorasi interior, dll. termasuk.
    Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan tersebut menjelaskan keterkaitan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif! Harapannya dapat memberikan wawasan mengenai ekonomi kreatif dan industri kreatif di Indonesia.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done