Sistem pernapasan manusia adalah organ dan jaringan yang membantu Anda bernapas. Ini termasuk saluran udara, paru-paru dan pembuluh darah. O...
Daftar Isi [Tampil]

    Sistem pernapasan manusia adalah organ dan jaringan yang membantu Anda bernapas. Ini termasuk saluran udara, paru-paru dan pembuluh darah.

    Otot-otot yang menggerakkan paru-paru juga merupakan bagian dari sistem pernapasan. Bagian-bagian ini bekerja sama untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan gas limbah seperti karbon dioksida.

    Sel-sel tubuh membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Salah satu produk limbah yang dihasilkan sel adalah karbon dioksida.

    Sistem pernapasan akan mengambil oksigen dari udara yang Anda hirup dan mengeluarkan karbon dioksida yang tidak diinginkan.

    Yuk, pelajari lebih lanjut organ sistem pernapasan manusia berikut ini!


    Bagian Dari Sistem Pernafasan Manusia

    Berikut strukturnya Sistem pernapasan Apa yang perlu Anda ketahui pada manusia:

    1. Hidung (hidung anggota badan)

    organ hidungmerupakan tempat masuknya udara ke dalam sistem pernapasan. Selain itu, hidung juga bertugas menyaring, membersihkan, dan melembabkan udara yang masuk.

    Sel-sel rambut halus di hidung membantu menjebak partikel debu dan mikroorganisme yang dapat merusak saluran pernapasan dengan bantuan lendir.

    2. Faring (tenggorokan)

    Tenggorokan, atau faring, merupakan saluran udara dan makanan, berfungsi sebagai titik pertemuan antara saluran pernapasan dan sistem pencernaan.

    Bagian ini memungkinkan Anda mengarahkan udara ke saluran pernafasan dan makanan ke sistem pencernaan.

    3. Laring (kotak suara)

    Bagian sistem pernafasan yang mengandung pita suara disebut laring. Tugasnya adalah menghasilkan suara melalui getaran pita suara saat udara melewatinya.

    Selain itu, laring juga berperan sebagai katup udara yang membantu mencegah makanan dan cairan masuk ke saluran pernapasan. Juga tahu 4 Cara Efektif Memiliki Sistem Pernapasan yang Baik.

    4. Trakea (saluran nafas)

    Saluran udara ini menghubungkan laring (kotak suara) dengan bronkus yang masuk ke paru-paru. Ada cincin tulang rawan yang menutupi dinding trakea.

    Cincin tulang rawan ini menopang struktur trakea selama proses pernapasan. Hal ini membuat saluran udara tetap terbuka sehingga aliran udara tetap lancar.

    5. Bronkus

    Bronkus merupakan cabang trakea yang masuk ke paru-paru. Tabung-tabung ini kemudian terbagi menjadi bronkiolus yang lebih kecil.

    Bronkus dan bronkiolus membawa udara ke paru-paru. Keduanya dilengkapi bulu-bulu halus dan lendir yang berfungsi membersihkan udara dari partikel asing.

    6. Paru-paru

    Organ utama yang bertanggung jawab atas pertukaran gas pada sistem pernafasanparu-paru.

    Di sini, oksigen dari udara diambil oleh darah, dan saat kita menghembuskan napas, karbon dioksida yang dihasilkan tubuh dibuang ke udara.

    7. Alveolus (alveolus)

    Bagian ini berupa kantung-kantung kecil di paru-paru tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Dinding alveoli tipis dan dilapisi kapiler darah.

    Hal ini memungkinkan oksigen dari udara masuk ke dalam darah dan karbon dioksida keluar dari darah ke udara.


    Bagaimana Cara Kerja Sistem Pernafasan?

    Cara kerja sistem pernapasan manusia merupakan proses kompleks yang melibatkan beberapa tahapan. Tahapan prosesnya adalah sebagai berikut:

    1. Inspirasi (pernafasan)

    Saat seseorang bernapas, impuls saraf di otak menyebabkan otot pernapasan seperti diafragma dan otot interkostal berkontraksi. Kontraksi ini menyebabkan peningkatan volume rongga dada.

    Menurunnya tekanan udara di paru-paru menyebabkan udara mengalir ke paru-paru melalui hidung atau mulut. Pada saat inspirasi, oksigen akan masuk ke sistem pernapasan.

    2. Transportasi oksigen

    Oksigen yang masuk ke paru-paru dibawa oleh darah ke jantung melalui vena pulmonalis.

    Darah yang mengandung oksigen dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah.

    3. Pertukaran gas di alveoli

    Di paru-paru, oksigen yang dibawa oleh darah memasuki alveoli, yaitu kantung kecil yang melapisi dinding paru-paru.

    Pertukaran gas terjadi di dinding alveoli antara oksigen di alveoli dan darah di kapiler darah yang melapisi alveoli.

    Saat oksigen berdifusi ke dalam darah, karbon dioksida, produk sampingan metabolisme sel, berdifusi dari darah ke alveoli.

    4. Ekspirasi (ekspirasi)

    Setelah oksigen diserap oleh darah, karbon dioksida yang dibawa darah kembali ke paru-paru.

    Impuls saraf dari otak menyebabkan otot pernafasan menjadi rileks, volume rongga dada mengecil dan tekanan di paru meningkat.

    Proses ini memaksa karbon dioksida dari paru-paru masuk ke hidung atau mulut sehingga kita bisa mengeluarkannya melalui proses pernafasan.

    5. Transportasi karbon dioksida

    Karbon dioksida yang keluar dari paru-paru dibawa melalui darah dan dibawa kembali ke jantung.

    Darah yang mengandung karbon dioksida dipompa ke paru-paru oleh jantung; Di sini, karbon dioksida dapat dikeluarkan melalui proses pertukaran gas di alveoli saat kita menghembuskan napas.

    Begitu Anda mengetahui proses pernapasan, ketahuilah juga 4 Penyakit Pernapasan yang Perlu Diperhatikan.

    Berikut informasi mengenai proses pernapasan manusia yang perlu Anda ketahui.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done