Di dalam Atomik teori Atom adalah unit materi yang paling dasar. Partikel fundamental dalam atom terdiri dari proton, neutron, dan elektron,...
Daftar Isi [Tampil]

    Di dalam Atomik teori Atom adalah unit materi yang paling dasar. Partikel fundamental dalam atom terdiri dari proton, neutron, dan elektron, yang memiliki strukturnya masing-masing. Ketiganya berperan dalam menjaga sifat kimianya.

    Kutipan dari buku Mudah Belajar Kimia SMA Ditulis oleh Puspa Swara dkk (2015:9), atom adalah partikel terkecil yang berbentuk bola dan tidak dapat dibagi lagi, mengandung elektron yang bermuatan positif dan bermuatan negatif.



    Partikel Atom Dasar Terdiri dari Tiga Komponen Nuklir

    Partikel fundamental dalam atom terdiri dari tiga komponen dasar yang berguna dalam pembentukan atom itu sendiri. Lihat deskripsi lengkap di bawah untuk mempelajari lebih lanjut.

    1. Proton

    Proton, atau yang dilambangkan dengan (p) atau (p+), merupakan komponen inti atom yang bermuatan positif. Partikel ini termasuk dalam partikel subatom. Selain itu, massa proton adalah 1 sma (satuan massa atom) dan muatan proton = +1.

    2. Netron

    Neutron (n) adalah partikel subatom dengan sifat netral atau tidak bermuatan. Hal ini dikarenakan sinar yang berasal dari neutron tidak menyimpang ke arah kutub negatif dan positif. Letak neutron berada pada inti atom bersama dengan proton.


    3. Elektronik

    Elektron adalah partikel subatom bermuatan negatif dengan massa 0. Partikel-partikel ini memiliki peran penting dalam menghasilkan medan magnet. Selain itu, ketika elektron bergerak cepat, mereka menyerap energi dan menghasilkan foton.

    Struktur Atom

    Memahami partikel dasar proton, neutron dan elektron dalam atom dimiliki Karena sebuah atom akan terdiri dari banyak bagian. Simak uraiannya di bawah ini.

    1. Partikel Subatom

    Partikel subatom merupakan partikel penyusun atom yang terdiri dari 3 komponen. Pertama, ada proton yang bermuatan positif. Kedua, neutron mempunyai muatan netral. Dan akhirnya elektron mempunyai muatan negatif.

    2. Inti Atom

    Inti atom merupakan bagian yang berperan dalam interaksi proton dan neutron. Namun keduanya akan diimbangi oleh kekuatan nuklir yang kuat yang menjaga kestabilan inti.

    3. Kulit Elektron

    Secara umum, setiap kulit elektron akan memiliki energi yang berbeda dan juga akan menampung sejumlah elektron tertentu. Diketahui bahwa kulit yang dekat dengan inti memiliki energi yang lebih rendah.

    4. Nomor Atom

    Nomor atom suatu unsur berperan dalam menentukan jumlah proton dalam inti atom. Ini juga merupakan identitas kimia unsur tersebut. Misalnya atom karbon mempunyai enam proton, maka nomor atomnya adalah 6.

    5. Isotop

    Isotop adalah variasi suatu unsur dengan jumlah neutron berbeda dalam inti atomnya. Jadi akan ada perbedaan massa isotop yang terkait dengan unsur tersebut.

    6. Model Atom

    Model atom merupakan representasi visual yang menggambarkan struktur atom. Seperti model Bohr, model orbital dan model mekanika kuantum.

    Dapat disimpulkan bahwa partikel fundamental dalam atom terdiri dari tiga komponen yang mempunyai peran dan fungsinya masing-masing. Hal ini dapat ditelaah lebih lanjut dalam pembelajaran IPA Fisika. Saya harap ini bermanfaat!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done