Pada dasarnya ada dua unsur utama puisi; unsur fisik dan unsur batin. HAI emosi dan nada adalah elemen internal puisi. Simak ulasannya pada ...
Daftar Isi [Tampil]

    Pada dasarnya ada dua unsur utama puisi; unsur fisik dan unsur batin. HAI emosi dan nada adalah elemen internal puisi. Simak ulasannya pada artikel dibawah ini.

    Puisi diambil dari kata Yunani yaitu penyair Artinya orang yang menciptakan sesuatu dengan imajinasi pribadi. Buku ini berisi penjelasan tentang makna puisi tersebut. Pembelajaran Puisi, Apresiasi di Kelas, disusun oleh Supriyanto (2020:3). Berdasarkan buku tersebut, puisi merupakan teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata.


    Tema, Emosi dan Nada

    Ada empat hal dalam unsur internal puisi yang menjadi fokus pembahasan. Tema, emosi, dan nada merupakan 3 dari 4 hal yang ada pada unsur internal puisi. Simak beberapa hal lain yang menjadi fokus pembahasan pada unsur internal puisi di bawah ini.

    Unsur Internal Puisi

    Tema atau Arti (Persepsi)

    Dia: elemen Penting dalam puisi karena dapat menjelaskan makna yang ingin disampaikan penyair melalui bahasa. Tema merupakan gagasan dasar pengembangan dan penciptaan puisi.

    Baca Juga: Pengertian Puisi; Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Puisi

    Untuk merasakan (Miliknya)

    Emosi merupakan sikap penyair terhadap suatu permasalahan yang diungkapkan dalam puisi. Ekspresi emosi berkaitan dengan latar belakang penyair seperti agama, pendidikan, kelas sosial, gender, pengalaman dan lain-lain.

    Apa pun (Ton)

    Nada merupakan sikap penyair terhadap pendengarnya mengenai makna dan emosi. Melalui nada, penyair dapat menyajikan puisi dengan nada yang meliputi dikte, sikap merendahkan, sikap merendahkan, dan sikap-sikap lain terhadap pendengarnya. Selain menyampaikan tema, penyair juga menggunakan nada dengan bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan suatu masalah atau menyerahkan pekerjaan kepada pembaca.

    Otoritas atau Sasaran atau Tujuan (Maksud)

    Pesan adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca atau pendengar. Pesan; Bisa berupa sugesti, panggilan, ajakan atau pelajaran hidup yang bisa dipetik dari puisi yang diciptakannya.

    Unsur internal puisi merupakan struktur internal yang membahas tentang bentuk non fisik puisi. Tema, untuk merasakan dan nada merupakan unsur internal puisi. Ketiga hal inilah yang menjadi unsur yang memungkinkan terwujudnya puisi dengan segala makna yang dikandungnya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done