Energi Ini adalah kemampuan untuk melakukan upaya (bekerja) atau perubahan. Berbagai jenis energi dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-har...
Daftar Isi [Tampil]

    Energi Ini adalah kemampuan untuk melakukan upaya (bekerja) atau perubahan. Berbagai jenis energi dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, saat Anda bermain sepak bola, Anda menghabiskan energi untuk berlari dan menendang bola. Otot tubuh Anda akan mengubah energi kimia dari makanan menjadi energi otot yang digunakan untuk berlari dan menendang bola. Tapi Anda tidak bisa bermain sepak bola sepanjang waktu, Anda akan merasa lelah. Anda perlu istirahat, makan dan minum untuk mendapatkan kembali energi yang hilang saat itu.


    Jenis Energi dan Contohnya

    Kutipan dari bukuSekolah menengah dan MTs VIII. Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas ditulis oleh Wasis dan Irianto. (2008: 165–166), ada banyak jenis energi yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah uraian tentang macam-macam energi beserta contohnya:

    1. Energi kimia

    Seperti yang telah disebutkan pada contoh di atas, makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat menghasilkan energi kimia yang dapat digunakan dalam beraktivitas. Zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman masuk ke dalam reaksi kimia di dalam tubuh dan menghasilkan energi.

    Baca Juga: Sumber Energi Alternatif Yang Dapat Menghasilkan Energi Panas Adalah

    Contoh sumber energi kimia adalah gas, bensin, solar, batu bara, dan minyak tanah.

    2. Energi listrik

    Energi listrik Kita bisa menemukannya pada perangkat elektronik di rumah seperti televisi dan radio. Televisi dan radio akan memperoleh energi listrik, kemudian energi listrik tersebut diubah menjadi energi cahaya dan suara di televisi, dan menjadi energi suara di radio.

    3. Energi panas

    Energi panas (heat energy) merupakan suatu bentuk energi yang berasal dari partikel-partikel penyusun suatu benda. Setiap benda terdiri dari partikel. Jika partikel tersebut bergerak, maka benda tersebut akan menghasilkan energi panas.

    Contoh sumber energi panas adalah jika kita mencoba menyalakan api dari kayu kering yang digosokkan. Menggosok kayu akan menghasilkan panas dan dapat menyulut bahan yang mudah terbakar.

    4. Energi suara

    Miliknya Sumber bunyi dapat dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara disekitarnya.

    Contoh sumber bunyi adalah ketika senar gitar dipetik.

    Itulah berbagai jenis dan contoh energi yang bisa dijadikan bahan pembelajaran saat PJJ, semoga bermanfaat!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done