Setiap materi di alam semesta terdiri dari partikel-partikel sangat kecil yang disebut atom. Atom terdiri dari dua komponen. Salah satunya a...
Daftar Isi [Tampil]

    Setiap materi di alam semesta terdiri dari partikel-partikel sangat kecil yang disebut atom. Atom terdiri dari dua komponen. Salah satunya adalah inti atom. proton dan neutron. Kedua zat ini menentukan sifat-sifat inti atom.

    Proton adalah partikel bermuatan positif, sedangkan neutron adalah partikel bermuatan netral. Kedua partikel tersebut dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif yang bergerak dalam orbit.


    Memahami Inti Atom

    Atom berasal dari bahasa Yunani, jadi Aberarti tidak dan volume Artinya terpecah atau terpecah. Jadi atom berarti sesuatu yang tidak dapat dipotong atau dibagi lagi.

    Pada tahun 1911 Ernest Rutherford melakukan eksperimen hamburan partikel alfa. Rutherford menemukan bahwa atom terdiri dari inti-inti kecil yang bermuatan positif Ini disebut inti atom, dan sebagian besar ruang atom kosong.

    Inti atom adalah pusat atom yang terdiri dari proton dan neutron yang dikelilingi oleh awan elektron. Jumlah proton dalam inti atom disebut nomor atom dan menentukan unsur atom.

    Inti atom disebut juga nukleon. Isi nukleon akan saling berinteraksi. Interaksi dalam nukleon adalah proton-proton, neutron-neutron, dan proton-neutron.

    Baca Juga: Atom Atau Sekelompok Atom Yang Bermuatan Listrik Disebut

    Sifat Inti Atom

    Dikutip dalam buku Panduan Pembelajaran dan Penilaian Fisika untuk SMP/MTS kelas IX, Yadi Nurhayadi dkk (2011:1), inti atom terdiri dari sejumlah proton yang bermuatan listrik positif dan neutron yang tidak bermuatan listrik (netral). Sifat-sifat inti atom adalah sebagai berikut.

    1. Proton

    Karakteristik:
    • Simbol hal.
    • Partikel subatom bermuatan positif.
    • massa 938 MeV/c² atau 1,673×(10)-27 kg, atau sekitar 1836 kali massa elektron.
    • Ia memiliki muatan positif 1,6×(10)-19 Coulomb atau +1.
    • Fungsi yang membantu menghubungkan inti satu sama lain.
    2. Netron

    Karakteristik:
    • Ini memiliki simbol n.
    • Partikel subatom yang tidak bermuatan (netral).
    • Ia memiliki massa 940 MeV/c² atau 1,675×(10)-27 kg dan sedikit lebih berat dari proton.
    • Perbandingannya dengan massa proton adalah 1.
    • Karena tidak ada beban, biayanya 0.
    Berfungsi untuk mengawetkan energi pengikat yang dapat menyatukan inti atom.

    Dalam atom bermuatan alami Jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron. Jumlah proton dalam inti sering kali menentukan sifat kimia suatu atom. Di masing-masing negara bagian, proton tidak dapat meluruh (sangat stabil).

    Sifat-sifat penyusun inti atom juga menentukan sifat dasar suatu bahan karena struktur inti atom berperilaku seperti partikel penyusun suatu bahan. Semoga ulasan materinya bersifat sains fisika Hal di atas mungkin dapat menambah wawasan pembaca.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done