Senyawa adalah zat tunggal yang mengandung dua atau lebih unsur kimia. Namun senyawa mempunyai pasangan yang dapat membentuk larutan buffer....
Daftar Isi [Tampil]

    Senyawa adalah zat tunggal yang mengandung dua atau lebih unsur kimia. Namun senyawa mempunyai pasangan yang dapat membentuk larutan buffer. Apa pun? Lihat artikel ini

    Pasangan Senyawa Yang Dapat Membentuk Larutan Penyangga: Senyawa mengandung dua atau lebih unsur kimia yang kemudian dipecah kembali melalui reaksi kimia.

    Namun senyawa juga mempunyai pasangan yang membentuk larutan buffer. pasangan majemuk Manakah yang dapat membentuk larutan buffer? Simak artikel di bawah ini.


    Memahami Solusi Buffer

    Larutan penyangga merupakan larutan yang dibuat untuk menjaga keasaman suatu pengujian.

    Hal ini untuk memastikan pH tidak mengalami perubahan yang signifikan akibat reaksi yang berlangsung, seperti penambahan asam dan basa atau melakukan pengenceran.

    Ada 2 jenis larutan buffer diantaranya:

    1. Larutan Penyangga Asam

    Larutan ini terdiri dari pasangan asam dan basa. Larutan buffer asam merupakan larutan yang dapat mempertahankan keasaman dengan pH < 7 untuk suatu pengujian tertentu.

    2. Larutan Penyangga Alkali

    Larutan ini terdiri dari sepasang senyawa basa dan asam. Larutan basa merupakan larutan yang dapat mempertahankan kadar basanya dengan pH > 7 dalam suatu pengujian.

    Pasangan Senyawa Pembentuk Larutan Penyangga

    Berdasarkan pengujian pada berbagai situasi, pasangan senyawa yang menghasilkan larutan buffer adalah:

    Baca Juga: Pernyataan Yang Benar Tentang Larutan Penyangga Adalah

    Basa Lemah (NH4OH dan HCl) Dengan Asam Kuat

    Ketika basa lemah bereaksi dengan asam kuat, basa lemah harus tetap ada. Solusi yang dihasilkan kemudian menjadi buffer. Artinya, nilai mol NH4OH harus lebih besar dari nilai mol HCl.

    F- HF ile-

    Sistem buffer dapat dibuat dengan 2 campuran:

    Campuran asam lemah dan basa konjugasinya (larutan asam) atau campuran basa lemah dan asam konjugatnya (larutan basa). Maka pasangan senyawa yang membentuk larutan buffer tersebut adalah F- dan HF-. F- adalah basis HF.

    Pencampuran keduanya menciptakan sistem buffer, menciptakan keseimbangan antara asam dan basa.

    NH3 menjadi NH4+

    NH4+ merupakan konjugat dari NH3, sehingga campuran keduanya dapat membentuk sistem buffer.

    Berdasarkan pengertian Panduancode.com di atas, pasangan senyawa yang dapat membentuk larutan buffer adalah senyawa asam dan basa. Analisis lebih lanjut diperlukan mengenai zat mana yang dapat membentuk sistem penyangga.

    Semoga penjelasan yang diberikan Panduancode.com dapat bermanfaat bagi yang sedang mencari pembahasan pasangan senyawa pembentuk larutan buffer.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done