Magnet Merupakan suatu benda yang mempunyai kemampuan untuk menarik benda lain, terutama yang terbuat dari logam. Selain itu, magnet juga se...
Daftar Isi [Tampil]

    Magnet Merupakan suatu benda yang mempunyai kemampuan untuk menarik benda lain, terutama yang terbuat dari logam. Selain itu, magnet juga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada speaker dan benda lain di rumah. Ternyata magnet sendiri bisa dibuat secara sederhana. Apakah pembuatan magnet dengan metode elektromagnetik dapat dilakukan dengan tiga cara sederhana? Jika ingin mengetahui sesuatu simak ulasannya dibawah ini.


    Cara Membuat Magnet

    Kutipan dari buku Fisika Pelepasan Gas, Yohanes Surya, (Grasindo)mengumumkan bahwa ada tiga bagaimana caranya magnet sederhana. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil.

    Bagaimana Cara Menyikat?

    Cara membuat magnet yang pertama adalah dengan menggosokkan magnet pada sepotong besi atau baja secara berulang-ulang dan searah. Dengan cara ini besi dan baja akan menjadi magnet, namun kerugiannya adalah sifat asli magnet tersebut hilang.

    Cara lengkapnya adalah sebagai berikut:
    1. Anda hanya perlu menahan magnet pada posisi diam lalu menggosokkan ujung magnet ke permukaan batang besi.
    2. Menggosok setrika dengan magnet, yang perlu diperhatikan adalah penggosokan sebaiknya dilakukan berulang-ulang dalam satu arah dan kurang lebih lima menit.
    3. Anda dapat mendekatkan besi yang digosok dengan magnet ke logam lain untuk melihat apakah berfungsi.

    Metode Induksi

    Metode induksi dapat digunakan untuk membuat magnet yang bersifat sementara, caranya cukup mudah karena tidak cukup hanya dengan mendekatkan besi pada magnet yang kuat.

    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    1. Tempatkan batang besi pada dudukannya dengan posisi vertikal
    2. Selanjutnya letakkan beberapa peniti di bawah batang besi, kemudian letakkan magnet yang kuat di atas batang besi dan jepit dengan penyangga untuk mencegah perubahan posisi.
    3. Setelah itu, besi akan berubah menjadi magnet sehingga menarik benda-benda logam di sekitarnya.
    Jalur Elektromagnetik

    Cara membuat magnet yang ketiga adalah dengan cara elektromagnetisme, atau menyuplai listrik langsung ke setrika atau listrik DC melalui konduktor. Jika arus DC tidak tersedia, dapat diganti dengan arus AC tegangan rendah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    1. Pertama-tama, Anda perlu melilitkan kabel koil atau kawat besi di sekitar paku besi.
    2. Lepaskan kedua ujung kabel koil atau kawat besi dan sambungkan kedua ujung kabel ke kutub positif dan negatif aki.
    3. Dekatkan jarum-jarum tersebut pada paku besi yang melilitnya, maka besi tersebut akan menjadi magnet, paku besi tersebut akan menarik jarum-jarum yang berada didekatnya.
    Demikianlah pembahasan cara membuat magnet dengan cara yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah juga karena hanya perlu menggunakan besi atau setrika saja.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done