Dari mana API Apakah itu sangat penting dalam kehidupan manusia? Padahal, api merupakan sesuatu yang menyakitkan jika bersentuhan dengan kul...
Daftar Isi [Tampil]

    Dari mana API Apakah itu sangat penting dalam kehidupan manusia? Padahal, api merupakan sesuatu yang menyakitkan jika bersentuhan dengan kulit manusia atau hewan. Api tersebut dapat membakar kertas, bambu, kayu, bangunan dan berbagai benda yang ada di sekitarnya, apalagi jika terdapat minyak, bensin dan angin di area yang terbakar maka api akan mudah menyebar dan membesar.

    Namun tidak dapat dipungkiri bahwa api mempunyai banyak manfaat yang memudahkan kehidupan manusia. Tanpa api, manusia akan kesulitan membuat makanan, penerangan, dan sebagainya. Untuk lebih memahami betapa pentingnya api dalam kehidupan manusia, simak penjelasannya pada artikel ini.



    Peran Api dalam Kehidupan Manusia

    mengutip dari bukuPengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Indonesia, Bambang Hero Saharjo dkk (2018),Sumber kebakaran terdiri dari dua jenis yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia. Api batin mempunyai 5 manfaat kehidupan diantaranya adalah sebagai berikut:

    Baca Juga: Cara Menggunakan API Covid-19 Dari Kawalcorona Terbaru

    1. Sumber cahaya

    Api berfungsi sebagai sumber penerangan di malam hari, terutama di masa lalu ketika listrik belum ditemukan. Api yang menyala dapat menghasilkan cahaya sehingga kegelapan dapat teratasi dan masyarakat dapat beraktivitas pada malam hari. Contoh api sebagai sumber penerangan antara lain lampu minyak tanah, lentera, dan obor.

    2. sumber energi

    Selain sebagai sumber penerangan, api juga berfungsi sebagai sumber energi yang digunakan untuk membakar batu bara. Selain itu, api dapat menghasilkan uap yang dapat menggerakkan generator listrik.

    3. Untuk Kegiatan Berkemah

    Berkemah merupakan sebuah kegiatan yang mengajak kita untuk dekat dengan alam. Dalam hal ini, api mempunyai peranan penting dalam menunjang kegiatan tersebut.

    Sebab, api bisa digunakan untuk membuat api unggun, memasak makanan, dan melindungi dari serangan binatang buas.

    4. Kebakaran Hutan Alam

    Jika mendengar istilah kebakaran hutan, mungkin sebagian besar orang akan mengira hal tersebut terjadi karena ketidaktahuan adam. Bahkan ada pula fenomena kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam seperti petir.

    Fenomena ini jelas memberikan dampak positif bagi hutan, seperti menjaga keseimbangan ekologi, membersihkan organisme mati, dan memberikan ruang bebas bagi tumbuhnya tunas-tunas baru.

    Selain itu, unsur hara akan lebih cepat kembali ke dalam tanah sehingga menyebabkan tanah menjadi subur.

    5. Berguna untuk Memasak

    Api bermanfaat untuk membunuh bakteri pada daging mentah saat dimasak. Berbagai bakteri berbahaya dapat dibunuh dengan api, sehingga daging yang dimasak aman dikonsumsi manusia.

    Secara umum manfaat api adalah; sumber cahaya, sumber energi, memasak, mendukung kegiatan berkemah dan memfasilitasi kebakaran hutan alam. Aktivitas manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya api.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done