Ceritakan kepada kami tentang bentuk-bentuk kerja sama di bidang keamanan ASEAN! Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para pelajar atau ora...
Daftar Isi [Tampil]

    Ceritakan kepada kami tentang bentuk-bentuk kerja sama di bidang keamanan ASEAN! Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para pelajar atau orang-orang yang penasaran dengan organisasi kolaboratif di kawasan Asia Tenggara.

    Sebab ASEAN didirikan untuk meminimalisir permasalahan yang timbul dari interaksi antar negara di berbagai bidang, termasuk bidang keamanan. Dengan demikian, stabilitas dan perdamaian akan terjalin di antara negara-negara di ASEAN.


    Bentuk Kerja Sama Keamanan ASEAN

    Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, yang dikenal sebagai ASEAN, adalah organisasi negara-negara Asia Tenggara Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

    Prinsip dasar ASEAN adalah:
    • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, keutuhan wilayah, dan identitas nasional seluruh negara anggota ASEAN;
    • Komitmen bersama dan tanggung jawab bersama untuk memajukan perdamaian, keamanan dan kemakmuran di kawasan ASEAN;
    • Menolak agresi, ancaman, penggunaan kekerasan atau tindakan lain yang bertentangan dengan hukum internasional;
    • Mengutamakan penyelesaian sengketa secara damai, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara anggota ASEAN, menghormati kebebasan dasar, memajukan dan melindungi hak asasi manusia, serta memajukan keadilan sosial.
    Adapun bentuk kerjasama di bidangnya keamanan Seperti dikutip dari laman ASEAN - Indonesia Sekretariat ASEAN, Indonesia:


    SEANWFZ

    Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ) merupakan perjanjian yang ditandatangani pada KTT ASEAN di Bangkok pada tahun 1995 yang bertujuan untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang bebas senjata nuklir.

    TAC

    Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama Asia Tenggara (TAC) merupakan perjanjian yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. TAC memastikan penyelesaian konflik secara damai antar negara pihak.

    ADMM

    ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) merupakan platform kerja sama yang bertujuan untuk mengembangkan Confidence Building Measures (CBM) di antara para Menteri Pertahanan ASEAN.

    Selain itu, ADMM menjaga stabilitas perdamaian dan keamanan di kawasan melalui dialog dan kerja sama praktis.

    ADMM-Plus merupakan bentuk perluasan kerja sama ADMM Defense dengan mengikutsertakan 8 Negara Mitra Dialog ASEAN sebagai peserta, seperti Amerika Serikat, Australia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, Republik Korea (ROK), Selandia Baru. , India dan Rusia.

    ADMM-Plus memiliki 7 Kelompok Kerja Ahli (EWG):
    • Penanggulangan Bencana dan Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid and Disaster Relief/HADR)
    • Kedokteran Militer (Kedokteran Militer/MM)
    • Penghapusan Terorisme (Kontra-Terorisme/CT)
    • Keamanan Maritim (Keamanan Laut/MS)
    • Operasi Penjaga Perdamaian (PKO)
    • Pencegahan ranjau darat (Pekerjaan Ranjau Kemanusiaan/HMA)
    • Keamanan Siber (Keamanan Siber/CS)
    MERUMPUT

    Pejabat Senior ASEAN untuk Masalah Narkoba (ASOD), sebuah badan sektoral ASEAN untuk memerangi masalah narkoba di Asia Tenggara.

    ASOD merupakan pertemuan para pejabat senior ASEAN untuk bertukar informasi dan membahas permasalahan narkotika di kawasan.

    AICHR

    Komisi Hak Asasi Manusia Antarpemerintah ASEAN (AICHR) adalah lembaga hak asasi manusia komprehensif yang bertanggung jawab atas pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia di ASEAN.

    AICHR juga aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran hak asasi manusia dan membangun kapasitas para pemangku kepentingan, termasuk guru, jurnalis, aparat penegak hukum, untuk memasukkan dimensi hak asasi manusia ke dalam praktik profesi mereka.

    ASEAN ternyata memiliki banyak bentuk kerja sama di bidang keamanan. Dengan demikian, organisasi ini memberikan kontribusi yang besar terhadap keamanan anggota dan warganya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done