Dalam mengajar Islam Kebanyakan ibadah hendaknya diawali dengan pembacaan niat. Simaklah nasehat yang banyak diajarkan dalam Islam untuk men...
Daftar Isi [Tampil]

    Dalam mengajar Islam Kebanyakan ibadah hendaknya diawali dengan pembacaan niat. Simaklah nasehat yang banyak diajarkan dalam Islam untuk mencari ilmu agar mendapat keridhaan Allah.


    Padahal pelaksanaannya tergantung niat. Berikut sabda Rasulullah SAW:

    “Pahala segala amal tergantung niatnya, dan bagi setiap orang (pahalanya) tergantung apa niatnya; barangsiapa mau hijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya.” (SDM) . Bukhari).

    Mencari ilmu adalah kewajiban setiap orang Muslim Baik ilmu agama untuk keselamatan akhirat maupun ilmu duniawi untuk kesejahteraan hidup. Berkat kemudahan yang dibawa oleh teknologi, kini kita bisa belajar kapan saja, di mana saja.

    Salah satu dalil mencari ilmu terdapat dalam ayat Al-Quran berikut ini:

    “Hai orang-orang yang beriman! Jika dikatakan kepadamu: Beri tempat pada majelis, kemudian berilah tempat, niscaya Allah akan memberi tempat bagimu. Dan ketika dikatakan kepadamu: Berdirilah, lalu berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan mereka yang di antara kamu yang beriman dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Surat al-Mujadala, 11).

    Baca Juga: Ilmu Yang Mempelajari Klasifikasi Makhluk Hidup Disebut

    Mencari Ilmu dalam Islam Harus Dengan Niat Mencari Keridhaan Allah

    Diambil dari bukuTafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berdasarkan Al-Qur'an (P. 143),

    Kata seorang ustadz, pada suatu ketika, kami mencari ilmu dengan tujuan yang bukan karena Allah, maka gurunya menolaknya. Tentu saja kami tidak mencari ilmu karena Allah. Kata-kata ini seharusnya diartikan niat mencari ilmu, bagaimanapun juga harusnya karena Allah.”

    Niat karena Allah SWT merupakan salah satu dari tiga hal yang menjadi dasar mencari ilmu. Diantara yang lain,

    Niat beribadah kepada Allah SWT. Ketika Anda mencari ilmu, Anda seharusnya hanya mencari keridhaan Tuhan. Sebab Allah menjanjikan keutamaan bagi mereka yang gemar bekerja.

    Bertujuan untuk mengajar orang lain. Pencarian ilmu harus didasarkan pada tujuan menghilangkan kebodohan, diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, dilarang bagi kita untuk pelit ilmu terhadap orang lain.

    Bersikaplah gigih saat belajar. Bersabarlah dengan keyakinan bahwa suatu proses diperlukan ketika mencari informasi.

    Dengan pemahaman tentang iman Jika kita meyakini mengapa mencari ilmu harus hanya dengan niat mencari keridhaan Allah, maka langkah kita akan membuahkan hasil dan mudah.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done