Salah satu pandangan Pancasila tentang kehidupan manusia dalam bermasyarakat adalah harus adanya keselarasan, keselarasan dan keseimbangan a...
Daftar Isi [Tampil]

    Salah satu pandangan Pancasila tentang kehidupan manusia dalam bermasyarakat adalah harus adanya keselarasan, keselarasan dan keseimbangan antara individu dan masyarakat. Pancasila mengajarkan masyarakat untuk tidak hanya mengurus urusannya sendiri tetapi juga memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Landasan Negara ini bukan sekedar pelengkap kualitas, namun sebenarnya perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pandangan Pancasila perlu diimplementasikan, tidak hanya dijadikan teori. Mari simak penjelasannya agar lebih memahami contoh Pancasila dalam artikel ini.


    Fungsi Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Bermasyarakat

    mengutip dari buku Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi, Ketut Rindjin (2013), Pancasila Sangat ideal bila diterapkan dalam kehidupan pribadi dan sosial. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa segala aktivitas masyarakat Indonesia harus berpedoman pada falsafah Pancasila. Fungsi dasar negara sebagai pedoman hidup suatu bangsa adalah:
    • Pancasila dijadikan pedoman untuk menyelesaikan berbagai kendala yang muncul di masyarakat.
    • Pancasila dijadikan sebagai jalan penyelesaian permasalahan sosial, budaya, ekonomi dan politik untuk memajukan negara Indonesia.
    • Masyarakat Indonesia mempunyai acuan atau pedoman pembentukan jati diri berdasarkan cita-cita nasional.
    • Pancasila merupakan pandangan hidup yang mempertemukan manusia dari berbagai latar belakang.
    Keteladanan Pancasila Sebagai Pola Hidup Suatu Bangsa

    Di bawah ini adalah contoh cara pandang suatu bangsa terhadap kehidupan sesuai dengan kaidah Pancasila masing-masing:

    1. Allah SWT

    Ketuhanan Yang Maha Esa artinya setiap warga negara mempunyai Tuhan dan agama menurut keyakinannya masing-masing. Contohnya adalah memeluk agama yang diyakini dan tidak memaksakan agamanya kepada orang lain.


    2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

    Kemanusiaan yang Adil dan Beradab artinya bangsa Indonesia yang humanis dan berakhlak mulia. Contoh aplikasi tersedia kehidupan adalah memperlakukan semua orang secara adil, baik hati, dan beradab.

    3. kesatuan indonesia

    Prinsip Persatuan Indonesia mengacu pada bangsa Indonesia yang tetap bersatu meskipun banyak perbedaan. Contoh amalannya antara lain saling membantu, gotong royong, dan rela berkorban demi bangsa Indonesia.

    4. Kewarganegaraan dan Kebijaksanaan Berorientasi Pelayanan dalam Negosiasi Perwakilan

    Sila keempat Pancasila menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mendukung keputusan kolektif dan tidak memaksakan kehendak pribadi. Contoh praktiknya adalah negosiasi konsensus atau pemungutan suara untuk mencapai kesepakatan yang adil.

    5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

    Prinsip ini berarti bahwa setiap masyarakat berhak atas pemerataan akses terhadap kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur ekonomi. Contoh praktiknya antara lain tidak menggunakan sesuatu yang bukan milik Anda dan menghormati hak orang lain.

    Setelah menyimak penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa cara pandang masyarakat Indonesia terhadap Pancasila adalah dengan menggunakannya sebagai pedoman hidup. Keadilan dan kesejahteraan menanti di bawah tuntunan Pancasila adam dapat dilakukan secara setara.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done