Indonesia memiliki tiga perbatasan darat internasional negara tetangga. Negara anggota ASEAN yang berbatasan darat dengan Indonesia adalah M...
Daftar Isi [Tampil]

    Indonesia memiliki tiga perbatasan darat internasional negara tetangga. Negara anggota ASEAN yang berbatasan darat dengan Indonesia adalah Malaysia.

    Malaysia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang berbatasan darat dengan Indonesia. Papua Nugini dan Timor Timur, yang berbatasan darat bersama, bukan anggota ASEAN.


    Negara anggota ASEAN yang berbatasan darat dengan Indonesia adalah Malaysia. Berikut Ulasannya!

    ASEAN adalah perkumpulan negara-negara di Asia Tenggara. Negara-negara anggota ASEAN yang berbatasan darat dengan Indonesia adalah sebagai berikut.

    Malaysia merupakan negara anggota ASEAN yang berbatasan darat dengan Indonesia. Perbatasan kedua negara ini tepatnya berada di Pulau Kalimantan.

    Perbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia terbentang lebih dari 2.000 km. Ada dua negara bagian Malaysia di pulau itu: Sarawak dan Sabah.

    Baca Juga: Mengapa Negara-Negara Asean Merencanakan Asean Drug Free 2015

    Profil Negara Malaysia

    Indonesia dan Malaysia disatukan oleh satu keluarga sebagai negara tetangga yang disebut Melayu. Berdasarkan bukuSeri Negara ASEAN: Malaysia, Menurut Marfauzi (2021:6), berikut profil menarik negara Malaysia yang patut mendapat perhatian.

    1. Sejarah Kemerdekaan

    Pada tanggal 31 Agustus 1957, Federasi Malaysia, yang meliputi Malaya, Penang dan Melaka, memperoleh kemerdekaan dari Inggris Raya.

    Pada hari yang sama, kemerdekaan rakyat Malaysia diproklamasikan dengan diangkatnya Tuanku Abdul Rahman sebagai Perdana Menteri. Menteri.

    2. Modal

    Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur. Kuala Lumpur adalah rumah bagi Kantor Parlemen dan kediaman resmi Raja Malaysia.

    3. Lagu Kebangsaan

    Lagu kebangsaan Malaysia disebut Negaraku. Lagu Negaraku merupakan lagu resmi Kesultanan Perak bertajuk Semoga Tuhan Memanjangkan Usia Sultan.

    Lagu tersebut diciptakan dan digubah oleh komposer dan penulis lirik Indonesia bernama Saiful Bahri.

    4. Bendera

    Bendera nasional Malaysia disebut Jalur Gemilang. Terdapat 14 garis merah dan putih dengan ukuran yang sama. Garis tersebut melambangkan 13 negara bagian dan 1 Pemerintah Federal Malaysia.

    5. Lambang Negara

    Lambang nasional Malaysia sering disebut Jata Negara. Jata Negara terdiri dari perisai yang ditopang oleh dua ekor harimau. Di bagian bawah perisai terdapat garis yang menopang dua ekor harimau, dan semboyan negara tercetak di permukaannya.

    6. Slogan Nasional

    Aliansi Kualitas adalah semboyan negara Malaysia. Frasa ini muncul di bawah lambang nasional Malaysia.

    7. Mata uang

    Mata uang Malaysia adalah Ringgit Malaysia. Pada bulan Agustus 1975, mata uang Ringgit dengan kode nama MYR resmi dijadikan mata uang negara Malaysia.

    Negara-negara anggota ASEAN yang memiliki perbatasan daratIndonesia Itu adalah Malaysia. Mata uang negara ini adalah Ringgit dan merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 31 Agustus.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done