Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak tugas dapat diselesaikan dengan mudah komputer. Salah satu program yang harus dikuasai adalah...
Daftar Isi [Tampil]

    Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak tugas dapat diselesaikan dengan mudah komputer. Salah satu program yang harus dikuasai adalah Microsoft Excel. Fungsi utama program Microsoft Excel adalah membuat tabel data dan memanipulasi data.

    Selain yang telah disebutkan, masih ada beberapa fungsi Microsoft Excel lainnya. Dengan mempelajari Microsoft Excel, pekerjaan yang dilakukan di komputer akan lebih cepat dan efisien.



    Fungsi Utama Program Microsoft Excel

    Dikutip dari Buku Catatan Cerdas Microsoft Excel, Osman (2009) menyatakan bahwa Microsoft Excel dapat digunakan untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk seperti angka, tabel, atau grafik. Fungsi utama program Microsoft Excel adalah membuat tabel data dan memanipulasi data.

    Selain fungsi-fungsi ini, pengguna Microsoft Excel harus mengetahui fungsi lain dari program ini. Berikut penjelasan fungsi Microsoft Excel:


    1. Perhitungan data

    Pengguna program ini dapat memanfaatkan rumus dan fungsi yang disediakan seperti SUM, COUNT, AVERAGE dan lain-lain. Penghitungan data dapat dilakukan dengan cepat dan tepat menggunakan rumus-rumus yang tersedia.

    2. Mengedit data

    Microsoft Excel dapat digunakan untuk mengorganisasikan data sekaligus menghitung. Pengguna dapat menggunakan program ini untuk membuat daftar data dan tabel yang mudah dibaca. Untuk memudahkan pengguna, terdapat berbagai fitur seperti pengisian otomatis baris atau kolom dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya.

    3. Buatlah grafik

    Program Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik. Menariknya, pengguna dapat memilih jenis grafik yang diinginkan (misalnya diagram garis, lingkaran, atau batang). Label dapat ditambahkan untuk membuat representasi bagan lebih informatif.

    4. Analisis data

    Fungsi Microsoft Excel selanjutnya adalah menganalisis data. Program ini berisi fungsi atau rumus yang akan memudahkan pekerjaan penggunanya. Pengguna dapat melihat perbedaan data, persentase, nilai rata-rata, dll. bisa menghitung. Pengguna hanya perlu mengetahui fungsi yang sesuai.

    Fitur-Fitur Pada Microsoft Excel

    Seperti program Microsoft lainnya, Microsoft Excel memiliki berbagai fitur. Beberapa dari mereka:

    1. Lembar Kerja

    Lembar kerja di Microsoft Excel adalah sel dalam kolom dan baris. Pengguna dapat menggunakannya untuk memasukkan data dan melakukan perhitungan.

    2. Menyaring

    Fitur filter pada Microsoft Excel berfungsi untuk memfilter data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

    3. Formatnya

    Font, warna, batas, dll. di Microsoft Excel. Tersedia berbagai pilihan formatting yang berguna untuk mengubah tampilan, seperti:

    4. Fungsi Matematika

    Fungsi utama program Microsof tunggul adalah menghitung data. Fungsi matematika tersedia untuk memudahkan penghitungan data.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done