Organel Sel Yang Berfungsi Sebagai Tempat Respirasi Adalah - Diperkirakan tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang merupakan unit terke...
Daftar Isi [Tampil]

    Organel Sel Yang Berfungsi Sebagai Tempat Respirasi Adalah - Diperkirakan tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang merupakan unit terkecil organisme hidup. Harap dicatat bahwa setiap sel dibagi menjadi tiga bagian. Mulai dari membran sel, inti atau inti sel dan sitoplasma. Sitoplasma merupakan bagian penting dari sel.

    Sayangnya, tidak semua orang mengetahui apa fungsi sitoplasma. Padahal, bagian ini mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Lalu apa saja fungsi penting sitoplasma bagi tubuh? Yuk simak ulasannya di sini!


    Apa yang dimaksud dengan sitoplasma?

    Sebelum membahas tentang pentingnya fungsi sitoplasma bagi tubuh, ada baiknya Anda mengetahui lebih dalam apa yang dimaksud dengan sitoplasma. Sitoplasma adalah zat bening seperti gel yang terletak di dalam membran sel tetapi di luar membran inti. Secara umum, sitoplasma merupakan tempat organel sel dapat menjalankan fungsinya.

    Baca Juga: Bagian Kulit Yang Berfungsi Menghasilkan Keringat Ditunjukkan Oleh Nomor

    Berikut macam-macam organel sel yang terdapat pada sitoplasma dan fungsinya:

    1. Mitokondria

    Organel sel ini adalah salah satu dari beberapa organel seluler berbentuk bulat atau memanjang yang ditemukan pada sebagian besar eukariota dan terletak di luar nukleus. Mitokondria berfungsi sebagai tempat menghasilkan energi bagi sel melalui sintesis ATP (adenosin trifosfat) melalui respirasi sel. Energi yang dihasilkan nantinya adalah energi yang kaya akan lemak, protein dan enzim.

    2. Ribosom

    Ribosom adalah struktur antar sel yang terdiri dari RNA dan protein yang merupakan tempat sintesis protein dalam sel. Organel sel ini membaca rangkaian messenger RNA (mRNA) dan menerjemahkan kode genetik menjadi rangkaian asam amino spesifik yang terlipat menjadi rantai panjang protein.

    3. Endoplazmik Retikulum

    Ini adalah jaringan membran tempat protein dan molekul lain di dalam sel bergerak. Protein ini sebelumnya diproduksi di organel yang disebut ribosom. Perlu diketahui bahwa retikulum endoplasma merupakan organel terbesar di dalam sel. Organel ini terdiri dari dua jenis: retikulum endoplasma kasar dan halus.

    4. Aparat Golgi

    Aparat Golgi adalah kumpulan kantung datar kecil yang dibentuk oleh membran di sitoplasma. Mengenai fungsinya, aparatus Golgi menyiapkan protein dan molekul lipid (lemak) untuk digunakan di tempat lain di dalam dan di luar sel.

    5. Lisosom

    Organel sel ini berperan dalam berbagai proses sel, seperti pemecahan bagian sel berlebih. Lisosom juga berfungsi menghancurkan virus atau bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika sel-sel tertentu dalam tubuh rusak, lisosom juga dapat membantu sel-sel tersebut menghancurkan dirinya sendiri. Proses ini dikenal dalam istilah medis sebagai kematian sel terprogram atau apoptosis.

    Fungsi Sitoplasma Penting Bagi Tubuh

    Ada beberapa fungsi sitoplasma yang penting bagi tubuh, antara lain:
    • Sebagai perantara pengangkutan zat dari luar sel menuju organel (inti sel).
    • Ini bertindak sebagai pelarut untuk semua protein dan senyawa dalam sel.
    • Ini memberi bentuk pada sel.
    • Berfungsi sebagai tempat pemecahan dan penyusunan zat tertentu melalui reaksi kimia.
    • Ini berfungsi sebagai gudang bahan kimia yang penting untuk metabolisme sel.
    Ini menjelaskan banyak fungsi sitoplasma yang penting bagi tubuh. Mulai dari memediasi pengangkutan zat dari luar sel ke organel sel hingga berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan kimia yang penting untuk metabolisme sel. Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan memahami berbagai fungsi sitoplasma tentu merupakan suatu hal yang penting.

    Jadi pastikan Anda menerapkan pola hidup sehat seperti memenuhi asupan seluruh nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan menggunakan suplemen kesehatan.

    Nah, jika Anda membutuhkannya sekarang, Anda bisaPeriksa kebutuhan vitamin dan suplemen Anda melalui aplikasi Panduancode.com.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done