Sejarah Itu adalah kata yang sering digunakan ketika membahas masa lalu, asal usulnya, momen apa pun di masa lalu. Ia memiliki berbagai nama...
Daftar Isi [Tampil]

    Sejarah Itu adalah kata yang sering digunakan ketika membahas masa lalu, asal usulnya, momen apa pun di masa lalu. Ia memiliki berbagai nama tergantung pada sejarahnya. Salah satunya adalah istilah sejarah sebagai suatu peristiwa. Sejarah sebagai suatu peristiwa disebut juga sejarah obyektif murni. Simak ulasannya di bawah ini.


    Sejarah Sebagai Peristiwa Juga Disebut Sejarah

    Dua Arah dalam Sejarah

    Arti tanggal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada tiga.

    Arti sejarah menurut KBBI :
    • Asal usul silsilah (keturunan).
    • Peristiwa dan kejadian yang sebenarnya terjadi di masa lalu; sejarah; tambo
    • Pengetahuan atau gambaran tentang peristiwa dan kejadian yang sebenarnya terjadi di masa lalu; ilmu sejarah.
    Dilihat dari pengertiannya menurut KBBI, cukup jelas bahwa sejarah sebenarnya adalah gambaran peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau. Oleh karena itu, tidak heran jika sebagian besar dari kita memandang sejarah sebagai pengetahuan, seperti pengetahuan tentang proses perjuangan bangsa Indonesia demi kemerdekaan negeri ini.

    Baca Juga: Konsep Waktu Dalam Sejarah Mencakup 4 Hal Yaitu

    Jika berbicara tentang sejarah, Anda pasti setuju bahwa sejarah adalah peristiwa masa lalu. Namun, sejarah sebenarnya memiliki dua aspek. Kedua aspek tersebut adalah sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai cerita.

    Apa arti keduanya? Sejarah sebagai cerita adalah peristiwa masa lalu yang dihadirkan kembali; Sejarah sebagai peristiwa adalah kenyataan. Ismaun (1993: 279), mengutip jasa.upi.edu mengungkapkan, sejarah sebagai suatu peristiwa disebut juga sejarah sebagai realitas dan sejarah sebagai objektif.

    Sumardianta dkk. Dalam bukunya yang berjudulSejarah SMA/MA Kelas X Dijelaskan pula bahwa suatu peristiwa adalah suatu kegiatan yang terjadi atau terjadi pada masa lampau. Peristiwa penting dalam diskusi sejarah.

    Kemudian, perkembangan peristiwa tersebut dikaji dalam sejarah, mulai dari penyebab peristiwa hingga akibat yang ditimbulkannya. Namun, tidak semua peristiwa dapat digolongkan sebagai sejarah. Peristiwa yang dapat dikategorikan sejarah adalah peristiwa yang mempunyai kaitan atau hubungan dengan kehidupan adam dan pembangunan sosial.

    Sejarahnya cukup jelas aktivitas wah, ya? Sekian penjelasan kali ini, sampai jumpa lagi.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done