Waktu Penyerahan kedaulatan Indonesia dilakukan menyusul Konferensi Meja Bundar atau KMB. Sebagaimana diketahui, untuk memperoleh kedaulatan...
Daftar Isi [Tampil]

    Waktu Penyerahan kedaulatan Indonesia dilakukan menyusul Konferensi Meja Bundar atau KMB. Sebagaimana diketahui, untuk memperoleh kedaulatan negara sendiri membutuhkan proses yang panjang dan pengorbanan yang besar. Banyak jalan yang ditempuh para founding fathers bangsa untuk mencapai kemerdekaan seutuhnya dari penjajah. Oleh karena itu, generasi sekarang perlu memahami sejarah penyerahan kedaulatan Indonesia, agar mereka semakin memiliki rasa nasionalisme atau cinta tanah air. Lantas kapan saatnya negara Indonesia menyerahkan kedaulatannya? Simak rangkaian sejarah di bawah ini untuk mengetahuinya.


    Langkah Diplomatik Indonesia-Belanda

    Langkah diplomatis dilakukan melalui berbagai perundingan defensif dengan Belanda. kedaulatan Indonesia. Diplomasi ini berlangsung antara tahun 1946 dan 1949.

    mengutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pasti Bisa Dilakukan Tim Operasi Ganesha (2014) Perundingan tersebut antara lain Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville dan Konferensi Meja Bundar (1949).

    Upaya diplomasi ini tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Bahkan, Belanda melancarkan Serangan Militer Pertama pada tanggal 21 Juli 1947 hingga 5 Agustus 1947.

    Setelah serangan militer Indonesia Mencari bantuan dari organisasi internasional untuk kedaulatan yang disepakati bersama.

    Perundingan Renville berlangsung di atas kapal perang USS Renville yang berlabuh di Jakarta, dan menghasilkan jalan tengah berupa gencatan senjata dan tambahan wilayah Belanda.

    Namun perlu dicatat juga bahwa hasil perundingan tersebut merugikan Indonesia karena hilangnya wilayah strategis.


    Perjanjian Konferensi Meja Bundar

    Agresor Militer II menyebabkan Belanda banyak mendapat kecaman dari berbagai negara di dunia. PBB menanggapinya dengan mengeluarkan Resolusi 67 pada 28 Januari 1949. Isi keputusan tersebut adalah perintah untuk menghentikan permusuhan dan menyerahkan seluruh kedaulatan kepada Indonesia.

    Kemudian terjadi perundingan antara Belanda dan Indonesia yang menghasilkan Perjanjian Roem-Royen antara 14 April dan 7 Mei 1949.

    Isi Perjanjian Roem-Royen adalah kembalinya pemerintah Indonesia ke kota Yogyakarta, penarikan pasukan Belanda dari Yogyakarta, dan usulan diadakannya KMB di Den Haag, Belanda.

    berdasarkan catatan sejarah Oleh karena itu, KMB yang mengalami perkembangan lambat dan melelahkan, resmi dibuka pada tanggal 23 Agustus 1949. Pada tanggal 27 Desember 1949 terjadi penyerahan kedaulatan Indonesia setelah Konferensi Meja Bundar.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done