Pembahasan mengenai tipe otot manusia dalam IPA merupakan bagian yang penting untuk dipelajari. Penjelasan pada materi ini salah satunya men...
Daftar Isi [Tampil]

    Pembahasan mengenai tipe otot manusia dalam IPA merupakan bagian yang penting untuk dipelajari. Penjelasan pada materi ini salah satunya mengenai perbedaan otot polos, otot lurik, dan otot. jantung.

    Pada hakikatnya otot dapat berperan sebagai alat gerak yang aktif karena mempunyai kemampuan berkontraksi. Selain itu, hampir 40% berat tubuh manusia terdiri dari otot. Oleh karena itu, perlu diketahui perbedaan sifat berbagai jenis jaringan otot dalam tubuh.


    Perbedaan otot polos, otot lurik, dan otot jantung

    Berdasarkan buku Ilmu Biologi Jilid 2 untuk SMP dan MTs untuk Kelas VIII Menurut Saktiyono, (2007:49), otot manusia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu otot lurik (otot rangka), otot polos (otot polos) dan otot jantung, sesuai dengan bentuk, susunan dan cara kerja otot manusia. otot. Ketiga jenis otot ini memiliki bentuk sel dan sifat pergerakan.

    Berikut ini ulasan beberapa perbedaan otot polos, otot lurik, dan otot jantung pada tubuh.

    1. Format

    Otot polos terdiri dari sel-sel otot penyusunnya. membentuk bentuknya seperti gelendong dan cenderung memiliki ujung yang tajam.

    Selanjutnya otot lurik adalah otot yang bentuknya silindris atau berserat. Disebut otot lurik karena bila dilihat melalui mikroskop akan tampak garis-garis gelap mengkilat pada serabut otot.

    Omong-omong, otot jantung adalah otot yang membentuk organ jantung. Jika dilihat melalui mikroskop, jaringan ini menyerupai otot lurik, yaitu strukturnya berbentuk silinder namun bercabang.


    2. Jumlah Inti Sel

    Terdapat inti sel di tengah otot polos. Ada banyak inti sel di tepi otot rangka. Sedangkan pada sel otot jantung terdapat banyak inti sel di tengah serabutnya.

    3. Bagaimana Cara Kerjanya?

    Berfungsinya otot polos terjadi melalui gerakan yang tidak disadari. Otot polos bekerja perlahan namun teratur dan tidak cepat lelah.

    Otot lurik dapat bereaksi dengan cepat ketika ada rangsangan. Namun daya tahan kerja otot ini rendah. Otot lurik merupakan salah satu jenis otot yang bergerak secara volunter. Salah satu contohnya adalah otot-otot yang menempel pada rangka.

    Omong-omong, otot jantung juga merupakan jenis otot yang tidak disengaja. Otot ini merespons dengan cepat tetapi memiliki daya tahan kerja yang moderat. Contohnya adalah otot pada jantung.

    Demikianlah penjelasan perbedaan otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Ketiga jenis otot ini memiliki sifat yang berbeda-beda. Dengan memahami ulasan di atas, pembaca dapat lebih mudah mengenali berbagai jenis jaringan otot pada tubuh.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done