Padahal mereka belum bisa menulis, masyarakat prasejarah budaya dan teknologi yang maju. Sebagian besar alat yang digunakan pada tahap awal ...
Daftar Isi [Tampil]

    Padahal mereka belum bisa menulis, masyarakat prasejarah budaya dan teknologi yang maju. Sebagian besar alat yang digunakan pada tahap awal berasal dari batu. Inilah yang disebut zaman batu.

    Zaman Batu dibagi menjadi empat periode; Zaman Batu Tua (Paleolitikum), Zaman Batu Tengah (Mesolitikum), Zaman Batu Muda (Neolitikum), dan Zaman Batu Besar (Mesolitikum).

    Masa Neolitikum merupakan titik balik perkembangan kebudayaan manusia. Revolusi kebudayaan yang penting bagi peradaban manusia terjadi pada periode tersebut. Apa itu?



    Revolusi Kebudayaan Zaman Neolitikum

    Zaman Neolitikum atau Zaman Batu Muda di Indonesia, B.C. Itu terjadi sekitar 1.500 SM. hidup di era ini seorang yang bijaksana. Revolusi kebudayaan juga terjadi pada periode ini.

    Yang dimaksud dengan revolusi kebudayaan adalah perubahan menyeluruh yang terjadi secara cepat dan seiring berjalannya waktu. prasejarah Titik terakhir dimana masyarakat mulai menggunakan cara-cara baru untuk bertahan hidup.

    Kutipan dari buku Sejarah Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2014 Peralihan dari zaman Mesolitikum ke zaman Neolitikum menandai terjadinya revolusi kebudayaan. Pengumpulan makanan pergi memproduksi makanan. Masyarakat prasejarah tidak hanya mengumpulkan makanan, mereka juga berusaha memproduksi makanan dengan bertani.

    Kegiatan pertanian dilakukan pada masa mulai hidup, walaupun bersifat sementara. Mulai dari dokumen Laporan Aplikasi Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta Menurut Muhammad Syahdianto, saat itu masyarakat tinggal menetap di desa-desa yang dibangun tidak beraturan. Pada mulanya rumah mereka berukuran kecil dan atapnya terbuat dari daun.

    Ketika mereka hidup menetap dan menghasilkan makanan sendiri, gotong royong mulai berkembang. Ada juga perubahan pada peralatan yang digunakan sehari-hari. Peninggalan zaman Neolitikum antara lain:

    Lakukan Putih

    Kutipan dari buku Sejarah Indonesia Kapak berbentuk persegi yang besar disebut beliung atau cangkul (hoe). Beberapa bahkan diberi pegangan yang menyerupai cangkul zaman modern.

    Sedangkan yang lebih kecil disebut tarah atau tatah. Kapak persegi banyak ditemukan di kepulauan Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Jawa dan Bali.

    Baca Juga: Zaman Tertua Yang Ada Di Bumi Secara Geologis Yaitu

    Balta Oval

    Kapak oval mempunyai bentuk yang lonjong seperti telur. Selain itu, ujung kapak lonjong juga tajam, namun tidak setajam ujung panah. Kapak oval mempunyai fungsi yang hampir sama dengan kapak persegi. Penyebaran kapak jenis ini paling banyak terdapat di wilayah kepulauan Indonesia bagian timur, misalnya Papua, Seram, dan Minahasa.

    Mata Panah

    Mata panah terbuat dari batu yang diasah halus. Peralatan ini digunakan untuk berburu. Mata panah banyak ditemukan di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

    Tembikar

    Tembikar terbuat dari tanah liat dan mempunyai fungsi yang beragam. Salah satunya adalah penyimpanan makanan yang dikumpulkan masyarakat selama bertani.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done