Sumpah Pemuda Merupakan peristiwa yang sangat penting bagi bangsa Indonesia karena Janji Pemuda diciptakan untuk menumbuhkan semangat persat...
Daftar Isi [Tampil]

    Sumpah Pemuda Merupakan peristiwa yang sangat penting bagi bangsa Indonesia karena Janji Pemuda diciptakan untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda. Artikel ini akan menjelaskan jawaban atas pertanyaan mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Janji Pemuda.


    Bicara tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Janji Pemuda

    Sebelum membahas tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Janji Pemuda, Anda harus mengetahui terlebih dahulu suara dari Janji Pemuda. Kutipan dari buku Arti Kata Pemuda, Sri Sudarmiyatun, (2012) Sumpah pemuda tersebut diuraikan sebagai berikut.
    • Kami putra dan putri Indonesia mengaku satu darah, Tanah Air Indonesia.
    • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
    • Kami putra dan putri Indonesia mendukung bahasa Indonesia, bahasa persatuan.
    Banyak sekali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pernyataan tersebut dan pasti dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Berikut nilai-nilai luhur yang bisa diterapkan.


    Nasionalisme

    Sumpah Pemuda menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Jiwa nasionalisme Janji Pemuda mengajarkan kita untuk mencintai tanah air Indonesia, menjaga keberagaman dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

    Masyarakat

    Janji Pemuda mengajarkan kita bahwa persatuan adalah kunci keberhasilan bangsa Indonesia. Persatuan yang dimaksud adalah kesatuan antar suku, agama, dan budaya. Dalam Sumpah Pemuda, pemuda Indonesia bersatu untuk memperjuangkan satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air.

    Kemitraan

    Janji Pemuda mengajarkan pentingnya kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Saat itu, pemuda Indonesia tidak hanya bersatu dalam satu organisasi, namun juga bahu-membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

    Toleransi

    Janji Pemuda mengajarkan pentingnya toleransi antar suku, agama dan budaya. Pemuda Indonesia saat itu memiliki latar belakang sosial, agama, dan budaya yang berbeda-beda, namun mereka mampu saling menghormati dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

    Mengikat

    Sumpah Pemuda mengajarkan pentingnya persatuan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Persatuan yang dimaksud adalah persatuan pemuda Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

    Kejujuran

    Janji Pemuda mengajarkan pentingnya kejujuran dalam berbicara dan bertindak. Saat itu, pemuda Indonesia tak hanya berjanji akan bersatu, tapi juga berjanji akan mendukung kejujuran dan kebenaran.

    Semangat Patriotisme

    Janji Pemuda mengajarkan semangat patriotisme yang tinggi. Semangat patriotisme yang dimaksud adalah semangat memperjuangkan kemerdekaan. Indonesia dan cinta tanah air Indonesia.

    Demikianlah pembahasan jawaban atas pertanyaan tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sumpah pemuda.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done