Senam ritmik berada di bawah naungan PERSANI atau Persatuan Senam Indonesia. Induk organisasi Sasana ini didirikan pada tanggal 14 Juli 1963...
Daftar Isi [Tampil]

    Senam ritmik berada di bawah naungan PERSANI atau Persatuan Senam Indonesia. Induk organisasi Sasana ini didirikan pada tanggal 14 Juli 1963 dan dipimpin oleh R. Suhadi, presiden pertama Persani.

    Sejarah Senam masuk ke Indonesia pada tahun 1912, jauh sebelum organisasi induknya berdiri, dan diajarkan dengan menggunakan sistem Jerman. Sistem ini menekankan banyaknya kemungkinan gerak sebagai alat pendidikan, dan senam menjadi mata pelajaran wajib di sekolah pada saat itu.

    Senam ritmik merupakan gabungan dari: olahraga dan seni yang disebut juga senam ritmik. Olah raga ini dirancang sebagai olah raga yang memungkinkan tubuh mengikuti ritme sehingga tercipta satuan gerak yang teratur.

    Gerakan teratur atau terus menerus ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat seperti tali pengikat, tali, cincin dan bola. Karena Latihan Iramanya tergantung lagunya, jadi keteraturan gerakannya harus disesuaikan dengan irama lagunya. Setelah mengetahui senam ritmik Indonesia dibawah naungan Persani, berikut ulasan lengkapnya.
    Senam Ritmik berada dibawah naungan induk organisasi Persani

    Setelah mengetahui bahwa senam ritmik termasuk dalam payung yang didirikan pada tahun 1963, berikut ulasannya. jenis aliran senam dan beberapa jenis unsur senam ritmik, antara lain:


    Senam Irama Berada Dibawah Naungan

    1. Jenis Aliran Senam Ritmik

    Senam ritmik dibagi menjadi tiga cabang:

    Senam Ritmik Drama: Senam ini diciptakan oleh Francois Alexandre Nicolas Cheri Delsarte (1811-1871), yang merupakan seorang sutradara. Aliran ini ia ciptakan sebagai gerakan senam ritmik yang dilakukan sealami mungkin.

    Senam Ritmik Seni Musik: Olahraga dan bentuk seni ini berawal dari ide Emile Jaques-Dalcroze (1865-1950), seorang guru musik, untuk menciptakan lagu yang dapat diiringi gerakan.

    Tari Senam Ritmik : Rudolf von Laban (1879-1958) menjelaskan bahwa tari dapat merupakan salah satu bentuk senam ritmik.


    2. Unsur Senam Ritmik

    Jenis elemen yang perlu diperhatikan sebelum melakukan latihan ritmik adalah:

    Ketangkasan/Fleksibilitas

    Bagi atlet senam ritmik, ketangkasan atau kelenturan merupakan unsur pertama dan terpenting. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya luwes, cocok atau indah. Gerakan yang tenang dapat meningkatkan kelenturan dalam bergerak.

    Untuk mendapatkan kelenturan dalam senam ritmik, Anda perlu berlatih secara rutin dan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

    Kontinuitas/Kontinuitas

    Kontinuitas identik dengan susunan atau rangkaian. Oleh karena itu, senam ritmik memerlukan kesinambungan berdasarkan gerakan-gerakan yang disusun menjadi satu koreografi agar tercipta keselarasan.

    Sama seperti fleksibilitas, unsur kesinambungan memerlukan tekad yang besar dan latihan jangka panjang. Karena butuh banyak penyesuaian untuk menghafal beberapa gerakan agar sesuai dengan lagunya.

    Presisi

    Kepekaan antara lagu dan gerakan akan menciptakan keselarasan dalam memadukan ritme yang sesuai sehingga latihan dapat dilakukan dengan baik. Yang dimaksud dengan ritme dalam hal ini adalah ketukan atau jumlah gerakan dalam senam ritme.

    Karena senam ritmik memadukan olahraga dan seni, gerakannya harus diperhitungkan sesuai irama lagu; misalnya ritme yang tersedia adalah 2/4, 3/4, 4/4, dst.

    Senam ritmik berada di bawah naungan Persatuan Senam Seluruh Indonesia atau Persani. Inilah jenis-jenis aliran senam dan unsur-unsur senam ritmik. Semoga beruntung!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done