Takdir adalah sesuatu yang ditentukan oleh Allah SWT. Untuk setiap makhluk-Nya. dalam mengajar Islam, seseorang akan mengetahui nasibnya set...
Daftar Isi [Tampil]

    Takdir adalah sesuatu yang ditentukan oleh Allah SWT. Untuk setiap makhluk-Nya. dalam mengajar Islam, seseorang akan mengetahui nasibnya setelah orang mengalaminya secara langsung.

    Karena takdir adalah rahasia Allah yang tidak diketahui siapa pun. Lantas, apakah takdir bisa diubah atau diketahui? Untuk menjawab pertanyaan ini tentunya perlu mengacu pada Al-Quran dan Hadits.
    Seseorang akan mengetahui nasibnya setelah orang mengalaminya, berikut penjelasannya.


    Seseorang Akan Mengetahui Takdir Setelah Manusia

    Kutipan dari buku Kewiraswastaan, Ahmad Tohardi (2021:31), akan ada yang mengetahui nasibmu mulai sekarang adam Rasakan sendiri takdir atau apa yang telah Allah SWT gariskan.

    Dalam Islam, takdir terbagi menjadi dua: takdir yang tidak pasti dan takdir yang tidak jelas. Nasib Muallaq bisa berubah tergantung usaha atau usaha seseorang. Terkait dengan hal-hal duniawi seperti takdir, keberuntungan, jodoh, karir, kesehatan.

    Manusia diberi kebebasan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, namun hasil akhirnya tetap ditentukan oleh Allah SWT.

    Misalnya, seorang pelajar yang ingin menjadi seorang dokter harus berusaha belajar dengan giat dan tekun agar bisa lulus ujian masuk sekolah kedokteran. Tapi bisakah dia menjadi dokter? Tentu saja tidak.

    Dia mungkin gagal dalam ujian atau mungkin ada kendala lain yang menghalangi mimpinya. Atau dia berhasil menjadi dokter tetapi tidak puas dengan profesinya. Semuanya tergantung kehendak Allah SWT.

    Baca Juga: Manusia Dalam Sejarah Diposisikan Sebagai

    Allah SWT berfirman dalam ayat 11 surat Ra'd:

    Ayat ini menunjukkan bahwa hendaknya seseorang berusaha mengubah keadaannya menjadi lebih baik dan tidak boleh menyerah pada nasibnya saat ini. Namun usaha manusia tidak menjamin hasil karena semuanya bergantung pada kebijaksanaan Allah SWT.

    Takdir yang diberkati adalah takdir yang tidak dapat diubah atau dicegah oleh seseorang. Takdir ini berhubungan dengan hal-hal dunia lain. kematian, kebangkitan, surga, neraka, dll.

    Nasib ini tidak bisa diubah atau dihindari manusia karena sudah menjadi ketentuan mutlak Allah SWT. Misalnya kematian merupakan sebuah takdir yang pasti dialami oleh setiap makhluk hidup. Tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana dia akan mati.

    Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa seseorang akan mengetahui takdirnya setelah mengalaminya sendiri. Seseorang tidak dapat mengetahui nasibnya terlebih dahulu karena ini adalah rahasia Allah SWT.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done