Jelaskan tiga peran pemerintah dalam perekonomian! Tidak dapat dipungkiri bahwa pemerintah mempunyai peran besar dalam menjaga roda perekono...
Daftar Isi [Tampil]

    Jelaskan tiga peran pemerintah dalam perekonomian! Tidak dapat dipungkiri bahwa pemerintah mempunyai peran besar dalam menjaga roda perekonomian negara tetap berputar. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin meningkat, sehingga pemerintah mempunyai peran yang lebih besar dalam mengatur roda perekonomian. Apalagi perekonomian tergolong sektor yang mempunyai dampak besar terhadap kesejahteraan hidup banyak orang.

    Oleh karena itu, kebijakan yang diarahkan oleh pemerintah perlu dievaluasi secara cermat. Secara umum, negara mempunyai tiga peran penting dalam kegiatan perekonomian: produsen, konsumen, dan pengontrol perekonomian. Untuk lebih memahami role ini, simak penjelasannya di artikel ini.



    Tiga Peran Negara Dalam Perekonomian

    mengutip dari bukuEkonomi Publik, Bonaraja Purba dkk (2021),Pemerintah mengembangkan fungsi dasar perekonomian dalam dinamika pengelolaan sistem perekonomian dengan melaksanakannya, yaitu kebijakan fiskal.

    Peran negara dalam perekonomian Negara jadi seperti di bawah ini.

    1. Produsen

    Salah satu peran negara dalam kegiatan perekonomian adalah menjadi produktif. Tugas negara sebagai produsen adalah menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kepentingan umum. Produksi ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

    Misalnya PT PLN Persero menyediakan listrik, PT Pertamina menyediakan bahan bakar, PT Kereta Api Indonesia menyediakan jasa transportasi kereta api, dan lain-lain.


    2. Konsumen

    Negara juga mempunyai peran konsumen. Dalam memenuhi peran tersebut, pemerintah memerlukan sarana dan prasarana yang dapat menunjang sistem perekonomian.

    Misalnya pemerintah membeli alat tulis untuk keperluan bisnis, sehingga harus membelinya dari produsen tertentu.

    3. Pengendali Ekonomi (Regulator)

    Peran pemerintah sebagai regulator adalah menentukan kebijakan mengenai kegiatan perekonomian. Contoh kebijakan yang diterapkan antara lain kebijakan fiskal, moneter, dan ekonomi internasional.

    Pemerintah juga mempunyai peran penting dalam mengurangi kesenjangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah selalu berusaha membangun sistem perekonomian yang berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.

    Fungsi Negara Dalam Kegiatan Ekonomi

    Secara umum fungsi negara dalam kegiatan perekonomian adalah sebagai berikut:
    • Meningkatkan pertumbuhan bisnis.
    • Ia bertanggung jawab atas kemajuan ekonomi masyarakat.
    • Menjaga stabilitas perekonomian dengan membuat kebijakan.
    • Pengendalian harga dan inflasi.
    • Gunakan pendapatan pajak untuk membangun fasilitas umum.
    • Iming-iming pajak pajak langsung dan tidak langsung.
    Sekarang Anda tentu saja bisa menjawab pertanyaan yang menjelaskan peran pemerintah. ekonomi. Dengan begitu, wawasan di bidang ekonomi bisa bertambah.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done