Setiap orang perlu menunjukkan sikap empati. Terkadang orang mampu bertindak egois, individual, dan bertindak kejam. Tapi ingat, kita juga m...
Daftar Isi [Tampil]

    Setiap orang perlu menunjukkan sikap empati. Terkadang orang mampu bertindak egois, individual, dan bertindak kejam. Tapi ingat, kita juga makhluk sosial Mereka yang membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup.

    Sekarang,Salah satu cara membangun hubungan sosial adalah melalui empati. Cara ini dapat membantu seseorang memahami emosi orang lain sehingga dapat merespons situasi dengan tepat. Sikap ini hendaknya ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di sekolah.



    Memahami Empati

    Empati merupakan aspek penting dari kepribadian dalam hubungan interpersonal. mengutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Karakter Sekolah Menengah/MTs VII. Kelas Menurut Aris Abi Syaifullah dkk (2021), empati adalah keadaan mental yang memungkinkan seseorang merasa berada pada keadaan, emosi atau pikiran yang sama dengan orang lain.

    Dapat juga diartikan sebagai kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain dan mencoba memahami situasi dari sudut pandang orang tersebut.

    Sejalan dengan pandangan sebelumnya, D. Goleman dalam bukunya Kecerdasan emosional (1996) menyatakan bahwa empati adalah kemampuan memahami perasaan dan masalah orang lain, berpikir dari sudut pandang orang lain, dan menghargai perbedaan emosi dalam berbagai permasalahan.

    Kitapta Mulyadi Antara Teknologi dan Teologi Ia mengatakan, empati bisa berkembang jika seseorang menjauhi sikap egois, prasangka negatif, arogansi, dan acuh tak acuh terhadap orang lain.
    Argumen Tentang Empati dalam Islam

    Islam Ia sangat menganjurkan sikap empati karena merupakan kunci kehidupan yang harmonis. Jika semua orang menunjukkan sikap terpuji ini, ikatan uhuwah akan semakin kuat.

    Sugesti empati tersebut salah satunya terdapat dalam Surat Nisa ayat 8:

    “Dan jika pada saat pembagian itu hadir sebagian sanak saudara, anak-anak yatim dan orang-orang miskin, maka berilah mereka (hanya) hartanya dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada mereka.”

    Rasulullah SAW juga menegaskan bahwa umat Islam ibarat satu tubuh. Jika ada ketidaknyamanan di satu sisi, maka sisi lain juga akan merasakannya.

    “Orang beriman saling mencintai, saling menjaga, dan saling menghargai ibarat satu tubuh. “Jika salah satu bagian tubuh sakit, maka seluruh tubuh akan merasakan sakit, mungkin tidak bisa tidur, dan mungkin demam.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).


    Bagaimana Membangun Empati?

    Anak-anak harus diajarkan empati sejak dini. Tujuannya agar mereka mempunyai akhlak yang baik, akhlak yang baik dan akhlak yang mulia.

    Mengutip Aris Abi Syaifullah dkk (2021:51), empati terhadap orang lain artinya 1) peka terhadap perasaan orang lain; 2) Membayangkan diri Anda pada posisi orang lain; 3) Berusaha mengorbankan sesuatu yang bersifat pribadi dan 4) Membuat orang lain bahagia.

    Sikap ini perlu dipraktikkan dari waktu ke waktu, termasuk di sekolah. Sikap empati seseorang murid dapat dibuat sebagai berikut:
    • Kunjungi dan hibur teman yang sakit.
    • Ketika orang tua seorang teman meninggal, kita merasa sedih dan kehilangan, lalu kita berusaha menghibur teman kita.
    • Pinjamkan alat tulis kepada teman anda yang tidak mempunyai alat tulis.
    • Ketika siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam belajar, siswa lain membantu temannya dengan menjelaskannya dalam bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.
    • Berbahagialah jika temanmu mendapat kabar baik.
    • Bagikan rezeki Anda kepada orang-orang di sekitar Anda, terutama mereka yang membutuhkan.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done