Variasi Pola Lantai Diperlukan Agar - Banyak aspek yang dibutuhkan dalam menampilkan tari, baik tari tradisional maupun tari modern. Elemen ...
Daftar Isi [Tampil]

    Variasi Pola Lantai Diperlukan Agar - Banyak aspek yang dibutuhkan dalam menampilkan tari, baik tari tradisional maupun tari modern. Elemen penting untuk diterapkan adalah keberagaman pola tanah. Variasi pola lantai diperlukan agar tarian terlihat lebih indah.

    Pola lantai merupakan garis yang dijadikan acuan untuk dilintasi penari ketika naik ke atas panggung. Pola lantai merupakan pola yang dibuat untuk memudahkan penari bergerak, berpindah, atau meluncur ke berbagai posisi di atas panggung.

    Pola atau garis yang dimaksud adalah pola garis maya yang diciptakan oleh penari pada saat melakukan gerak tari. Model ini akan memudahkan penari dalam menyampaikan makna keindahan dalam setiap gerakan yang dilakukannya.



    Fungsi Pola Tanah

    Fungsi pola lantai adalah agar penari dapat mengatur gerak tarinya. Hal ini membuatnya lebih kompak dan konsisten. Pola lantai telah dikembangkan untuk meningkatkan penampilan tari. Namun dalam konstruksi pola lantai perlu diperhatikan berbagai hal seperti keberagaman pola lantai, makna pola lantai, jumlah penari, koreografi dan tempat pertunjukan.

    Tujuan Dari Pola Lantai

    Ada beberapa tujuan untuk membuat pola dasar:
    • Memastikan penari tidak bertabrakan dengan penari lain sehingga posisinya sinkron atau serasi.
    • Membedakan gerakan seni tari satu dengan yang lain.
    • Membuat tarian terlihat menarik. Pastikan penari muncul atau dilihat secara keseluruhan oleh penonton.
    • Penari bisa mendominasi panggung

    Jenis Pola Tanah

    mengutip dari buku 99% Berhasil Ujian Harian SD/MI Kelas 6 (2018), Perubahan pola lantai dilakukan oleh koreografer atau penata tari. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, jenis pola lantai diperlukan agar tarian terlihat indah. Perbedaan pola dasar adalah sebagai berikut:
    • Tata letak lantai horizontal: horizontal ke samping, kanan atau kiri.
    • Tata letak lantai vertikal: maju dan mundur.
    • Pola tanah melingkar: melingkar atau setengah lingkaran.
    • Tata letak lintas lantai: miring ke kiri atau kanan.
    Perbedaan diperlukan dalam pola dasar. Di dalam pamerannya bisa “lebih semarak” dan mendominasi suasana panggung. Penampilan para penari dapat ditampilkan sebaik-baiknya dengan memperhatikan perubahan pola lantai.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done