Pelajari daftar sungai yang digunakan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia untuk memperluas pengetahuan Anda tentang negara kita. ...
Daftar Isi [Tampil]

    Pelajari daftar sungai yang digunakan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia untuk memperluas pengetahuan Anda tentang negara kita.

    Sungai yang digunakan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia: sungai Merupakan aliran air yang memanjang pada permukaan tanah dan mengalir terus menerus dengan arah ke atas dan ke bawah.

    Ternyata ada sungai yang menjadi sarana transportasi utama di Indonesia, dan penjelasannya bisa Anda simak di artikel ini.

    Sungai-sungai di Indonesia dimanfaatkan untuk banyak hal; salah satunya transportasi, terutama yang luas dan dalam. Sungai-sungai yang digunakan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia adalah sebagai berikut.


    Sungai Yang Dimanfaatkan Sebagai Sarana Transportasi Utama Di Indonesia Yaitu

    1. Sungai Musi

    Sungai Musi mengalir di provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan. Panjangnya mencapai 720 km. Sejak zaman kerajaan Sriwijaya, sungai ini digunakan sebagai sarana transportasi utama.

    Sungai Musi mempunyai nama lain: Batanghari Sembilan. Dinamakan demikian karena ada delapan sungai kecil lainnya yang mengalir ke sungai ini. Muara sungai ini berada di Selat Bangka.

    Baca Juga: Konsep Geografi Yang Akan Muncul Dalam Mengkaji Fenomena Banjir Adalah

    2. Sungai Mahakam

    Sungai Mahakam berada di provinsi Kalimantan Timur dan bermuara di Ngarai Makasar. Panjangnya mencapai 920 km. Sungai ini telah digunakan sebagai sarana transportasi oleh masyarakat setempat sejak zaman dahulu.

    3. Sungai Kapuas

    Sungai Kapuas mengalir di provinsi Kalimantan Barat. Panjangnya mencapai 1.143 km dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Muara sungai ini berada di Ngarai Karimata.

    4. Batanghari Nehri

    Sungai Batanghari mengalir di provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Panjangnya mencapai 800 km. Sungai ini telah digunakan sejak zaman Kerajaan Melayu.

    Namun kini sungai tersebut semakin dangkal. Artinya sungai ini tidak bisa dilintasi kapal besar. Hanya digunakan oleh penduduk setempat dengan perahu kecil.

    5. Sungai Barito

    Sungai Barito mengalir di provinsi Kalimantan Tengah dan bermuara di Laut Jawa di Kalimantan Selatan. Panjang sungai ini mencapai 900 km. Sungai ini sudah lama digunakan untuk transportasi masyarakat setempat.

    Saat ini, ketika transportasi darat dan udara semakin banyak digunakan, transportasi sungai tidak lagi menjadi perhatian utama. Sebaliknya angkutan sungai lebih banyak digunakan untuk pariwisata, misalnya sungai Musi.

    Apakah Anda ingin mencoba menghabiskan liburan Anda dengan perahu di sungai ini? Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

    Itulah beberapa sungai yang dijadikan fasilitas transportasi umum Hal terpenting yang bisa disampaikan komputer di Indonesia.

    Dari penjelasan di atas terlihat jelas bahwa sungai yang digunakan sebagai sarana transportasi sebenarnya adalah sungai yang besar dan dalam.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done