Litosfer atau lapisan kulit Tanah Berasal dari kata litos yang berarti batu dan bola/sphaira yang berarti lingkaran. Jika digabungkan, litos...
Daftar Isi [Tampil]

    Litosfer atau lapisan kulit Tanah Berasal dari kata litos yang berarti batu dan bola/sphaira yang berarti lingkaran.

    Jika digabungkan, litosfer berarti lapisan batuan atau kulit bumi yang mengikuti bentuk bumi, yakni membulat. Selain itu, ketebalan lapisan ini kurang lebih 1200 km.

    Kutipan dari buku Geografi Kelas X menurut Ruswanto dkk. Litosfer bumi terdiri dari beberapa lempeng kaku. Litosfer mempunyai lapisan tipis yang disebut atmosfer. Lapisan ini juga terdiri dari batuan mineral.

    Litosfer mempunyai peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup seperti tumbuhan karena komposisinya yang terdiri dari batuan dan mineral. Selain itu, litosfer terbagi menjadi dua lapisan: lapisan sial dan lapisan simal.

    Lapisan sial merupakan lapisan kerak bumi yang terdiri dari logam silikon dan alumunium, senyawanya berupa SiO2 dan Al2O3.

    Lapisan Sima merupakan lapisan kerak bumi yang tersusun dari logam silikon dan magnesium berupa senyawa SiO2 dan MgO.



    Komposisi litosfer dari dalam hingga permukaan bumi

    Lantas, bagaimana komposisi litosfer dari dalam hingga permukaan bumi? Penjelasannya ada di bawah ini.

    1. Inti bumi

    Mengutip dari majalah tentang Struktur tanah Menurut Guruh Sukarno Putra, inti bumi memiliki kedalaman kurang lebih 2900-6371 km. Inti bumi terdiri dari dua jenis: inti luar dan inti dalam.

    Berdasarkan data geofisika, material inti bumi memiliki berat jenis yang sama dengan meteorit logam yang terdiri dari besi dan nikel. Inti luar dan inti dalam terpisah satu sama lain.diskontinuitas lehman.

    inti(Inti)Ini adalah pusat bumi bulat dengan diameter sekitar 2.700 km. Inti bagian dalam ini terdiri dari nikel dan besi (NiFe) yang suhunya mencapai 4.500°C.

    Baca Juga: Sebutkan Contoh Fenomena Yang Dibahas Dalam Teks Eksplanasi

    inti luar (inti luar)Tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri dari besi cair yang suhunya mencapai 2.200°C.

    2. Mantel bumi

    Menurut majalah itu Peningkatan Penguasaan Konsep Struktur Tanah dan dalam The Sun karya Rahmawati, mantel bumi bisa disebut juga selimut bumi.

    Mantel bumi merupakan batuan yang mengandung silikon. oksigen dan juga aluminium. Selain itu, suhu di dalam mantel bumi mencapai 3.000°C.

    3. Ledakan yang diperlukan

    Kerak bumi merupakan lapisan terluar kulit bumi. Lapisan ini merupakan lapisan paling tipis dan terdingin. Biasanya, suhu kerak bumi bisa mencapai 1.100°C.

    Pada lapisan ini terdapat pegunungan, sungai, lautan, dan daratan hingga ke permukaan kerak bumi. makhluk hidup untuk tetap tinggal dan melakukan aktivitas yang relevan.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done