Berdagang internasional Ini adalah aktivitas yang tidak bisa dihindari oleh suatu negara. Setiap negara harus menjalin hubungan tersebut unt...
Daftar Isi [Tampil]

    Berdagang internasional Ini adalah aktivitas yang tidak bisa dihindari oleh suatu negara. Setiap negara harus menjalin hubungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan penduduknya yang tidak dapat dipenuhi di negaranya sendiri.

    Di sisi lain, perdagangan internasional dapat memberikan keuntungan bagi suatu negara dalam berbagai bidang, mulai dari ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Lalu apa tujuan perdagangan internasional? Simak jawabannya di bawah ini.


    Tujuan Perdagangan Internasional

    Tujuan perdagangan internasional yang dikutip dari buku tersebut adalah: Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XIDr. Ditulis oleh. Alam S., MM:

    Baca Juga: Manfaat Perdagangan Antar Pulau

    1. Meningkatkan Devisa

    Jika Anda mengekspor suatu barang, negara tersebut membayarnya dengan dolar AS, yen, won, dll. menerima mata uang seperti.

    Mata uang ini bisa disebut mata uang asing. Oleh karena itu, devisa dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk impor modal dan barang konsumsi.

    2. Memperluas Peluang Usaha

    Perdagangan internasional dapat memperluas kesempatan kerja di suatu negara. Sebab, ada pertumbuhan produksi dalam negeri sehingga mengharuskan perusahaan menambah faktor produksi tenaga kerja.

    3. Meningkatkan Kualitas Konsumsi

    Melalui perdagangan internasional, masyarakat dapat membeli barang-barang yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri atau yang kualitasnya tidak sebaik produk luar negeri.

    Hal ini dapat mendorong industri dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produk dan bersaing secara internasional.

    4. Meningkatkan hubungan persahabatan antar negara

    Hubungan antar negara dapat terjalin melalui perdagangan internasional. Jika hubungan ini terjalin dengan baik maka hubungan persahabatan antar negara-negara tersebut juga dapat berkembang. Alhasil, mereka bisa saling membantu jika ada kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya.

    5. Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

    Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat didukung melalui perdagangan internasional. Hal ini karena perdagangan memungkinkan suatu negara mengimpor mesin atau peralatan modern untuk menghasilkan produk yang lebih baik.

    Teknologi modern ini akan meningkatkan produktivitas dan mengkhususkan produksi.

    Apa itu Perdagangan Internasional?

    mengutip dari bukuperdagangan internasionalMenurut Wahono Diphayana (2018), perdagangan adalah pertukaran barang dan jasa atau uang yang saling menguntungkan berdasarkan kemauan sukarela masing-masing pihak.

    Sedangkan perdagangan internasional dapat diartikan sebagai transaksi komersial antar pihak yang berasal lebih dari satu negara.

    Mengekspor produk dari satu negara ke negara lain, membeli bahan mentah dari negara tetangga, dan berinvestasi dalam pembangunan pabrik di luar negeri dapat dijadikan contoh.
    Jenis Perdagangan Internasional

    Ada berbagai jenis perdagangan internasional, antara lain:

    1. Perdagangan Daerah

    Perdagangan regional adalah perdagangan yang melibatkan lebih dari satu pelaku negara di daerah tertentu. Seringkali negara-negara yang terlibat dalam perdagangan regional memiliki wilayah tetangga.

    2. Perdagangan Biner

    Perdagangan ini dilakukan oleh dua negara. Kedua negara akan menandatangani perjanjian kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

    3. Perdagangan Multilateral

    Bentuk perdagangan ini melibatkan dua pihak atau lebih. Sebagian besar perdagangan multilateral berbentuk pasar yang transparan, adil, akuntabel, dan efisien.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done