Siapa yang nonton film Laskar Pelangi yang diangkat dari salah satunya? Roma? Apa yang dimaksud dengan novel tentu terdengar familiar bukan?...
Daftar Isi [Tampil]

    Siapa yang nonton film Laskar Pelangi yang diangkat dari salah satunya? Roma? Apa yang dimaksud dengan novel tentu terdengar familiar bukan? Anda mungkin pernah melihatnya setidaknya di perpustakaan atau toko buku. Namun tidak ada salahnya mengetahui apa arti novel dalam bahasa Indonesia, ciri-cirinya, dan unsur kebahasaan novel.



    Pengertian Novel dan Unsur Linguistiknya

    Kutipan dari buku Kajian Strukturalisme Genetik dalam Novel Bertema Religiusitas, Dadi Waras Suhardjono (2021: 25) memahami Novel adalah karya sastra yang dihasilkan berdasarkan karangan dan imajinasi pengarang. Novel juga dapat diartikan sebagai jenis prosa yang memuat alur, pelaku, latar fiksi yang menampilkan kehidupan manusia dilihat dari sudut pandang pengarang, nilai-nilai yang diolah melalui penceritaan, dan tindakan yang diungkapkan dalam bentuk tulisan.

    Baca Juga: Berikut Ini Yang Termasuk Dalam Kategori Buku Fiksi Adalah

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, novel adalah suatu karangan prosa panjang yang memuat rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang disekitarnya, menonjolkan watak dan sifat masing-masing pelakunya.

    Novel ini memiliki beberapa keistimewaan elemen Bahasa yang membedakannya dengan karya sastra lainnya:
    • Kata ganti orang merupakan salah satu ciri kebahasaan dalam novel; Pengarang tidak selalu menyebut nama tokoh, melainkan menggunakan kata ganti orang pertama, kedua, atau ketiga.
    • Kalimat deskripsi setting adalah kalimat rinci yang menggambarkan waktu, tempat, dan suasana sehingga pembaca dapat merasakan apa yang ingin disampaikan penulis dan menangkap imajinasinya.
    • Kalimat deskripsi penokohan dalam novel akan diberikan sebagai kalimat yang menjelaskan secara rinci tokoh, mulai dari ciri fisiknya, mulai dari ciri psikisnya, dan diakhiri dengan cara ia berhubungan dengan lingkungannya.
    • Jika dalam novel hanya terdapat kalimat deskriptif, maka kehadiran kalimat dialog bertujuan agar pembaca tidak bosan.
    Nah, sudahkah Anda menjelaskan pengertian novel dan unsur kebahasaan yang membedakannya dengan jenis tulisan lainnya? Jika Anda tertarik untuk menulis novel sendiri, setidaknya Anda sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan saat menulis novel.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done