Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui. Apalagi bagi yang sering menyimpan file atau data...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui. Apalagi bagi yang sering menyimpan file atau data di flashdisk, flashdisk yang rusak atau tidak terbaca pasti bisa membuat pusing.

    Bagaimana tidak, misalnya saja flash disk yang berisi data-data penting atau kumpulan foto dan video tiba-tiba rusak atau tidak terbaca saat disambungkan ke komputer atau laptop.

    Bagi Anda yang tidak ingin khawatir, langkah paling mudah adalah dengan memformat flashdisk. Biasanya langkah ini dapat memperbaiki flash disk yang rusak/tidak terbaca dan membuat flash disk dapat terbaca kembali. Namun hal ini tentu saja berarti Anda harus membiarkan isi flash disk tersebut hilang.

    Pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Namun ingat, langkah ini tidak 100% berhasil karena tergantung dari masalah atau kerusakan pada flashdisk dan bukan jaminan 100% data anda akan kembali.


    Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

    Ada beberapa penyebab atau penyebab mengapa flashdisk bisa rusak dan tidak terbaca oleh komputer atau laptop. Tidak hanya untuk flash disk, hal berikut juga berlaku untuk perangkat penyimpanan sejenis seperti harddisk eksternal.

    Penyebab flashdisk tidak terbaca error adalah sebagai berikut:

    korupsi data

    Alasan paling umum mengapa flash disk menjadi tidak terbaca mungkin karena kelalaian Anda sendiri. Hal ini biasanya terjadi saat Anda melepas flash disk padahal sedang ada proses transfer data yang berjalan di waktu yang bersamaan.

    Misalnya Anda membuka suatu file dari flash disk, lalu tanpa mengikuti cara yang benar, Anda langsung melepas flash disk dari port USB tanpa menutup file tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan data dan kesalahan flash disk.

    Pemadaman Listrik Mendadak

    Keadaan yang hampir sama dengan penyebab pertama ini biasanya disebabkan oleh matinya komputer atau laptop secara tiba-tiba saat sedang menggunakan flash disk. Situasi paling umum adalah ketika listrik padam saat proses transfer file, misalnya saat menyalin data ke flash disk.

    Hal ini juga dapat menyebabkan flash disk rusak dan semua data di dalamnya tidak dapat terbaca.

    Perangkat lunak perusak/Virus

    Hal ini tidak dapat dipungkiri, dengan adanya flash disk Anda dapat dengan mudah memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Namun, proses ini mempunyai risiko; Artinya, flash disk tersebut terinfeksi virus atau malware.

    Flashdisk yang terinfeksi virus atau malware tidak hanya berisiko membuat flashdisk sulit atau tidak terbaca, tapi juga menyebabkan PC atau laptop ikut terinfeksi.

    Flash disk tidak bisa terbaca karena port USB rusak

    Bukan tidak mungkin salah satu penyebab flash disk tidak bisa terbaca adalah rusaknya port USB di PC atau laptop.

    Flashdisk Bermasalah/Palsu

    Hal ini biasanya disebabkan oleh flashdisk yang menggunakan komponen bekas sehingga tidak dapat bertahan lama. Jika Anda membeli flash disk dengan harga yang tidak masuk akal, bukan tidak mungkin dikatakan bahwa flash disk tersebut “palsu” karena menggunakan komponen bekas dan membuat flash disk tidak terbaca dalam penggunaan jangka pendek.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Lcd Hp Bergaris Baca Juga: Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak & Tidak Bisa Berputar

    Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

    Tergantung pada jenis penyebab masalahnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki flash drive yang tidak terbaca atau mencoba membukanya. Misalnya:

    1. Anda bisa mencoba menyambungkan flashdisk ke port USB lain, kemungkinan port USB pertama yang Anda gunakan rusak sehingga flashdisk tidak bisa terbaca.

    2. Coba sambungkan flash disk ke PC atau laptop lain. Adanya masalah pada sistem operasi bisa membuat flash disk tidak terbaca. Jadi tidak ada salahnya mencoba memasukkan flash disk tersebut ke perangkat lain.

    Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba Repairing Logical Errors untuk memeriksa masalah pada flash disk. Metode:

    1. Hubungkan flash disk ke PC atau Laptop

    2. Buka Komputer Saya / PC Ini

    3. Di PC atau Laptop anda akan melihat drive penyimpanan seperti C, D dan salah satunya adalah Removable Disk yang merupakan flash disk anda.

    4. Klik kanan pada disk yang dapat dilepas dan pilih properti

    5. Pilih Tab Alat dan pilih Periksa

    6. Windows akan menjalankan pemindaian untuk mencari kesalahan

    7. Jika ditemukan kesalahan, ikuti langkah atau petunjuk yang diberikan untuk mencoba memperbaiki flash drive.

    Jika beberapa cara di atas tidak berhasil atau flash disk tidak terbaca karena virus, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencoba memformat flash disk. Tentu saja hal ini akan menyebabkan file atau data yang ada di dalam flashdisk akan hilang.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done