Memahami Globalisasi – Orang bilang dunia semakin kecil. Anda dapat pergi ke mana saja dalam hitungan menit. Kita bisa bersama semua orang....
Daftar Isi [Tampil]

    Memahami Globalisasi – Orang bilang dunia semakin kecil. Anda dapat pergi ke mana saja dalam hitungan menit. Kita bisa bersama semua orang. Berita dari luar negeri juga bergema di dalam negeri. Bahkan virus yang jauh dari Negeri Tirai Bambu bisa menjangkau desa-desa terpencil di Indonesia. Semua ini adalah dampak globalisasi.


    Terhubung dengan siapa pun tanpa memakan waktu lama karena internet adalah andalan kami. Kalau mau lihat ada dimana, klik saja. Kalau mau makanan Jepang, tidak perlu terbang ke Jepang. Kalau mau baju artis korea gak usah repot-repot.

    Banyak hal yang mudah menjadi viral karena mudah menyebar. Banyak orang menjadi terkenal seketika karena aksinya ditonton banyak orang. Itu semua karena globalisasi. Apa itu globalisasi? Bagaimana globalisasi bisa terjadi? Apakah globalisasi mempunyai dampak? Bisakah kita mengambil manfaat dari globalisasi? Apa contoh globalisasi?

    Baca Juga: Pengertian Demokrasi Sejarah dan Praktek di Indonesia

    Memahami Globalisasi

    Globalisasi merupakan penyebaran pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain, sehingga batas-batas suatu negara tidak dapat ditentukan dengan jelas.

    Globalisasi merupakan suatu proses integrasi internasional yang terjadi akibat perubahan pandangan dunia, produk, gagasan dan unsur budaya lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk munculnya telegraf dan Internet, merupakan faktor penting dalam globalisasi, yang semakin mendorong saling ketergantungan kegiatan ekonomi dan budaya.

    Banyak orang yang percaya bahwa globalisasi dimulai pada era modern; Beberapa ahli bahkan berhasil menelusuri sejarah globalisasi hingga sebelum era penjelajahan dan pelayaran Eropa ke Dunia Baru. Ada pula ahli yang menyatakan bahwa globalisasi mungkin sudah mulai muncul pada milenium ke-3 SM.

    Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, keterhubungan ekonomi dan budaya dunia terjadi dengan sangat pesat. Istilah globalisasi mulai lebih sering digunakan sejak pertengahan tahun 1980an dan lebih sering digunakan sejak pertengahan tahun 1990an.

    Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengklasifikasikan empat aspek utama globalisasi: perdagangan dan transaksi, pergerakan modal dan investasi, migrasi dan pergerakan manusia, dan pembebasan informasi.

    Selain itu, permasalahan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air dan udara lintas batas, serta penangkapan ikan berlebihan di lautan juga terkait dengan globalisasi. Proses globalisasi pada akhirnya mempengaruhi dan dipengaruhi oleh dunia usaha dan tata kerja, perekonomian, sumber daya sosial budaya dan lingkungan alam.

    Di Indonesia, kita dapat melihat cara pandang yang dapat memicu keterbukaan dan kejelasan wacana arah pembangunan ekonomi akibat globalisasi, yang dapat kita baca dalam buku Grameds, Globalization, Constitutional Economics, dan Economic Novels.

    Pada dasarnya pengertian globalisasi sebenarnya tidak mempunyai definisi yang pasti selain sekedar definisi kerja, sehingga tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Globalisasi dipandang sebagai proses sosial atau proses sejarah atau proses alam yang akan semakin menghubungkan seluruh bangsa dan negara di dunia, menghilangkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya, menciptakan tatanan kehidupan baru atau kesatuan hidup berdampingan. masyarakat..

    Globalisasi identik dengan istilah global village, dimana batas-batas negara terhapus atau bahkan hilang akibat kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi, dengan kata lain batas negara menjadi hilang. Mengapa batas-batas negara dihapuskan atau bahkan dihilangkan? Batas negara dikatakan hilang karena setiap orang dapat dengan mudah mengunjungi negara mana pun yang mereka inginkan berkat sarana transportasi modern.

    Selain itu, komunikasi antar masyarakat yang berbeda negara dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan alat komunikasi dan jaringan internet. Batas negara dikatakan hilang karena saat ini ketika kita membutuhkan suatu barang, kita bisa dengan mudah menemukan barang-barang komersial sekalipun dari luar negeri. Dalam sekejap, produk apa pun bisa dipesan hanya dengan olah jari.

    Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor yang dapat dianggap positif dalam globalisasi. Banyak manfaat yang diperoleh dari perkembangan ilmu pengetahuan, yang selanjutnya mengarah pada inovasi-inovasi di bidang teknologi. Seperti teknologi perpesanan.

    Kalau dulu kita harus ke kantor pos untuk mengirim berita, perlu waktu beberapa hari agar pesan sampai melalui pos. Jika ingin sedikit lebih cepat, Anda dapat menggunakan telegram, tetapi hanya sedikit berita yang dikirimkan melalui telegram.

    Apalagi kantor posnya jauh dari rumah. Untuk sampai ke sana membutuhkan usaha. Namun keseruannya benar-benar tak tergantikan. Menjelang hari raya, kantor pos akan kebanjiran pesanan pengiriman kartu hari raya. Kita bisa mengirimkan kartu liburan kepada keluarga jauh atau rekan kerja. Kita juga akan senang mendengar suara tukang pos yang mengantarkan kartu liburan kepada kita.

    Saat ini kita bisa dengan mudah berkirim pesan bahkan bertatap muka dalam hitungan detik hanya dengan menggunakan teknologi seperti smartphone yang terkoneksi internet. Kalau hari libur, pamit tinggal copy paste postingan seseorang, kalau dibagikan. Pesan kami diterima dalam beberapa detik.

    Sama seperti transportasi, perkembangan teknologi mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi seperti ojek online. Kini masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di kota-kota besar dengan mobilitas tinggi akan sangat merasakan manfaat dari aplikasi layanan ojek online ini.

    Akibat globalisasi ini, banyak hal menjadi serba instan dan semakin memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan, dan berbagai ilmu pengetahuan yang berkembang seiring dengan globalisasi juga dibahas dalam buku Globalization is a Myth karya Paul Hirst.

    Baca Juga: Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Ciri, Beserta Contohnya

    Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

    1. Selo Soemardjan

    Selo Soemardjan percaya bahwa “globalisasi adalah pembentukan komunikasi dan organisasi antara berbagai masyarakat yang bertujuan untuk mengikuti aturan baru yang sama di seluruh dunia.”

    2.Anthony Giddens

    Anthony Giddens mengatakan: “Segala sesuatu yang terjadi, yaitu hubungan sosial, pada akhirnya terpusat antar manusia di dunia ini dan menghubungkan peristiwa satu dengan peristiwa lainnya, sehingga menimbulkan pengaruh timbal balik antara satu wilayah dengan wilayah lainnya, sehingga berbagai aspek kehidupan antara kedua wilayah tersebut berkembang secara luas.” .”

    3. Cochrane dan Ağrı

    Cochrane dan Pain menyatakan bahwa globalisasi ditandai dengan munculnya sistem budaya dan ekonomi global yang dapat membawa masyarakat dari seluruh dunia menjadi satu masyarakat yang tumbuh secara global.

    4. Perairan Malcom

    Malcom Waters menyatakan bahwa globalisasi merupakan suatu proses sosial yang lambat laun kehilangan maknanya dalam kondisi sosial budaya dan dapat mengakibatkan munculnya batasan-batasan geografis dalam kesadaran setiap orang.

    Baca Juga: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli? Inilah Penjelasannya!

    Jenis-Jenis Globalisasi

    Setelah membahas pengertian globalisasi, maka permasalahan yang perlu dibahas adalah jenis-jenis globalisasi. Ruang lingkup globalisasi meliputi globalisasi transportasi, globalisasi ekonomi, globalisasi sosial budaya, globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi komunikasi, dan lain-lain. Ini sangat luas.

    Globalisasi transportasi

    Dengan adanya globalisasi, sektor transportasi akan terus mengalami perubahan, dan transportasi umum akan terus berkembang. Dalam hal ini perkembangan transportasi akibat globalisasi dapat meliputi transportasi darat, laut, dan udara. Berkat globalisasi, pengiriman barang dari suatu daerah ke daerah lain akan semakin cepat.

    Globalisasi ekonomi

    Jenis globalisasi yang kedua adalah globalisasi ekonomi, jenis globalisasi ini bisa kita lihat karena dua negara atau lebih melakukan perdagangan internasional. Bahkan, berkat globalisasi ekonomi, seseorang tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli suatu barang.

    Globalisasi Budaya

    Sesuai dengan pengertian globalisasi, jenis globalisasi selanjutnya adalah globalisasi budaya. Sudah tidak asing lagi jika sosial budaya merupakan salah satu bentuk globalisasi. Salah satu budaya yang mulai masuk ke Indonesia adalah budaya Korea.

    Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

    Ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, sehingga ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu bentuk globalisasi. Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan zaman, semakin banyak pula masyarakat yang dapat memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Globalisasi komunikasi

    Globalisasi komunikasi, seperti namanya, globalisasi jenis ini identik dengan permasalahan komunikasi. Salah satu hal yang mulai berubah dengan adanya globalisasi komunikasi adalah aktivitas mengirim pesan tergantikan oleh aktivitas mengirim pesan.mengobrol.

    Proses Globalisasi

    Tentu saja menurut definisi globalisasi, globalisasi tidak terjadi secara tiba-tiba. Globalisasi ternyata tidak terjadi dalam semalam lho. Globalisasi terjadi melalui banyak proses. Bagaimana prosesnya?

    Globalisasi muncul seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan berkembangnya pikiran manusia yang memungkinkan kemajuan ilmu pengetahuan.

    Begitu seorang ilmuwan menemukan suatu teori, teori tersebut akan disempurnakan oleh ilmuwan selanjutnya.

    Berkat akal sehatnya, masyarakat tidak serta merta menerima teori-teori ilmuwan sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan pun berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan merupakan awal dari kemajuan teknologi informasi, teknologi komunikasi, dan teknologi transportasi.

    Misalnya penemuan alat komunikasi yang awalnya sangat sederhana dan tidak terduga, kini menjadi semakin kompleks dan proses komunikasinya sangat cepat.

    Jika dulu kita hanya bisa mengirim pesan melalui layanan SMS Short Message yang jumlah kata yang dikirim terbatas dan harga pulsa yang relatif mahal, tidak kita sadari kini kita sudah bisa menggunakan aplikasi balas chat.

    Meskipun awalnya kita hanya bisa mengirim pesan ke satu orang, kini kita bisa berbagi pesan langsung ke banyak orang dengan fasilitas grup yang disediakan.

    Kalau dulu hanya suara yang bisa saling menyapa, kini tubuh yang berjauhan juga bisa terlihat lewat video call. Kemajuan teknologi pada akhirnya mendorong banyak inovasi dalam kehidupan sosial masyarakat. Kalau dulu kita harus kemana-mana karena transportasi, sekarang walaupun tidak punya sepeda motor atau mobil, kita tinggal pesan transportasi online, dimanapun kita berada, kemanapun tujuan kita.

    Ciri-ciri Globalisasi

    Telah dibahas mengenai pengertian, jenis dan proses globalisasi, sehingga pembahasan selanjutnya adalah ciri-ciri globalisasi. Apa sebenarnya ciri-ciri globalisasi? Menurut Cohen dan Kennedy, ciri-ciri globalisasi adalah sebagai berikut:

    1. Meningkatnya Masalah Sendi

    Meningkatnya permasalahan umum seperti penyebaran penyakit virus yang dibawa oleh orang-orang yang bermigrasi, hutang luar negeri dan pola kejahatan internasional. Penyebaran virus serupa yang sedang melanda dunia saat ini, Covid-19 yang berasal dari Wuhan China, kini telah menyebar ke mana-mana.

    2. Meningkatkan Interaksi Budaya Antar Negara

    Meningkatkan interaksi budaya antar negara melalui media massa dan internet. Beberapa waktu lalu, salah satu saluran televisi swasta lokal mengadakan ajang pencarian bakat antar negara di Asia Tenggara. Berkat acara ini kita bisa mengetahui seperti apa penyanyi luar negeri dan juga melihat budayanya.

    3. Setiap negara saling bergantung dalam sektor perekonomian

    Negara-negara di dunia memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap pasar dan produksi ekonomi. Kegiatan perekonomian yang dilakukan secara global memacu munculnya Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang mengawasi pelaksanaan perekonomian perdagangan internasional.

    4. Terjadi perdagangan antar negara

    Belum tentu sumber daya alam yang dimiliki suatu negara menjadi milik negara lain. Dengan demikian terjadilah proses perdagangan antar negara guna memenuhi kebutuhan satu sama lain. Proses impor dan ekspor sudah tidak bisa dihindari lagi. Ada ekonomi internasional.

    5. Perubahan Konsep Ruang dan Waktu

    Perubahan konsep ruang dan waktu, dimana batas wilayah suatu negara menjadi semakin kabur akibat mudahnya migrasi penduduk. Seperti yang kita ketahui, kini Singapura atau Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia.

    Kedua negara ini dekat dengan Indonesia karena tersedianya banyak maskapai penerbangan yang mumpuni dan terjangkau. Konon banyak orang yang terbiasa pergi kesana dan pulang karena letaknya yang dekat.

    Ciri-ciri Globalisasi

    Untuk memahami globalisasi lebih dalam, kami akan menjelaskan ciri-ciri globalisasi di bawah ini:

    • Teknologi semakin maju, contoh perkembangan teknologi adalah internet dan beberapa elektronik.

    • Banyak negara mencapai kerja sama ekonomi melalui perdagangan bilateral atau multilateral. Dengan demikian, kebutuhan suatu negara akan mudah terpenuhi.

    • Beberapa permasalahan dunia, seperti masalah kerusakan lingkungan hidup, merupakan permasalahan yang umum terjadi.

    • Adanya akulturasi budaya terjadi karena mudahnya mempelajari budaya negara lain.

    Dampak Globalisasi

    Jadi apakah globalisasi itu baik atau buruk? Apakah berdampak positif atau negatif? Globalisasi mempunyai dua dampak terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Singkatnya, globalisasi telah mengubah mentalitas banyak orang yang tadinya tradisional atau lama, akhirnya berkembang ke arah modern dan terbuka.

    Globalisasi juga mengubah pola hidup masyarakat, dan salah satu perubahan tersebut membawa masyarakat mengenal banyak budaya di luar negeri. Dampak globalisasi dalam bidang ekonomi dan sosial budaya adalah sebagai berikut:

    1. Dampak Globalisasi Terhadap Sektor Perekonomian

    Globalisasi berdampak pada sektor perekonomian. Hal ini mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif. Apa dampaknya?

    A. Dampak Positif Globalisasi

    Dampak positif globalisasi adalah memicu sikap kreatif dan inovatif pada masyarakat luas sehingga mampu bersaing secara global.

    Membanjirnya barang-barang berharga murah dan berkualitas mewah yang datang dari luar negeri membuat produsen dalam negeri berpikir keras untuk bersaing dengan produk luar negeri. Hal ini tentunya meningkatkan kreativitas dan mendorong inovasi pada masyarakat luas.

    Sangat mudah untuk membeli produk dari luar negeri dengan harga terjangkau. Tak bisa dipungkiri, barang asal negeri tirai bambu China kini mendominasi pasar dalam negeri. Produk tersebut bisa kita miliki dengan harga terjangkau dan kualitas istimewa. Sudah banyak distributor yang bermain-main dengan barang impor China.

    Meningkatnya kesempatan kerja karena adanya penanaman modal asing dari luar negeri. Meningkatnya investasi asing menciptakan lapangan kerja dimana-mana, dan hal ini jelas menguntungkan karena dapat menarik banyak pengangguran.

    Membuka peluang kerja di luar negeri. Bekerja di luar negeri kini tidak lagi rumit. Banyak agen yang menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri.

    B. Dampak Negatif Globalisasi

    Kemudahan pembelian barang dari luar negeri menyebabkan pasar nasional didominasi oleh barang impor. Apalagi jika konsumen lebih menyukai produk luar negeri, hal ini jatuh pada pedagang lokal.

    Memicu konsumerisme atau gaya hidup tidak hemat di masyarakat. Maraknya demam Korea di kalangan anak muda mendorong mereka untuk mengincar gaya Korea. Kecintaan mereka pada band-band Korea menyebabkan mereka rela membeli merchandise dari artis favoritnya. Berapa pun harga yang ditentukan, tidak lagi menjadi keluhan. Inilah sebabnya mengapa Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan bagi mereka. Begitu pula dengan para kolektor merek ternama luar negeri. Akan sulit mengontrol kemudahan mereka dalam mengumpulkan barang.

    Masuknya tenaga kerja asing dalam jumlah besar mendominasi tenaga kerja lokal. Semakin mudahnya masuknya tenaga kerja asing ke negara kita menyebabkan banyak tenaga kerja asing yang menduduki Indonesia. Kita sudah mulai terbiasa melihat artis luar negeri bahkan di dunia hiburan. Banyak warga negara asing yang mulai mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

    Matinya bisnis lokal akibat penjualan barang dari luar negeri. Jika barang dari luar negeri terus membanjiri Indonesia, bukan tidak mungkin pengusaha lokal akan bangkrut. Tak mampu bersaing dengan produk luar menyebabkan pedagangnya terpuruk.

    Dengan globalisasi ini segalanya menjadi lebih mudah dengan munculnya E-Commerce, kontrak elektronik dan lain-lain. Namun hal ini juga menyebabkan kejahatan siber meningkat. Oleh karena itu, buku Dampak Era Globalisasi Terhadap Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia membahas tentang dampak globalisasi terhadap hukum ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

    2. Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Sosial Budaya

    Seperti halnya pada bidang ekonomi, globalisasi pada bidang sosial juga mempunyai dampak seperti:

    A. Dampak Positif Globalisasi

    Dari segi sosial budaya, globalisasi membawa dampak positif yaitu mengubah pola pikir masyarakat dari zaman dahulu menjadi modern. Diketahui bahwa orang-orang zaman dahulu berpikir pada zaman dahulu. Hal ini wajar karena akses mereka terhadap dunia luar terbatas. Namun, saat ini sangat mudah untuk mengakses segala informasi dari mana saja. Dengan demikian, mentalitas masyarakat berubah menjadi modern.

    Menyadarkan masyarakat akan keanekaragaman budaya di dunia (multikulturalisme dunia). Selain itu, berkembangnya sikap toleransi antar masyarakat akibat adanya saling ketergantungan baik dalam dunia usaha maupun pendidikan.

    B. Dampak Negatif Globalisasi

    Jika tidak memahami modernisasi maka akan menimbulkan kenakalan remaja karena meniru tayangan di dunia maya. Menjamurnya acara-acara di televisi atau internet membuat generasi muda lebih mudah menyerap hal-hal negatif dari acara-acara tersebut.

    Mereka mudah terpengaruh budaya asing dan melupakan budaya lokal. Seperti yang terjadi saat ini. Gelombang budaya Korea sedang menyebar. Remaja mulai menyukai segala hal yang berbau Korea, mulai dari musik, drama, pakaian, dan bahkan makanan. Misalnya makan makanan Korea dianggap lebih keren dibandingkan makan gudeg, ini adalah dampak negatif dari globalisasi.

    Budaya lokal mulai dilupakan karena dianggap kuno. Belakangan ini kebudayaan Indonesia mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Mereka bangga karena bisa meniru tarian luar negeri dibandingkan tarian Indonesia.

    Faktor Penyebab Globalisasi

    Menurut definisi globalisasi, globalisasi tidak terjadi secara spontan; Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini:

    1. Akses Transportasi yang Mudah

    Globalisasi dapat terjadi karena transportasi mudah diakses sehingga mudah bagi seseorang untuk bepergian ke luar negeri (misalnya dengan pesawat).

    2. Adanya perdagangan internasional

    Faktor penyebab terjadinya globalisasi selanjutnya adalah adanya perekonomian terbuka atau perdagangan internasional. Dengan perdagangan internasional, berbagai produk dari luar negeri akan dengan mudah masuk ke Indonesia.

    3. Terus Meningkatkan Teknologi dan Transportasi

    Terus berkembangnya teknologi dan transportasi menjadi salah satu penyebab terjadinya globalisasi. Kita bisa melihat contoh perkembangan teknologi di bidang ini.perdagangan elektronik.

    Aspek Globalisasi

    Setelah membahas pengertian dan faktor penyebab globalisasi, pembahasan selanjutnya adalah aspek globalisasi. Secara umum perkembangan globalisasi dilihat dari tiga sudut pandang: politik, ekonomi, dan sosial budaya.

    Aspek Politik

    Dengan adanya globalisasi, bermunculanlah organisasi-organisasi kelas dunia, sehingga dapat terjalin hubungan politik dengan banyak negara. Organisasi di seluruh dunia, mis.Bank Dunia,WTO, dll.

    Aspek Ekonomi

    Ada perkembangan ekonomi yang sangat penting akibat globalisasi. Hal ini karena banyak negara yang bisa melakukan perdagangan internasional. Sebenarnya sudah banyakperdagangan elektronik Memudahkan konsumen dalam dan luar negeri untuk berbelanja.

    Aspek Sosial Budaya

    Globalisasi sering kali terlihat dengan masuknya budaya asing ke dalam negeri. Masukan budaya ini sering terjadi melalui internet atau media sosial.

    Manfaat Globalisasi

    Globalisasi mempunyai manfaat serta dampak positif dan negatif. Manfaat globalisasi adalah:

    1. Permudah Komunikasi

    Ini akan memudahkan komunikasi dengan orang lain. Jika globalisasi tidak ada, mungkin komunikasi kita hanya berkisar pada wilayah lokal saja.

    2. Mudahnya membeli barang dari luar negeri

    Hal ini akan memudahkan dalam memperoleh berbagai barang yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Apakah Anda ingin pakaian bermerek buatan Amerika? Ingin mobil canggih buatan Jerman? Caranya mudah, cukup pesan saja. Sangat mudah untuk membeli barang bahkan dari luar negeri.

    3. Angkutan umum semakin banyak

    Akan terjadi peningkatan mobilitas penduduk dengan bantuan berbagai alat transportasi. Jarak antara tempat kerja dan rumah tidak akan menjadi kendala. Kita dapat dengan mudah menyediakan transportasi baik siang maupun malam.

    4. Menciptakan peluang bisnis baru

    Berbagai posisi pekerjaan akan dibuka. Hal ini tentu saja dapat mengurangi jumlah pengangguran. Dengan cara ini, tingkat kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat.

    5. Sektor pariwisata bisa meningkat

    Kita akan meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata. Indonesia akan lebih mudah memperkenalkan destinasi pariwisatanya kepada dunia. Tempat-tempat indah di nusantara akan segera menarik perhatian dunia.

    6. Demokrasi yang Lebih Transparan

    Kami akan memperbaiki demokrasi yang ada dan menjadikannya lebih transparan. Kemudahan akses terhadap informasi memudahkan partisipasi dalam partai politik, seperti pemilu. Hal ini menyebabkan pesta demokrasi menjadi lebih transparan. Penipuan relatif bisa dikurangi.

    Bagaimana Menghadapi Globalisasi?

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, globalisasi mempunyai dampak negatif dan positif. Oleh karena itu, kita perlu cerdas dalam melawan globalisasi agar tidak meninggalkan nilai-nilai budaya asli. Yang dimaksud dengan “pintar” dalam hal ini adalah terus berusaha berpikir kritis agar nilai-nilai budaya tidak ditinggalkan ketika menerima informasi dari media massa atau media sosial, dan juga ketika ingin belajar tentang budaya asing.

    Cara lain untuk menghadapi globalisasi adalah dengan mencoba membeli produk lokal agar dunia usaha dalam negeri dapat terus beroperasi dan bersaing dengan produk luar negeri. Selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian negara.

    Contoh Globalisasi

    Setelah mengetahui pengertian globalisasi serta dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi, pembahasan selanjutnya adalah contoh globalisasi:

    • Perdagangan dilakukan antar negara untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

    • Bekerja di luar negeri akan lebih mudah

    • Mudah mempelajari budaya dan bahasa asing

    • Toleransi dan rasa hormat yang lebih besar terhadap budaya negara lain

    • Keberadaan organisasi internasional

    • Dapat berperan dalam menjamin perdamaian dunia

    • Belajar dengan teknologi modern dan maju

    • Pertukaran pelajar dilakukan di luar negeri.

    Lalu bagaimana cara memahami globalisasi dengan lebih baik setelah membaca pengertian globalisasi dan contoh globalisasi? Saya berharap kita dapat mengambil aspek positif dari globalisasi dan menghilangkan dampak negatifnya.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done